Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Menjadi Mahasiswa Baru

Saat menjadi mahasiswa baru kamu pasti akan merasakan kebingungan, harus melakukan apa dan harus memulai dari mana. Dan menjadi mahasiswa baru kamu dituntut untuk bisa memanajemen waktu yang baik, karena dalam dunia perkuliahan banyak sekali kegiatan yang nantinya kamu jalani. 

Dan menjadi mahasiswa baru juga dituntut untuk menjadi pribadi yang kompeten melalui berbagai kegiatan positif dimasa kuliah. Tentunya banyak hal baru bagi seorang siswa yang baru lulus. Ada beberapa hal penting untuk kamu para mahasiswa baru yang bisa dilakukan agar tidak menyesal dikemudian hari.


Merubah pola pikir



Pada awal masuk menjadi mahasiswa baru adalah masa transisi dari dari siswa ke mahasiswa yang dimana banyak sekali yang terlena dengan kesenangan-kesenangan pada masa SMA  hingga membawa ke bangku perkuliahan. Tak jarang, banyak mahasiswa lebih banyak menghabiskan waktunya dengan nongkrong bersama teman-temannya ketimbang mengikuti perkuliahan dengan serius. Dari sinilah harus merubah pola pikir, seharusnya pada masa ini mahasiswa fokus mengikuti perkuliahan dengan belajar yang bersungguh-sungguh. Tujuannya adalah untuk menabung IPK yang tinggi sejak awal masuk perkuliahan.

Membangun rasa percaya diri


Sebagian besar mahasiswa baru merasa tidak percaya diri karena memang berada di lingkungan baru itu perlu menyesuaikan diri. Tetapi kamu harus yakin dengan kemampuan diri kamu sendiri serta tidak enggan untuk mencoba banyak hal di masa awal perkuliahan yang nantinya bisa menjadi modal saat kamu lulus. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, seorang mahasiswa baru akan mampu beradaptasi iklim kehidupan kampus yang jelas sangat berbeda dengan saat di sekolah menengah. Hal ini bisa menjadi modal hidup mandiri hingga saat terjun ke masyarakat nantinya.

Menjadikan ospek sebagai ajang memperluas ilmu dan pengalaman

Carilah setidaknya 4-6 teman baru untuk memulai kehidupan kamu di dunia perkuliahan. Karena kuliah bukan hanya tentang mencari ilmu saja tetapi kamu perlu memperluas jaringan di lingkungan baru. Semakin banyak teman yang kamu dapatkan semakin mudah juga kamu bisa memecahkan permasalahan saat masa-masa kuliah. Tetapi kamu juga tetap harus seletif dalam memilih teman, jika sudah menjadi mahasiswa kita membutuhkan teman yang bisa di ajak ngobrol serius bukan hanya sekedar teman bercanda saja. Berdasarkan pengalaman, orang yang pertama kali kamu kenal akan menjadi teman sampai nanti lulus kuliah.

Jika kamu terbiasa menutup diri cobalah untuk membuka diri di lingkungan yang baru. Nantinya dengan mengenal banyak mahasiswa lain, akan memudahkan kamu dalam hal, seperti membantu dalam mengerjakan tugas sampai membantu di dalam kehidupan.

Harus mengenali lingkungan kampus dengan cepat

Sebagai mahasiswa  kamu dituntut harus bisa hidup mandiri. Dengan lingkungan yang baru mungkin akan rumit untuk beradaptasi, akan tetapi kamu harus bisa mengenal lingkungan kampus dengan cepat baik itu mencakup ruangan, organisasi sampai civitas kampus.

Mengikuti beberapa organisasi kampus

Ini merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan saat menjadi mahasiswa baru. Tahun pertama adalah momen yang sangat tepat untuk memulai berorganisasi. Ada banyak organisasi dalam kampus yang bisa kamu ikuti. Tetapi sebelum kamu masuk organisasi kamu harus memikirkan terlebih dahulu organisasi mana yang bisa membuat diri kamu berkembang dan mendapatkan pengalaman serta wawasan.

Masuk kelas dengan rajin

Dibalik kamu harus mengikuti organisasi dikampus, kamu juga tidak boleh lupa akan kewajiban utama kamu dalam kuliah  adalah masuk kelas atau mencari ilmu akademik. Karena dengan kamu masuk kelas dengan rajin bisa mengurangi tidak lulus pada mata kuliah.

Berani bertanya pada senior

Biasanya senior akan dengan senang hati membangikan ilmu dan pengalaman yang dia punya. Mulailah pembicaraan dengan baik dan mulai membuka diri pada senior. Cari informasi lebih banyak lagi tentang dunia kampus atau tentang masalah mata kuliah.

Berilah kesan baik pada dosen

Pada pertemuan pertama pada perkuliahan hampir semua dosen memulai pembelajaran dengan perkenalan. Inilah saatnya untuk kamu memluai dengan kesan yang baik agar dosen dapat mengingat nama dan wajahmu. Cara yang ampuh untuk membuat kesan yang baik yaitu bisa bertingkah sopan dan selalu aktif bertanya kepada dosen.

Harus bisa dalam membagi waktu

Ini dia hal terakhir yang paling penting adalah seperti yang sudah dikatakan di atas kamu dituntut untuk mampu memanajemen waktu dengan baik. Kamu harus bisa membagi waktu dengan baik karena tidak seperti menjadi siswa dimana waktu sudah tertera. Dunia perkuliahan tentu saja sangat berbeda ada banyak sekali kegiatan yang menanti untuk kamu lakukan. Kamu juga harus pintar-pintar dalam membagi waktu, kapan harus belajar, kuliah, bermain dan berorganisasi.

Demikian pembahasan singkat tentang beberapa hal yang harus kamu lakukan pada saat menjadi mahasiswa baru, semoga dapat menjadi referensi atau ilmu bagi anda.