Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Mengerjakan Skripsi Kualitatif dengan Mudah dan Lancar

Trik Mengerjakan Skripsi Kualitatif dengan Mudah dan Lancar - Skripsi memang menjadi sesuatu yang besar untuk mahasiswa. Seringkali mahasiswa mengeluh karena skripsi yang tidak kunjung selesai. Sebenarnya, jika dilihat secara umum skripsi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu skripsi kualitatif dan kuantitatif. 



Pada artikel di bawah ini akan dijelaskan mengenai definisi skripsi yang berhubungan dengan jenis kualitatif dan bagaimana cara mengerjakan skripsi dengan cara yang efektif. Berikut adalah penjelasannya


Mengenal Skripsi Kualitatif

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu skripsi kualitatif? Skripsi dengan metode ini merupakan sebuah metode skripsi yang isinya lebih menekankan pemahaman yang sangat dalam terhadap sebuah peristiwa atau permasalahan yang sedang diangkat. Metode ini menggunakan analisa berbentuk deskriptif. Selain itu, skripsi jenis ini juga lebih menampakkan proses makna atau arti. 


Cara Mengerjakan Skripsi dengan Efektif

Ketika Anda sudah hampir memasuki tahap pengerjaan skripsi diharapkan selalu mengontrol pikiran agar tetap positif dan selalu bersemangat. Pasang mindset yang baik dan benar sehingga dalam tahap pengerjaan semuanya bisa dilewati dengan baik dan kondisi yang sehat. Berikut adalah tips pengerjaan skripsi secara efektif


Membuat Deadline 

Cara yang pertama tentu saja Anda harus membuat deadline. Susun jadwal yang disertai tanggal dan kegiatan dimana hal tersebut wajib Anda lakukan. Deadline adalah salah satu pondasi agar Anda tidak malas dan selalu bersemangat dalam mengerjakan proses skripsi. Ketika Anda sudah mengetahui judul untuk skripsi maka kerjakan dengan semaksimal mungkin.

Skripsi kualitatif dan kuantitatif sama-sama baik jika analisa dan penelitiannya dilakukan dengan hebat. Oleh karena itu, sebagai penggarap skripsi Anda harus patuh dengan deadline dan jadwal yang telah dibuat. 


Memilih Tema dan Judul yang Sesuai

Ini merupakan salah satu efek besar dalam proses lama tidaknya Anda mengerjakan skripsi. Sebelum menggarap, pasti Anda akan setor judul dengan pembimbing. Usahakan judul dan tema yang dipilih benar-benar ada studi kasus didalamnya dan menarik untuk dikerjakan dalam versi Anda.

Memang skripsi kualitatif dan kuantitatif ini tidak ada yang bisa diremehkan. Namun, ketika Anda membuat judul yang sesuai dengan kemampuan maka skripsi tersebut juga tidak akan menjadi beban untuk penulisnya. 


Memilih Tempat Pengerjaan yang Nyaman

Jika banyak kasus mahasiswa yang sibuk dan pusing mengerjakan skripsi, maka hal tersebut memang dapat dikatakan benar sesuai dengan keadaan yang ada. Oleh karena itu, untuk menciptakan tempat yang kondusif dalam pengerjaan skripsi Anda juga harus mencari tempat terbaik untuk Anda.

Jika rumah bukan tempat yang baik karena mungkin saja Anda bisa terganggu dengan kegiatan di dalamnya maka Anda bisa pergi ke tempat yang sepi untuk sementara waktu. Jangan lupa untuk selalu konsentrasi dan niat dalam mengerjakan agar cepat selesai.


Mengenal dan Memahami Dosen Pembimbing dengan Baik

Skripsi kualitatif dan kuantitatif tidak akan membawa pengaruh untuk Anda lulus dalam waktu tertentu. Intinya, Anda harus menguasai judul dan tema skripsi yang sudah dipilih. Selain itu, Anda juga harus melakukan pendekatan dengan dosen pembimbing agar lebih mudah dalam memahami skripsi tersebut.

Kenali dosen tersebut dengan baik dan usahakan apa yang menjadi saran dosen pembimbing Anda laksanakan dengan sebaik mungkin.


Demikianlah penjelasan lengkap mengenai mengenal skripsi kualitatif dan cara mengerjakan skripsi agar lebih mudah dan efektif. Dalam mengerjakan skripsi, Anda jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan terutama pola makan dan pola tidur. Jadikan semuanya enjoy dan tetaplah berpikir positif selama proses pengerjaan skripsi.

Post a Comment for "Trik Mengerjakan Skripsi Kualitatif dengan Mudah dan Lancar"