Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mahasiswa Tingkat Akhir, Inilah 5 Tips Fokus Mengerjakan Skripsi

Mahasiswa Tingkat Akhir, Inilah 5 Tips Fokus Mengerjakan Skripsi - Setiap mahasiswa tingkat akhir pasti melewati fase tersulit dalam masa perkuliahannya, yaitu tugas akhir atau skripsi. Sering disebut kitab sucinya mahasiswa, skripsi memang mengukir banyak sejarah.

Banyak pengalaman seru dari proses menyusun skripsi. Mulai dari ribetnya nentuin tema, bikin proposal, penelitian sampe revisi tak berujung. Hayo siapa yang ga lolos-lolos revisinya?

Jangan bosen ketemu, ngobrol-ngobrol dan tukar pikiran sama dosen pembimbingmu ya, dengan begitu setidaknya kita ada gambaran gaya pemaparan seperti apa yang diinginkan sang dosen pembimbing loh.  

Tak dapat dipungkiri saat para mahasiswa tingkat akhir ini akan mengerjakan skripsi pasti ada saja cobaan serta gangguannya, macam persiapan pernikahan bukan? Banyak juga cerita horor yang bilang, kalo udah mulai nyusun skripsi pasti langsung hilang dari peredaran bumi, benarkah?

Tapi dibalik itu semua, mengerjakan skripsi juga menjadi salah satu moment penting yang pastinya bakal kita ingat terus. Kita juga sering banget dong denger cerita dari para senior yang kalo udah flashback jadi paling heboh. Karena emang bener sih yang butuh perjuangan tuh sulit dilupakan, kaya dia!

So udah pasti kita harus menikmati proses ini dengan sebaik mungkin. Iya tau kok mana ada nyusun skripsi bahagia, apalagi yang banyak merah-merah tuh di laporannya. Bikin kepala mau pecah gak sih? Belum lagi deadline yang kian menipis jadi bikin kita kurang fokus. Semuanya berantakan, bahkan begadang pun udah bukan jawaban.

Untuk itu rasanya tips fokus mengerjakan skripsi bisa sangat membantu. Apalagi buat kita kaum rebahan, yang suka mager dan dengan kalimat andalan "nanti saja" skripsi nya jadi molor juga deh. 

Beberapa kampus menerapkan deadline yang cukup ketat. Misalnya Institut Pertanian Bogor yang hanya memberi waktu 3 bulan bagi mahasiswa untuk mengerjakan skripsi. Jika dalam 3 bulan skripsi belum selesai, maka mahasiswa harus mengulang di semester berikutnya.

Gimana udah makin termotivasi buat nyusun skripsi? Pastinya ya, jangan lupa selain cepat harus juga tepat. Buat apa tergesa-gesa tapi hasilnya revisi semua? Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini 5 tips fokus mengerjakan skripsi agar kamu makin semangat.


Pastikan Berada di Lingkungan Mahasiswa yang Ingin Cepat Lulus

Lingkungan yang kondusif menjadi poin penting agar skripsi kita cepat selesai. Mulai bercengkrama dengan mereka yang ingin segera lulus juga menjadi salah satu trik yang patut kamu coba. 

Kamu pasti akan lebih termotivasi melihat mereka giat mengerjakan skripsi. Selain itu pasti ada beberapa mahasiswa yang merasa sedikit santai karena tinggal mengerjakan skripsi. Kamu jangan sampai terjebak bujuk rayu mereka ya.


Rajin-rajin Datang ke Acara Wisuda Senior

Hal ini terbukti efektif loh, kamu pasti makin termotivasi untuk mengerjakan skripsimu kemudian menyusul wisuda. Kamu tentu saja ikut bahagia dan ingin cepat mengenakan toga juga bukan?

Minta Do'a Orang Tua dan Selalu Menyertakan Allah SWT 

Restu orang tua tentunya juga menjadi salah satu poin penting yang tidak boleh kita lupakan. 


Jangan Biarkan Rasa Malas 

Rasa malas biasanya dikarenakan adanya aktivitas lain yang lebih menarik. Misalnya kita malas mengerjakan tugas karena sedang main game, scrolling media sosial dan lain sebagainya.

Tapi tau gak sih, ternyata rasa malas itu masuk dengan sopan ke dalam diri kita. Mereka meminta izin sebelum masuk, makanya jangan biarkan mereka masuk. Ketika mulai merasa malas, cepat-cepatlah tinggalkan apa yang sedang dilakukan dan mulai mengerjakan skripsi lagi.


Tempat yang Cozy, Esthetic, dan Intagramble.

Dalam mengerjakan proyek berjangka panjang, sering kali kita merasa cepat bosan. Begitu juga saat mengerjakan skripsi. Kita pasti akan sering merasa buntu dan sulit menyelesaikannya. Saat merasa buntu dan mulai badmood, ada baiknya kita refreshing sejenak.

Cari tempat-tempat cozy dan nyaman yang bikin pikiranmu kembali rileks. Dan yang pasti buat millenial kaya kita harus juga yang estetic dan Intagramble dong biar bisa sekalian foto-foto. Pasti semangatmu kembali bangkit, dan ide-ide segar mulai bermunculan. 

Itulah 5 tips fokus mengerjakan skripsi, mudah-mudahan bermanfaat ya. Kamu lagi nyusun skripsi? Semangat! Kalo perlu buatlah tulisan ini di kamarmu agar selalu ingat tipsnya, salam pejuang skripsi!!

Post a Comment for "Mahasiswa Tingkat Akhir, Inilah 5 Tips Fokus Mengerjakan Skripsi"