Unit Analisis Penelitian Kualitatif

Unit Analisis Penelitian Kualitatif: Pengertian unit analisis dalam penelitian kualitatif merupakan “lokasi” tempat penelitian dilakukan. Jika unit analisis penelitian adalah individu maka hasil studi difokuskan pada analisis terhadap perilaku, pendapat, opini, atau sikap individu tersebut. Misalnya penelitian tentang perilaku ibu yang tidak mau memanfaatkan pelayanan posyandu, maka analisis difokuskan pada ibu tersebut. Begitu pula jika program sebagai unit analisis, maka fokus analisis diarahkan kepada gambaran program tersebut, misalnya studi tentang implementasi promosi kesehatan di rumah sakit maka analisis diarahkan pada program promkes tersebut. Patton (2002) membagi unit analisis penelitian kualitatif menjadi enam fokus seperti dijelaskan berikut:


  1. Fokus pada orang (people focused) seperti Individu, Kelompok kecil atau informal (seperti: pertemanan, Gangs), Keluarga.
  2. Fokus pada struktur (structure focused) seperti Proyek (misal: proyek pembuatan sistem informasi kesehatan), Program (misal: program imunisasi), Organisasi , Unit dalam organisasi (misal: instalasi farmasi di rumah sakit)
  3. Berdasarkan perspektif atau sudut pandang (Perspective/worldview based), Orang yang menceritakan kebudayaan, Orang yang menceritakan pengalaman atau perspektif misalnya mengalami kecelakaan kerja, keluar dari pekerjaan, kelulusan, kepemimpinan, menjadi orang tua, kecanduan games online, orang yang bertahan dari penyakit mematikan .
  4. Fokus pada geografis (Geography focused) seperti Pedesaan atau perkotaan, Provinsi , Negara, Pasar (misal: pasar asuransi kesehatan)
  5. Fokus pada aktivitas (Activity focused) seperti Insiden kritis (misal: kejadian near miss, bencana), Selebrasi, Jaminan kualitas (misal: penurunan kualitas pelayanan), Periode waktu (misal: masa tumbuh kembang anak), Krisis (misal: kondisi defisit JKN), Kejadian-kejadian (misal: wabah penyakit) 
  6. Berdasarkan waktu (Time based), Bagian dari hari/minggu/bulan, Liburan, Musim hujan, Musim kemarau, Jadwal sekolah, Pemlihan umum 
Unit analisis sebagaimana dijelaskan di atas tidak berdiri sendiri (mutually exclusive). Artinya salah satu unit analisis dapat menjadi bagian dari unit analisis yang lain. Misalnya unit analisi perkotaan bisa merupakan bagian dari unit analisis provinsi. Unit analisis individu bisa merupakan bagian dari tetangga (rukun tetangga). Misalnya unit analisis studi kualitatif adalan impelementasi Upaya Kesehatan Sekolah (UKS), yang dapat merupakan bagian dari analisis yang berfokus pada program Sekolah Sehat. 

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam menentukan dan memutuskan unit analisis (sebagai dasar penentuan lokasi penelitian kualitatif) adalah menetapkan apa yang dapat dan peneliti ingin sampaikan pada akhir studi atau penelitian. Misalnya jika peneliti ingin mengungkap fenomena kenapa sering terjadi kekambuhan penyakit TB paru pada beberapa pasien di puskesmas, maka sebagai unit analisis dapat dipilih individu orang yang kambuh TB paru. 

Sementara itu dalam penelitian kualitatif yang khusus melakukan studi tentang perikalu, Robinson (2014) menganalogikan unit analisis sebagai sample universe (semacam populasi dari sampel). Sample universe ini ditentukan di awal penentuan desain pemilihan informan/responden, dilanjutkan dengan penentuan sample size (jumlah informan), menentukan strategi pemilihan sampel/informan, dan melakukan rekrutmen informan