Ini Dia 4 Cara Membuat Skripsi yang Baik dan Benar, Bisa Mempercepat Kelulusan

Cara membuat skripsi yang baik dan benar tentu perlu diketahui oleh para mahasiswa semester akhir yang akan bertemu dengan kelulusan. Skripsi merupakan syarat wajib sebagai syarat lulus di sebuah Perguruan Tinggi. Dan skripsi juga dapat dikatakan sebagai penelitian akhir yang menjadi salah satu bukti bahwa sang mahasiswa sudah cukup mempuni dalam menguasai ilmu-lmu yang dipelajari selama di bangku kuliah.

Namun sayangnya, pembuatan skripsi ini terkadang menjadi momok bagi beberapa mahasiswa. Beberapa mahasiswa tersebut sering terlihat kesulitan dalam menyusun skripsi atau kesulitan dalam menentukan isi dari skripsi tersebut. Oleh karena itu, kamu yang akan membuat skripsi, harus mengetahui terlebih dahulu cara membuat skripsi yang baik dan benar agar dapat mempercepat kululusan kamu.

Berikut ini merupakan cara membuat skripsi yang bak dan benar:

Pengertian Skripsi

Skripsi merupakan istilah yang sering digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Skripsi bertujuan agar para mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, seusia dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan keteramilan dan pengetahuannya dalam menganalisis, memahami, menggambarkan dan juga menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya.

Skripsi juga merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1) di setiap Perhuruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Istilah skripsi sebagai tugas akhir sarjana hanya digunakan di Indonesia.

Cara Menyusun Skripsi yang Baik dan Benar

Ada beberapa cara dalam menyusun atau membuat skripsi yang baikdan benar yang perlu kamu ketahui sebagai mahasiswa semester akhir, diantaranya:

1. Menentukan Judul dan Topik Skripsi

Cara pertama dalam membuat skripsi adalah dengan menentukan topik dan judul dari karya tulis kamu. Menentukan judul dan topik merupakan langkah paling penting dalam membuat skripsi, karena bagian ini akan membuat proses penulisan kamu terfokus dan tidak menyimpang. Selama perkuliahan, kamu pasti sudah mendapatkan banyak sekali ilmu yang dipelajari. Dalam skripsi ini, pilihlah topik dan judul yang kamu senangi atau kuasai. Pikirkan juga teori dan sumber yang dimana nantinya akan kamu gunakan ketika menentukan suatu judul atau topik, apakah mudah dicari atau tidak.

Dengan menentukan judul dan topik yang sesuai dengan kemampuan kamu, maka penulisan skripsi juga bisa lebih mudah dan lancar. Pembahasan penelitiannya pun juga bisa mendalam. Selain itu juga, jika kamu ingin berhasilpenelitian yang lebih berkualitas, kamu mencari isu-isu yang tengah menjadi tren di kalangan masyarakat agar ketika terjun ke lapangan untuk mengambil data, kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan karena banyak sumber yang bia digunakan.

2. Pemilihan Dosen Pembimbing

Cara membuat skripsi yang kedua adalah dengan memilih dosen pembimbing yang sesuai, meski terdengar sepele, akan tetapi banyak mahasiswa juga berhati-hati dalam memilih dosen pembimbing. Karena memang, peran dari dosen pembimbing sangat besar dalam kelancaran pembuatan skripsi.

Dan kamu juga harus memilih dosen yang dapat menguasai isi dari penulisan kamu nantinya. Karena, meskipun mereka dalah dosen, namun tidak semua dosen menguasai cara penelitian atau pun topik tertentu. Ada dosen yang lebih menguasai kualitatif, ada pula dosen yang menguasai kuantitatif.

Jika salah dalam memilih dosen bisa menimbulkan masalah besar nantinya. Jangan sampai kamu berganti-ganti dosen pembimbing karena dapat menghambat kelulusan kamu. Demi kelancaran penulisan skripsi kamu, maka pilihlah dosen yang sesuai dan sejalan dengan kamu. Dengan begitu, pembuatan skripsi kamu bisa semakin mudah dan lancar.

3. Kerangka Penelitian

Cara membuat skripsi yang ketiga adalah dengan menyusun karangka penelitian dengan benar. Dalam penyusunan kerangka penelitian, biasanya beberapa Perguruan Tinggi sudah memiliki standar sendiri-sendiri, yang bisa kamu dapatkan melalui buku panduan yang diterbitkan oleh setiap fakultas. Namun dalam secara umum, kerangka penelitian disusun sebagai berikut:

a. Cover judul 
b. Daftar isi
c. Bab 1. Pendahuluan
d. Bab 2. Tinjauan Teoritis
e. Bab 3. Metode Penelitian
f. Bab 4. Temuan dan Pembahasan
g. Bab 5. Kesmipulan

4. Sidang Proposal

Cara membuat skripsi yan keempat adalah sidang proposal. Sebelum menuju ke sidang akhir, beberapa Perguruan Tinggi terkadang memiliki proses sidang proposal untuk menentukan apakah topik yang dipilih disetujui atau tidak.

Dalam sidang proposal, kamu hanya diminta untuk membuat proposal dari bab 1 sampai bab 3 saja. Sedangkan untuk bab 4 dan bab 5 bisa kamu lanjutkan setelah melalui sidang proposal.

Demikian pembahasan singkat tentang 4 cara membuat skripsi yang baik dan benar semoga dapat menjadi pengetahuan atau ilmu bagi anda.