Biasakan Menulis Agar Skripsi Cepat Selesai

Membangun kebiasaan menulis merupakan hal yang harus dilakukan. Menulis pada dasarnya memang merupakan keterampilan dan kebiasaan. Pada saat menulis, penulis tidak langsung bisa menulis dalam jumlah kata yang banyak.

Diperlukan lagi berbagai proses untuk mencapai penulisan dengan jumlah kata yang banyak sampai ribuan. Dalam membiasakan untuk selalu mengembangkan ide tulisan juga perlu dilakukan dengan baik, salah satunya kemampuan menyusun kata atau kalimat yang baik. Maka dari itu perlu tahu bagaimana cara membiasakan menulis.

Hal ini ada karena menulis tidak hanya membutuhkan pengetahuan, tetapi juga bagaimana cara agar penulis bisa saling berkomunikasi dengan pembacanya melalui tulisan tersebut.

Menulis sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, tapi ketika kita bicara tentang skripsi menulis bisa saja menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Tapi tenang, ada beberapa cara yang dapat membantu anda untuk membangun kebiasaan menulis yang baik.

1. Jadikan tulisan sebagai prioritas

Jika anda menjadikan kegiatan menulis sebagai proritas yang merupakan kegiatan sehari-hari yang perlu anda lakukan, terlepas dari suasana hati, terlepas dari kesiapan untuk menulis, maka tulisan anda akan lebih cepat selesai karena anda telah menempatkan tulisan anda sebagai kegiatan yang harus dilakukan. Sebagai contohnya skripsi, skripsi sendiri perlu untuk ditulis agar cepat selesai, prioritaskan skripsi anda daripada hal-hal yang tidak terlalu penting. Kalau skripsi cepat selesai maka akan cepat lulus juga kan?

2. Tetapkan waktu yang teratur

Mungkin anda juga merasa tidak punya waktu untuk menulis secara teratur, tambahkan sesi kegiatan menulis selama 15 sampai 30 menit dalam jadwal kegiatan harian anda.

Pilih waktu yang sesuai untuk anda mulai menulis, mungkin pagi, siang atau sore, namun lebih baiknya untuk tidak dilakukan ketika malam hari, karena malam adalah waktu untuk istirahat. Anda dapat mulai menulis pada waktu yang sudah dipilih dan lakukanlah setiap harinya. 

3. Buat target penulisan

Setelah menetapkan jadwal untuk penulisan setiap harinya, anda juga perlu untuk membuat target penulisan. Mengapa harus ada target penulisan? Karena target sendiri dapat digunakan sebagai ukuran seberapa jauh anda menulis setiap harinya, dan dengan adanya target penulisan akan membuat anda semakin konsisten dalam menulis untuk memenuhi target harian dan bulanan tersebut. Sebut saja anda membuat target untuk dapat menyelesaikan 1 bab dalam waktu 1 bulan, maka anda membuat target harian untuk menulis 2 sampai 3 paragraf di setiap sesi penulisannya agar anda dapat memenuhi target yang sudah anda buat.

4. Hindari menulis secara berlebihan


Target yang telah dibuat pun memiliki fungsi untuk membatasi anda agar tidak bekerja secara berlebihan. Meskipun penulisan skripsi merupakan sebuah prioritas yang mana sangat penting untuk segera diselesaikan, tetap perlu diingat untuk tidak memaksakan diri dengan menulis secara berlebihan. Ketika menulis pun juga dilakukan dalam jumlah kecil agar hasilnya lebih teratur, karena kualitas dari tulisan anda lebih penting dari kuantitas tulisan yang bisa anda tulis di setiap sesi menulis anda. Hal lain yang perlu diingat adalah, kalau anda merasa lelah maka sudah seharusnya untuk istirahat sejenak, dan melanjutkan lagi setelah anda tidak merasa lelah.

5. Tentukan tempat yang nyaman


Tempat untuk anda menulis juga perlu diperhatikan, tidak semua orang memiliki selera yang sama ketika menentukan tempat yang nyaman untuk menulis skripsi. Beberapa mungkin butuh tempat yang tenang seperti di dalam kamar yang hening, beberapa juga perlu musik agar semakin nyaman untuk menulis. Adapun beberapa orang memilih tempat umum yang dapat digunakan untuk menulis seperti perpustakaan atau mungkin di kafe. Dimanapun tempat yang dipilih pastikan tempat itu nyaman agar tidak mengganggu penulisan skripsi anda.

6. Apa tujuan untuk menulis?

Sangat penting untuk menentukan arah tujuan dari tulisan yang sedang anda kerjakan, karena sebelum melakukan pekerjaan seseorang harus tahu apa yang akan dikerjakan dan apa tujuan yang akan didapatnya. Sebagai contoh dalam hal ini adalah skripsi, tetap fokus pada topik yang sedang diteliti dan jadikan topik penelitian tersebut sebagai tujuan dari tulisan anda.

Tulis dengan sesuai ketentuan yang telah ditentukan dan tidak boleh melenceng dari yang sudah ditetapkan. Dengan cara seperti itu, maka penulis tidak perlu lagi memaksakan diri untuk mendapatkan karya yang bagus seperti orang lain.

Yang perlu dilakukan oleh seorang penulis adalah mengetahui tujuan menulis dan menjadi rutinitas sehingga mampu membangun kebiasaan dalam menulis.

Itulah beberapa cara untuk membiasakan menulis agar lebih konsisten yang boleh anda coba lakukan agar skripsi anda cepat selesai. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk semua yang yang membacanya. Terima kasih.