Jenis-jenis Variabel Moderator

Variabel Moderator adalah hubungan antara variabel Independen (bebas) dengan variabel dependen (tergantung). Terkadang dipengaruhi oleh beberapa factor lainnya yang tidak dimasukkan dalam model statistic yang kita pakai.  Variabel moderator dapat digunakan untuk memperkuat hubungan antar variable, selain itu juga dapat untuk memperlemah hubungan antara satu atau beberapa variabel bebas dan variabel terikat.

Variabel moderator dikelompokan menjadi tiga kelompok seperti terlihat pada gambar di bawah ini
Berdasarkan gambar di atas, pertama pengelompokan didasarkan pada hubungan variabel moderator dengan variabel dependen, apakah ada hubungan atau tidak. Kedua apakah varabel moderator berinteraksi dengan variabel independen.

Jika variabel moderator berhubungan dengan variabel dependen dan/atau variabel independen, tetapi variabel moderator tidak berinteraksi dengan variabel independen (lihat tabel di kuadran I) maka variabel Z bukan variabel moderator. tetapi bisa jadi  variabel z adalah variabel independen, intervening atau exogen.

Jenis variabel moderator pada kuadran 2 mempengaruhi kekuatan hubungan, tetapi tidak berinteraksi dengan variabel independen dan tidak berhubungan secara signifikan baik dengan variabel independen maupun dengan variabel dependen. Jenis variabel moderator seperti ini disebut dengan variabel homologizer moderator. kuatnya hubungan antara X dan Y tergantung dari ukuran besarnya error term. Semakin besar nilai error maka semakin kecil tingkat kekuatan hungan antara X dan Y dan sebaliknya.

Pada kuadran 3, variabel Z (moderator) berhubungan dengan dependen dan atau variabel independen serta beriteraksi dengan variabel independen. secara matematis dapat dituliskan persamaan regresinya sebagai berikut

Y = a + B1X1 + B2Z + B3X1*Z + e

Berdasarkan persamaan di atas, terlihat jelas bahwa variabel Z (Moderator) berfungsi sebagai variabel independen dan sekaligus berinteraksi dengan variabel idependen lainnya (X). Jenis moderator ini di sebut quasi moderator (moderator semu).

Pada kuadran ke 4, variabel z (moderator) tidak berhubungan dengan variabel dependen (Y) dan Independen (X). Secara matematis dapat dituliskan persamaan regresinya sebagai berikut

Y = a + B1X + B2X*Z + e

dari persamaan di atas terliat bahwa variabel z (moderator) tidak berfungsi sebagai independen tetapi langsung berinteraksi dengan variabel independen. jenis variabel moderator ini disebut pure moderator (moderator asli)

Berikut merupakan tutorial SPSS regresi dengan menggunakan variabel moderating

0 Response to "Jenis-jenis Variabel Moderator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel