Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikuti Tips Bikin Skripsi Cepat Berikut Ini! Tuntaskan Kegalauan Mahasiswa Semester Akhir

Ikuti Tips Bikin Skripsi Cepat Berikut Ini! Tuntaskan Kegalauan Mahasiswa Semester Akhir - Bagaimana tidak dibilang menggalaukan? Skripsi merupakan tugas yang sudah menjadi momok mahasiswa semester akhir. Sebab, dampak kerumitan tugas akhir ini tidak hanya dapat menguras tenaga dan pikiran. Terkadang bisa membuat mood mahasiswa berantakan bahkan sampai ada yang mengalami kerusakan mental. Miris sekali kan...?

Menulik fakta ini, berarti masalah kesulitan dalam pembuatan skripsi harus segera dipecahkan. Walaupun kesulitan dalam pembuatan tugas akhir ini juga dipengaruhi faktor-faktor tertentu. Baik akibat dosen pembimbing yang kurang merespon atau kesibukan dari mahasiswanya sendiri. Entah karena malas atau sibuk dengan urusan pribadinya.

Mau datang dari pengaruh apapun masalah yang menghambat pembuatan skripsi, di benak kalian pasti tetap ada keinginan besar untuk menyelesaikan skripsi secepatnya, minimal selesai satu semester kan...? Lalu, bagaimana tips bikin skripsi cepat tanpa galau-galauan?


Mulailah Membuat Target

Setiap pekerjaan apapun bakalan terbengkalai, jika tidak ada target atau deadline pasti yang dapat mendukung lancarnya pekerjaan tersebut. Begitu pula dengan pengerjaan skripsi, juga membutuhkan usaha maksimal supaya selesai tepat waktu. Butuh target untuk mencapai prestasi tersebut. 

Target pembuatan skripsi dibuat sebisa mungkin yang tidak terlalu memberatkan kalian, supaya mood tidak gampang hancur. Sebab, target terlalu tinggi yang tidak tercapai akan membuat emosi kalian tidak stabil. Buatlah target semisal 1 bulan satu bab, jangan lupa ketika sudah berhasil menyelesaikan target ini segera konsultasikan ke dosen pembimbing supaya jika ada kekeliruan bisa segera direvisi.


Berusaha untuk Terus Berprogres

Proses tanpa progres itu terasa hambar. Jadi, jika kalian membuat target 1 bulan satu bab usahakan setiap pekannya bisa berprogres. Misalnya, pekan pertama waktu santai kalian 3 hari maka pekan depannya jatah waktu santai bisa 2 hari, begitu pula pekan selanjutnya, harus ada progres yang lebih baik untuk menyelesaikan skripsi kalian.

Ketika sudah berhasil, memenuhi hari dengan tugas tanpa beban alias senang hati, berarti kalian sudah siap mencapai target maksimal dan skripsi dapat terselesaikan dengan cepat.


Hindari Malas

Tips bikin skripsi selanjutnya adalah harus menghindari malas-malasan. Sebab, kalau kalian sudah kebanyakan rasa malasnya pembuatan skripsi pasti akan terbengkalai bahkan tidak selesai pada deadline seharusnya. Masalah ini menambah masalah besar bagi kalian, karena pada faktanya, tugas menumpuk tidak hanya akan menghambat kelulusan sebagai sarjana tapi akan membuat kalian pusing dan stres. 

Maka dari itu, hindari sifat malas ini dengan berbagai cara dan upaya supaya skripsi kalian selesai dengan cepat, minimal tepat waktu. 


Berikan Reward Setiap Kali Target Tercapai

Nah, ini salah satu cara supaya kalian tidak malas mengerjakan skripsi. Ya, berikan hadiah yang bisa meningkatkan semangat kalian dalam mengerjakan tugas berat ini. 

Caranya, kabulkan keinginan kalian ketika sudah berhasil mencapai target pengerjaan skripsi yang kalian tentukan. Reward ini bisa berupa makanan kesukaan, sepotong baju, sepatu dan reward lainnya yang bisa membuat kalian lebih bersemangat. 


Lirik Teman yang Sudah Berhasil Capai Target

Ada pepatah seseorang itu tergantung teman dekatnya. Jadi, kalau semangat kalian kendor bisa jadi terpengaruh teman dekat kalian. Jika tidak dapat mengantisipasi dekat dengan teman yang demikian. Salah satu cara terampuhnya adalah melirik teman kalian yang lain yang tidak malas-malasan dan bisa mencapai targetnya dengan progresifitas yang bagus setiap harinya. 

Dengan melakukan tips bikin skripsi di atas ini, dijamin skripsi kalian cepat kelar bahkan bisa selesai tidak sampai satu semester. Menarik kan...?

Post a Comment for "Ikuti Tips Bikin Skripsi Cepat Berikut Ini! Tuntaskan Kegalauan Mahasiswa Semester Akhir"