Cara Menentukan Nilai r Tabel

Cara Menentukan Nilai r Tabel : Korelasi adalah istilah statistik yang menyatakan derajat hubungan linier (searah) dan bukan timbal balik diantara dua variabel. Korelasi Product Moment Pearson umumnya digunakan untuk variabel dengan data yang berskala interval. Salah satu kegunaan Korelasi Product Moment Pearson adalah dalam uji validitas pada instrumen penelitian. Dalam beberapa kasus, seperti halnya pengujian yang memerlukan perbandingan nilai korelasi product moment (r) hasil perhitungan (r hitung) dengan korelasi product moment tabel (r tabel), diperlukan nilai r tabel

R Tabel merupakan tabel angka yang digunakan untuk menguji hasil uji validitas suatu instrumen penelitian dengan menggunakan product moment pearson. Cara membaca R Tabel sebenarnya sangat mudah sekali. Patokan rumus untuk membaca dan menentukan nilai r pada suatu tabel yaitu: df = n – 2. Namu sebelumnya kita harus mentukan terlebih dahulu pada taraf signifikan berapakah % nilai r yang akan anda cari). Agar dapat lebih jelas dalam memahaminya, perhatikanlah gambar r tabel berikut ini:


Mencari nilai r tabel dapat dilakukan menggunakan rumus yang telas saya tulis di atas ( df = n – 2 )

Sebagai contoh, Saya melakukan penelitian dengan menggunakan sebanyak 35 sampel untuk menentukan atau menguji hasil uji validitas instrumen pada penelitian saya. Karena penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pendidikan, maka taraf signifikansi yang saya gunakan adalah yang 5%. Dari data tersebut dapat kita peroleh berapa nilai r tabel yang harus kita gunakan untuk menguji hasil uji validitas pada instrumen saya df = 35 – 2 = 33.

Bila kita melihat pada tabel, pada df atau N 33 dengan taraf signifikan sebesar 5% diperoleh nilai r-tabel sebesar 0,44 sedangkan untuk taraf signifikan 1% diperoleh r-tabel 0,42.

Selanjutnya, nilai r-tabel yang telah kita ketahui ini digunakan sebagai landasan apakah butir-butir instrumen yang telah dibuat sudah valid ataukah belum dengan melihat selisih antara nilai r-hitung dengan r-tabel.

Apabila nilai r-hitung > nilai r-tabel maka item pada instrumen soal tersebut dikatakan valid. Sedangkan apabila nilai r-hitung < r-tabel maka item pada instrumen soal tersebut dikatakan tidak valid.

Kuranglebih seperti itulah  cara membaca nilai r-tabel. Semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan penelitian Anda.

Anda dapat mendownload r tabel format pdf disini : DOWNLOAD TABEL R

0 Response to "Cara Menentukan Nilai r Tabel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel