PENTING! Ini dia Manfaat Magang Bagi Mahasiswa

Apa manfaat program magang bagi mahasiswa?

Mahasiswa yang berhasil mendapatkan kesempatan magang di sebuah perusahaan apalagi perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bergengsi tentu saja merupakan suatu keuntungan dan prestasi tersendiri. Kenapa? karena dengan menjadi pegawai magang maka mahasiswa akan mendapat kesempatan untuk mengetahui dinamika dunia kerja bahkan mempunyai kesempatan di angkat menjadi karyawan.

Dan perlu di ingat kuliah tidak hanya sebatas belajar dalam ruangan kelas saja. Kuliah juga bukan hanya menjalin hubungan pertemanan dan mengikuti berbagai organisasi kampus. Tapi di dalam kuliah, terdapat program magang. Lalu, apa saja manfaat magang bagi mahasiswa? Yuk, baca selengkapnya disini!

Magang adalah salah satu kegiatan yang banyak diikuti mahasiswa utamanya bagi mereka yang memang telah menempuh tahun terakhir perkuliahan. Banyak sekali perusahaan dari berbagai bidang pun turut berlomba membuka kesempatan magang untuk para mahasiswa. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini, para mahasiswa mampu memperoleh gambaran mengenai seluk-beluk dalam dunia kerja.

Ini dia manfaat magang bagi mahasiswa yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Wawasan

Meningkatkan wawasan menjadi manfaat magang bagi mahasiswa yang pertama. Belajar di dalam ruangan kelas tanpa mengaplikasikan ilmu secara langsung tentu sia-sia  alias percuma.

Dengan mengikuti progrmam magang ini, kamu pasti mendapatkan berbagai manfaat yang bisa kamu peroleh. Dan wawasan yang kamu peroleh di bangku kuliah akan sangat berguna. Tidak hanya berguna saja, tetapi meningkatkan wawasan yang kamu miliki. Bagaimana tidak, kamu akan mengalami berbagai hal yang sebelumnya belum pernah kamu temui. Kamu juga akan terlatih untuk menjadi seorang yang cermat dalam mengatasi suatu kondisi tertentu.

2. Memperluas Jaringan

Manfaat kedua dari program magang yang akan mahasiswa rasakan adalah memperluas jaringan. Ini menjadi hal yang pasti mengingat kamu akan menemui orang-orang baru sekaligus juga lingkungannya.

Kamu harus menjalin hubungan pertemanan bersama rekan kerja dengan baik. Dengan begitu, secara tidak langsung akan mendapatkan ilmu-ilmu baru. Karena dengan memiliki hubungan yang baik, Kamu bisa saling cerita dan berbagi  pengalaman dapat mengalir begitu saja.

3. Berkesempatan untuk dapat pekerjaan

Manfaat yang ketiga adalah, dalam program magang ini akan memberikan manfaat berupa berkesempatan untuk langsung mendapatkan pekerjaan. Memang magang itu hanya berlangsung beberapa bulan saja, sekitar 3 sampai 6 bulan. Namun, itu tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan diberi kesempatan untuk menjadi karyawan tetap ketika lulus kuliah nanti.

Untuk mendapatkan kesempatan langsung bekerja di perusahaan tempat kamu magang, tentu saja syarat utamanya adalah bekerja dengan baik dan memang project yang kamu kerjakan saat magang itu terpakai oleh perusahaan. Kerjakan seluruh tugas dengan semaksimal mungkin. Dengan demikian, akan mendapatkan penilaian yang bagus dari pihak perusahaan.

4. Belajar Besosialisasi

Bergaul bersama teman-teman pada saat kuliah dengan rekan-rekan di tempat kerja sangatlah berbeda. Di dunia kerja, seakrab apapun kamu dengan teman di kantor, harus mempunyai batasan profesionalisme yang harus dijaga.

Contohnya: kamu memiliki teman akrab yang beda departemen, tetapi pada saat memeriksa hasil pekerjaan mereka, kamu harus tetap bersikap objektif dan tidak begitu saja menerima suatu laporan hanya karena kalian dekat secara personal.

5. Menambah Pengalaman Kerja pada Resume

Tahukah kamu bahwa Resume atau yang sering disebut CV kamu sangat berharga dalam dunia kerja? Pengalaman magangmu bisa kamu masukan ke dalam daftar resume. Hal ini perlu dilakukan karena pengalaman tersebut bisa menjadi salah satu bahan acuan penilaian bagi pewawancara yang akan mewawancaraimu pada saat kamu melamar pekerjaan.

Apalagi jika kamu mendapat predikat yang memuaskan dalam program magang tersebut, tentu saja kamu akan mendapatkan penilaian lebih dan berpeluang besar untuk diterima di perusahaan yang ingin kamu masuki.

6. Bisa Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Dan manfaat nyata dari program magang bagi mahasiswa bukan lain adalah mendapatkan penghasilan tambahan. Ada beberapa perusahaan yang memberikan uang saku atau gaji perbulan nya untuk mahasiswa. Magang artinya bekerja untuk suatu perusahaan meski masih berstatus sebagai mahasiswa.

Artinya bekerja, maka akan mendapatkan upah kerja. Besaran pendapatan tersebut tentu saja tergantung pada perusahaan tempat kamu magang. Meski begitu, kamu jangan lantas fokus pada nilai, tetapi apa yang bisa kamu dapatkan ketika magang di perusahaan tersebut.

Pendapatan hanyalah nilai tambahan bagi mahasiswa dari program magang. Karena inti utama dari program magang adalah mempersiapkan mahasiswa untuk terjun pada dnia kerja. Untuk itu, kamu harus fokus dan manfaatkan magang tersebut untukmengebangkan diri sekaligus meningkatkan hardskill dan softskill yang kamu miliki daripada mengharapkan penghasilan yang besar.

Demikian pembahasan singkat tentang pentingnya magang bagi mahasiswa semoga dapat menjadi pengetahuan atau ilmu bagi anda.