Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Langkah Pembuatan Skripsi Agar Prosesnya Makin Singkat

Ketahui Langkah Pembuatan Skripsi Agar Prosesnya Makin Singkat – Mahasiswa yang hendak lulus dari perguruan tinggi di Indonesia di haruskan untuk menyelesaikan skripsi sebagai tugas akhir. Skripsi merupakan penelitian yang dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa sebagai bukti bahwa mereka telah menguasai ilmu yang dipelajari di bangku perkuliahan. 

Umumnya setiap perguruan tinggi memberikan panduan kepenulisan skripsi untuk mahasiswanya, namun beberapa masih kebingungan bagaimana langkah pembuatan skripsi yang benar. 

Walaupun setiap perguruan tinggi memiliki pedomannya sendiri, namun secara umum teknis yang harus dilakuan oleh setiap mahasiswa nyaris serupa. Berikut merupakan panduan singkat pembuatan skripsi untuk mahasiswa tingkat sarjana di Indonesia.


Menentukan Judul dan Topik

Langkah awal adalah menentukan judul dan topik penelitian yang hendak dibuat. Karena ada banyak program jurusan, buat topik yang sesuai dengan studi yang sedang Anda jalani dan usahakan merupakan tema yang Anda sukai. Sebab skripsi merupakan penelitian yang dilakukan dalam jangka waktu yang tidak sebentar, jadi jangan sampai kehilangan minat di tengah jalan. 


Memilih Dosen Pembimbing

Setelah melakukan langkah pertama, langkah pembuatan skripsi selanjutnya adalah menentukan dosen pembimbing. Beberapa perguruan tinggi memberikan kebebasan memilih dosen pembimbing bagi mahasiswanya, asalkan sesuai dengan topik dan tema yang diangkat. Sedangkan perguruan tinggi lain menyerahkan pemilihan dosen pembimbing kepada kepala jurusan atau dekan fakultas. 


Buat Kerangka Penelitian

Anda yang sudah mendapatkan dosen pembimbing bisa mulai untuk menulis skripsi tersebut, namun ada baiknya membuat kerangka penelitian terlebih dahulu. Terdapat standar yang berbeda dalam penulisan kerangka penelitian, Anda bisa menanyakannya kepada dosen pembimbing atau membaca di buku panduan skripsi. 


Sidang Proposal Skripsi

Jika dirasa sudah siap, maka rancangan skripsi Anda bisa di sidangkan dalam bentuk proposal skripsi. Dalam sidang ini, topik yang sudah Anda angkat akan diberikan komentar, disetujui atau tidak untuk dijadikan skripsi. Biasanya sidang proposal skripsi mengharuskan Anda untuk menuliskan bab 1 terlebih dahulu, namun beberapa mengharuskan Anda menulis sampai bab 3. Setelah melalui sidang skripsi, Anda bisa melanjutkan menulis bab berikutnya. 


Bimbingan Skripsi

Langkah pembuatan skripsi setelah melakukan sidang proposal adalah melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing skripsi Anda. Terdapat dua dosen pembimbing yang akan membantu Anda dalam penulisan skripsi ini, pertama adalah dosen pembimbing sebelumnya, kedua adalah dosen pembimbing yang akan menguji Anda ketika sidang akhir skripsi dilakukan. 


Penulisan dan Penjilidan

Ingat untuk menulis skripsi sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh perguruan tinggi ataupun fakultas Anda. Setelah siap, lakukan penjilidan skripsi agar dokumen yang ada di dalamnya tidak tercecer dan mudah ketika hendak disidangkan. Selalu ingat berbagai aturan yang ada di penulisan skripsi sehingga memudahkan Anda ketika hendak sidang. 


Sidang Skripsi

Terakhir Anda akan melakukan sidang skripsi ketika skripsi yang sudah Anda buat mendapatkan persetujuan dari pembimbing. Persiapkan dengan baik diri Anda dan pelajari skripsi lebih detail, sehingga Anda tidak bingung ketika ditanya oleh pembimbing pada saat sidang berlangsung. 

Ketika sidang sudah berakhir, Anda harus melakukan revisi sesuai dengan saran dan kritik yang diberikan oleh penguji skripsi. Jika proses revisis sudah selesai dan transkip nilai Anda keluar, Anda bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti yudisium dan wisuda. 

Langkah pembuatan skripsi memang berbeda tergantung dengan perguruan tinggi tempat Anda belajar. Namun secara umum proses yang dilewati tetap sama, karena standar pembuatan skripsi telah disepakati secara nasional.

Post a Comment for "Ketahui Langkah Pembuatan Skripsi Agar Prosesnya Makin Singkat"