Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Yang Perlu Anda Lakukan Agar Skripsi Cepat Selesai

Tips Yang Perlu Anda Lakukan Agar Skripsi Cepat Selesai – Skripsi menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam dunia perkuliahan. Skripsi menjadi salah satu tugas akhir yang harus dipenuhi agar seorang mahasiswa dapat lulus dan mengikuti wisuda. Sebagai salah satu syarat kelulusan, skripsi mutlak haruslah dikerjakan apabila mahasiswa yang bersangkutan ingin dapat dinyatakan lulus secara sah dari suatu Perguruan Tinggi.

Terkadang banyak mahasiswa yang merasa bahwa skripsi merupakan hal yang cukup sulit dikerjakan karena membutuhkan banyak data dan juga bahan penulisan yang mumpuni. Pikiran-pikiran semacam inilah yang justru malah membuat banyak mahasiswa menjadi kelabakan dan kemudian menjadi malas untuk mengerjakan skripsi. Padahal semakin ditunda pengerjaan skripsi maka semakin tertunda pula periode wisuda yang bisa diikuti.

Jika Anda tengah mengerjakan skripsi, maka selain ulet, rajin, konsistensi, dan juga keteguhan merupakan beberapa sikap yang perlu Anda miliki agar tidak menjadi goyah pada saat proses pengerjaan skripsi maupun revisi. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan agar skripsi cepat selesai.


Perhatikan Pemilihan Tema Atau Topik Skripsi Yang Akan Dikerjakan

Tidak bisa dipungkiri bahwa tema atau topik yang dijadikan bahan skripsi merupakan faktor krusial yang cukup penting untuk diperhatikan. Terdapat cukup banyak jenis tema atau topik yang bisa diangkat menjadi skripsi sesuai dengan masing-masing jurusan yang diambil. Oleh karena itu, memilih tema yang dikuasai merupakan hal penting yang perlu dilakukan agar proses pengerjaaan skripsi menjadi lekas selesai.

Akan lebih baik lagi apabila tema yang dipilih tersebut sesuai dengan minat dan juga kesukaan Anda. Sebagai contoh, jika Anda adalah mahasiswa jurusan ilmu komputer yang menyukai pemrograman maka mengajukan skripsi dengan tema pembuatan perangkat lunak (software) bisa menjadi alternatif pilihan yang patut untuk diambil. Ketika pemilihan tema skripsi sesuai dengan minat, biasanya akan selalu ada semangat untuk mengerjakan dan menulis skripsi tersebut.


Kumpulkan Bahan Pembuata Skripsi Secara Memadai

Tips berikutnya yang bisa diperhatikan agar skripsi cepat selesai adalah dengan memiliki bahan-bahan pendukung dalam jumlah yang memadai. Skripsi merupakan tulisan ilmiah yang di dalamnya membutuhkan referensi sebagai acuan dalam penulisannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda yang tengah mengerjakan skripsi untuk memiliki aneka bahan atau referensi pendukung dalam jumlah yang memadai agar penulisan skripsi dapat berjalan dengan lancar.

Buku, jurnal, artikel ilmiah, maupun laporan-laporan penelitian lainnya merupakan bentuk-bentuk sumber referensi acuan yang cukup sering digunakan oleh para mahasiswa dalam menyusun skripsi. Dengan bahan dan sumber penulisan yang jumlahnya memadai maka akan memperkaya wawasan dan juga pengetahuan yang bisa Anda tuliskan dalam skripsi Anda. Namun pastikan bahan-bahan referensi yang Anda miliki sesuai dengan tema yang Anda ambil.


Jangan Sungkan Berkonsultasi Dengan Dosen Pembimbing

Mengerjakan skripsi memang tidak bisa diselesaikan dalam waktu semalam. Butuh proses dan juga waktu untuk mengerjakan skripsi dengan baik. Revisi merupakan bagian yang penting dan nyaris tidak bisa dipisahkan dari yang namanya skripsi. Agar skripsi cepat selesai maka sebaiknya jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Sebaiknya Anda sampaikan perkembangan secara rutin dan menunjukkan apa yang telah dikerjakan.

Jangan takut jika harus mendapatkan corat-coret tinta merah dari dosen pembimbing. Coretan demi coretan tersebut merupakan sesuatu yang sangat berharga dan akan membantu Anda dalam proses pengerjaan skripsi menjadi lebih terarah dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi lebih cepat diselesaikan.


Demikianlah beberapa tips penting yang perlu diperhatikan agar skripsi cepat selesai dan Anda bisa segera wisuda. Apabila Anda diwisuda tentu akan membuat orang tua juga bangga dengan raihan yang telah Anda capai.

Post a Comment for " Tips Yang Perlu Anda Lakukan Agar Skripsi Cepat Selesai"