Nilai t Hitung Negatif? Bagaimana Cara Interpretasinya? (VIDEO)

Metode pengujian hipotesis dengan t hitung pada analisis regresi adalah jika T hitung > T tabel maka hipotesis diterima, sebaliknya jika T hitung < T tabel maka hipotesis ditolak. Atau bisa juga menggunakan Signifikansi atau probabilitas atau Alpha. Misalnya untuk tingkat kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% maka jika Signifikansi > 0,05 maka hipotesis ditolak dan jika Signifikansi < 0,05 maka hipotesis diterima.

Ketentuan itu sudah sangat jelas dan sebenarnya tidak perlu untuk dibahas lebih lanjut. Atau jika ingin melangkah lebih lanjut, maka hipotesis diterima jika T hitung > T tabel atau Signifikansi < 0,05. Ditolak jika T hitung < T tabel atau Signifikansi > 0,05. Juga sudah sangat jelas. Akan tetapi pertanyaan yang sering masuk ke kami adalah kurang lebih seperti ini:

Bagaimana jika T hitung < T tabel dan Signifikansi < 0,05?

Ini memang luar biasa, tetapi tidak hanya 1 atau 2 pertanyaan seperti itu di kolom komentar blog sederhana ini. Kadang tidak kami jawab, karena memang sudah ada banyak jawaban di pertanyaan yang lain, atau kadang kami sampaikan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi. Tapi kadang juga dibantah bahwa hasil yang dilakukan memberikan hasil seperti itu. 

T Hitung Negatif ? Bukan Berarti Tidak Signifikan ! Ini Solusinya

jika t hitung bernilai negatif, sudah pasti Anda akan menerima H0 (tidak signifikan). Sementara itu, dalam keadaan tertentu, bisa jadi sig vs alpha penelitian menolak H0 (signifikan).

Hasilnya jadi tidak sama bukan ? Ternya ta pemahaman ini adalah pemahaman keliru

Pada dasarnya, pengujian hipotesis bisa menggunakan 2 cara yaitu membandingkan t hitung vs t tabel dan membandingkan nilai sig vs alpha penelitian (dalam sofware E-Views Prob. vs Alpha).

Kedua metode ini SUDAH PASTI memberikan hasil yang sama ! Tidak mungkin beda…

Hanya saja ada kekeliruan pengambilan nilai t table dan menggunakan nilai t hitung yang salah apabila t hitung bernilai negatif.

Cara Pengujian Hipotesis Jika t Hitung Bernilai Negatif ?

Untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton video penjelasan berikut