Metode Pengujian Variabel Moderator - Moderated Regression Analyis (MRA) dan Sub Kelompok

Untuk mendeteksi ada tidaknya peranan moderator pada variabel, terdapat dua metode. Kedua metode tersebut yaitu analisis sub-groups (sub kelompok) dan Moderated Regression Analysis (MRA).


Analisis Sub-Kelompok

Analisis sub-kelompok digunakan untuk mengidentifikasi ada tidaknya jenis moderator homologizer. analisis ini dilakukan dengan memecah sample menjadi dua sub-kelompok atas dasar variabel ketiga yanitu variabel yang dihiotesiskan sebagai variabel moderator. Pengelompokan ini dapat dilakukan secara kualitatif jika datanya sudah dalam bentuk kualitatif seperti jenis kelamin atau untuk kasus datanya bersifat kontinyu atau kuantitatif, maka pengelompokan dapat dilakukan berdasarkan nilai median (nilai tengah) atau mean (nilai rata-rata) dengan pengelompokan di atas atau di bawah mean atau median.

Setelah observasi dibagi menjadi sub-kelompok, lakukan regresi untuk menginvestigasi hubungan antara variabel independen dan variabel dependen untuk masing-masing sub kelompok. Untuk menentukan apakah ada variabel moderator, bandingkan nilai koefisien determinasi (R square) masing-masing regresi. Regresi yang memiliki nilai R square yang lebih tinggi dianggap memiliki nilai prediktif yang lebih baik. Namun ada sebagian pendapat yang meragukan cara ini karena dengan hanya melihat R square saja belum cukup. Oleh karena itu R Square akan bervariasi antar sub kelompok sehingga variabel yang digunakan untuk membentuk sub kelompok dapat salah.

Pendekatan alternatif untuk menguji ada tidaknya variabel moderator adalah dengan menguji apakah bentuk hubungan regresi berbeda untuk setiap sub kelompok. Uji terhadap kesamaan antar persamaan regresi dilakukan dengan Uji Chow. Jika koefisien regresi antar sub-kelompok berbeda, maka dapat disimpulkan variabel ketiga yang digunakan untuk memecah menjadi sub-kelompok adalah moderator.

Untk tutorial silahkan kunjungi channel youtube kami disini

Moderated Regression Analysis (MRA)

Moderated Regression Analysis (MRA) berbeda dengan analisis sub-kelompok, MRA menggunakan pendekatan nalitik yang mempertahankan integritas sample dan memberikan dasar untuk mengontrol pengaruh variabel moderator. untuk menggunakan MRA dengan satu variabel independen (X), maka kita harus membandingkan tiga persamaan regresi untuk menentukan jenis variabel moderator. ketiga persamaan itu adalah sebagai berikut :

Persamaan 1: Y = a + BX
Persamaan 2: Y = a + B1X + B2Z
Persamaan 3: Y = a + B1X + B2Z + B3X*Z 

Jika persamaan 2 dan 3 tidak berbeda secara signifikan maka Z bukanlah variabel moderator, tetapi sebagai variabel prediktor (lihat di kuadran 1 - Jenis-jenis variabel moderator). Variabel Z dikatakan variabel pure moderator apabila persamaan 1 dan 2 tidak berbeda, tetapi harus berbeda dengan persamaan 3 (lihat di kuadran 4 - Jenis-jenis variabel moderator).  Variabel Z merupakan variabel quasi moderator jika persamaan 1, 2 dan 3 harus berbeda satu dengan yang lainya.

Untk tutorial silahkan kunjungi channel youtube kami disini
jangan lupa di subscribe!

0 Response to "Metode Pengujian Variabel Moderator - Moderated Regression Analyis (MRA) dan Sub Kelompok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel