7 Program Kampus Merdeka Unggulan Untuk Mahasiswa, Wajib Banget Ikutan!

Apabila kamu seorang mahasiswa, alangkah baiknya kamu mengikuti program yang telah diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek), program Kampus Merdeka. Program ini adalah sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud-Ristek kepada mahasiswa untuk dapat mengambil mata kuliah di luar program studi selama 1 semester dan berkegiatan di luar perguruan tinggi selama 2 semester. Tentunya dengan adanya program ini diharapkan mahasiswa dan mahasiswi seluruh Indonesia dapat mengasah kemampuannya, agar dapat berkarya setelah lulus dari bangku perkuliahan. Berbagai perguruan tinggi yang dibawah naungan Kemendikbud-Ristek, diberikan kebebasan untuk menyediakan kegiatan Kampus Merdeka yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mahasiswanya.

Kemendikbud-Ristek memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk dapat belajar diluar kampus melalui beberapa program yang telah disiapkan. Melalui program tersebut, harapannya mahasiswa dapat mengeksplor banyak hal sehingga dapat mengalami perkembangan yang pesat. Pengalaman yang didapat tentunya akan berpengaruh besar terhadp kesiapann karir mahasasiwa tersebut. Kira-kira apa aja ya program yang dimaksud? Simak pembahasannya sampai selesai ya, agar tidak ada informasi penting yang terlewat!


Kenapa perlu ikut program Kampus Merdeka?

Sebelum membahas lebih lanjut terkait program yang telah disediakan oleh Kamendiikbud-Ristek, alangkah lebih baiknya kita tahu terlebih dahulu beberapa benefit yang akan didapati oleh mahasiswa, ketika mengikuti program Kampus Merdeka. Berikut beberapa beberapa benefit umum yang akan diperoleh:

  1. Pengalaman kegiatan praktik lapangan yang dapat dikonversi menjadi SKS. Dengan adanya kemudahan yang diberikan ini, program yang diikuti oleh mahasiswa dapat juga dimasukkan sebagai sebuah penilaian.
  2. Dapat belajar dan memperluas jaringan di luar program studi atau kampus asal. Bagi mahasiswa yang ingin aktif semasa duduk di bangku perkuliahan, dapat juga mengikuti program pertukaran pelajaran. Seru banget bukan?
  3. Eksplorasi berbagai pengetahuan dan keterampilan secara langsung selama lebih dari satu semester. Jika biasanya mahasiswa belajar hanya di dalam kelas, melalui program Kampus Merdeka mahasiswa dapat terjun langsung ke lapangan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
  4. Belajar secara langsung dari perusahaan atau institut yang berkualitas dan terkemuka. Tentunya kesempatan ini juga dapat membuka peluang kamu untuk bisa berkenalan dengan orang dalam perusahaan. Mungkin saja ketika kamu mengikuti program Kampus Merdeka, mereka tertarik untuk merekrut dikarenakan kerja kamu yang professional.

Program yang ada di Kampus Merdeka!

  1. Kampus Mengajar. Kampus Mengajar ialah program yang disediakan untuk mahasiswa agar dapat menjadi mitra guru selama satu semester. Harapannya dengan adanya program ini mahasiswa dapat ikut berkontribusi memberikan inovasi dalam pengembangan strategi dan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar dapat meningkatkan kemampuan akademik siswa tempatnya mengajar.
  2. Magang Bersertifikat. Magang Bersertifkat adalah sebuah program yang memberikan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Dengan adanya pembelajaran langsung di sebuah perusahaan, mahasiswa akan mendapatkan berbagai hard skills maupun soft skills yang akan menunjang keahlian mereka untuk dapat bersaing di dunia kerja nantinya.
  3. Studi Independen Bersertifikat. Studi Independen Bersertfikat adalah program pembelajaran dan pengembangan diri untuk mahasiswa melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap dapat diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Program ini akan sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin memperdalam knowledge dan skill-nya sesuai spesifikasi dunia industri.
  4. Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah sebuah program yang ditujukan untuk memberikan mahasiwa kesempatan belajar mengenai keragamanan nusantara dan memperluas jaringan akademik antar mahasiswa. Program ini dapat dikatakan sebagai sarana belajar lintas kampus yang akan memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa untuk bisa berkuliah di berbagai universitas di Indonesia.
  5. Merdeka. Wirausaha merdeka merupakan sebuah program spesial yang diadakan untuk para mahasiswa yang memiliki ketertarikan terhadap dunia Wirauasaha. Di program ini mahasaiwa akan mengikuti berbagai program wirausaha unggulan yang diadakan dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia.
  6. IISMA. IISMA (Indoenesia Internasional Student Mobility Awards) adalah sebuah program beasiswa dari pemerintah kepada para mahasiswa untuk dapat menempuh pendidikan di universitas termuka yang berada diluar negeri. Mahasiswa dapat menghabiskan satu semesternya untuk dapat merasakan kebudayaan negara asing yang dikunjungi dan melakukan praktek disana untuk meningkatkan keterampilan mereka.
  7. Praktisi Mengajar. Praktisi Mengajar merupakan sebuah program yang mendorong kolaborasi praktisi ahli dengan dosen di perguruan tinggi agat dapat terciptanya pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam antar civitas akademika di berbagai perguruan tinggi dengan professional di dunia kerja. Kolaborasi ini dilaksanakan pada mata kuliah yang disampaikan baik secara luring maupun daring.

Bagaimana apakah kamu ada tertarik untuk mengikuti salah satu program diatas? Untuk pendaftarannya tidak dibuka setiap saat ya, dan akan diadakan seleksi disetiap programnya. Tentunya, hanya mahasiswa yang sesuai spesifikasi yang akan dipilih. Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini, semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya. Ditunggu kehadiranmu di program Kampus Merdeka, goodluck!

Penulis: M. Farhan Kisnanda – Universitas Dian Nusantara