Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah untuk Mendapatkan Topik Skripsi

Langkah Mudah untuk Mendapatkan Topik Skripsi – Bagi mahasiswa semester akhir, skripsi merupakan mata kuliah yang harus diselesaikan agar bisa lulus. Berbeda dengan mata kuliah lainnya, skripsi tidak mengharuskan Anda hadir di kelas, bertemu dengan dosen pengajar, ataupun duduk dan mendengarkan dosen di kelas. Skripsi mengharuskan siapapun yang mengambilnya untuk menuliskan suatu fenomena tertentu untuk di analisis. 

Karena keharusan tersebut banyak mahasiswa yang kebingungan menentukan topik dan judul dalam skripsi. Padahal saat ini pemilihan topik lebih mudah dilakukan karena akses teknologi yang tinggi dan berbagai fenomena dan kejadian menarik yang ada di sekitar lingkungan Anda. 

Jika Anda merupakan mahasiswa tingkat akhir, berikut merupakan tips dan langkah mudah untuk mendapatkan topik skripsi yang sesuai dengan jurusan dan sesuai dengan minat yang Anda miliki.


Cari Tahu Bidang yang Disukai Saat Ini

Walaupun terdengar sederhana, namun dengan memilih topik yang Anda sukai saat ini bisa membantu Anda mendapatkan topik yang menarik. Tanyakan kepada diri sendiri, apa minat dan bidang yang sedang Anda pelajari akhir-akhir ini, dan dari sana Anda bisa memulai untu melakukan eksplorasi mengenai topik dan kemungkinan judul untuk skripsi. 

Dari mata kuliah yang sudah dipelajari, Anda juga bisa mengambil kesimpulan bagian topik sebelah mana yang menarik minat, serta memberikan pencerahan ketika belajar. Dimulai dari rasa suka, maka pengerjaan tugas akhir atau skripsi akan lebih mudah untuk dilakukan. 


Pergi ke Perpustakaan

Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup, Anda bisa datang ke perpustakaan untk melihat dan membaca berbagi topik skripsi yang sudah dibuat oleh senior. Cara ini masih sering digunakan oleh mahasiswa untuk mendapatkann topik skripsi yang lebih mudah. 

Anda juga tidak perlu membaca keseluruhan skripsi, melainkan cukup baca kerangka dan pahami metode yang digunakan. Sehingga Anda mendapatkan gambaran terkait isi dan hasil dari skripsi tersebut secara ringkas. Walaupun Anda membaca skripsi orang lain, jangan mencoba untuk melakukan copy paste, karena dalam dunia akademik hal tersebut merupakan pelanggaran yang berat. 


Membaca Jurnal Lama

Bagi mereka yang masih belum menemukan topik yang tepat, tidak ada salahnya membaca jurnal lama untuk menemukan inspirasi dari topik yang sudah dibahas sebelumnya. Ini bukan merupakan bentuk plagiasi, sebab Anda mengembangkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, dengan hasil yang kemungkinan berbeda. 

Hal ini berangkat dari jurnal yang tidak memberikan penjelasan detail terhadap semua batasan yang diangkat, sehingga dengan memanfaatkan celah tersebut, Anda bisa memulai penelitian baru dan menggunakannya sebagai bahan untuk skripsi. Mengembangkan ide yang pernah diteliti sebelumnya bisa menjadi alternatif untuk Anda mendapatkan topik skripsi. 


Membaca Berita atau Karya Ilmiah Cetak

Ide dan topik untuk skripsi bisa Anda temukan dimana saja asalkan Anda mau berusaha untuk membaca berbagai karya ilmiah, situs berita yang otentik, ataupun jurnal. Jangan jadikan tulisan akademik sebagai batasan, cobalah untuk merangsang pikiran dengan informasi baru yang di dapatkan dari surat kabar yang terpercaya. 

Anda juga bisa melakukan pengamatan pada fenomena yang ada di sekitar Anda, ataupun membacanya dari koran lokal. Pemilihan topik lokal juga bisa dipilih guna memberikan kesan unik dan belum pernah diteliti sebelumnya. 

Dengan mengikuti beberapa tips mendapatka topik skripsi tersebut, semoga Anda bisa mendapatkan judul ataupun topik dalam waktu yang singkat. Jangan jadikan skripsi sebagai halangan dan membuat kelulusan Anda terhambat.

Post a Comment for " Langkah Mudah untuk Mendapatkan Topik Skripsi"