Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Menyusun Tugas Akhir yang Tepat dalam Masa Pandemik COVID-19

Solusi Menyusun Tugas Akhir yang Tepat dalam Masa Pandemik COVID-19 – Seperti yang telah kita semua ketahui, sejak masuknya COVID-19 ke Indonesia, maka seluruh kegiatan berubah drastis. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar yang dirumahkan atau dikenal sebagai istilah school from home guna mencegah terjadinya penularan COVID-19.

Dari adanya kebijakan ini, banyak pelajar baik siswa maupun mahasiswa yang terkena imbas dari COVID-19 ini. Mulai dari masalah ketidaksiapan mengadakan pembelajaran secara daring, kesulitan pelajar maupun pengajar dalam mengakses internet, tidak tersampaikannya materi pembelejaran secara maksimal, dan juga berimbas pada tugas akhir para mahasiswa tingkat akhir.

Bagi mahasiswa yang menempuh perkuliahan di jenjang Diploma, maka tugas akhirnya harus membuat karya tulis ilmiah, sedangkan bagi mahasiswa yang berada di jenjang Sarjana I, maka tugas akhirnya harus membuat skripsi. Skripsi ini bisa disebut sebagai penelitian kecil pada responden yang juga bisa dibilang dalam lingkup yang kecil. Penelitian ini harus dilakukan oleh mahasiswa dalam 1 tahun terkahir jenjang perkuliahannya. 

Nah, lalu bagaimana mahasiswa tingkat akhir ini bisa melakukan penelitian dalam masa pandemik COVID-19 ini? Dimana protokol kesehatan jelas sudah menggaungkan himbauan untuk melakukan physical distancing dan social distancing. Nah, solusi menyusun tugas akhir yang tepat dalam hal ini adalah Anda bisa mengganti metode penelitiannya.

Dalam metode penelitian, biasanya peneliti akan menyebutkan mengenai rincian penelitiannya. Anda bisa mengganti metode penelitian Anda dari metode penelitian primer menjadi metode penelitian sekunder. Maksud dari metode penelitian primer ini artinya Anda melakukan penelitian langsung kepada subjek penelitian Anda, yaitu orang atau hewan. 

Sedangkan, apabila penelitian sekunder, artinya Anda melakukan penelitian dengan mengolah dari data-data sekunder yang Anda dapatkan dari pihak kedua. Hal ini akan lebih mempermudah Anda dalam melakukan penelitian meskipun di tengah masa pandemik COVID-19. Anda hanya perlu menghubungi pihak-pihak terkait yang mempunyai data akurat yang akan Anda gunakan sebagai subjek penelitian Anda.

Selain itu, ada juga hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan perkuliahan Anda tepat waktu meskipun dalam masa pandemik COVID-19. Solusi menyusun tugas akhir lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti jenis tugas akhir Anda. Karena pada dasarnya ada dua pilihan yang bisa Anda pilih sebagai tugas akhir Anda.

Selain skripsi, ada juga tugas akhir lain yang bisa disebut sebagai literature review. Kedua jenis tugas akhir ini sebenarnya bisa dibilang sama dari segi format penulisannya, namun dari segi isinya tentunya berbeda. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa skripsi ini merupakan sebuah penelitian kecil, sedangkan literature review ini seperti namanya yaitu kumpulan dari beberapa literature yang telah di-review. 

Nah, tugas Anda adalah disini adalah melakukan review terhadap beberapa jurnal yang berhubungan dengan topik yang Anda pilih. Banyak orang yang beranggapan bahwa tugas akhir literature review ini lebih mudah daripada skripsi. Padahal keduanya mempunyai tingkat kesulitan yang sebanding.

Walaupun tugas Anda hanya melakukan ‘’review’’, tetapi Anda juga harus mencari banyak jurnal dengan eksistensi yang sudah diakui. Anda tidak diperbolehkan menggunakan jurnal yang sumbernya belum terakreditasi. Anda juga diharuskan untuk melakukan review bukan hanya pada jurnal nasional, tetapi juga harus memasukkan jurnal internasional.

Tetapi, dalam masa pandemik COVID-19 ini, memilih untuk mengerjakan literature review bisa dibilang sebagai solusi menyusun tugas akhir yang tepat apabila dibandingkan dengan harus melakukan penelitian langsung kepada subjek penelitian yang tentunya mempunyai risiko yang besar.

Post a Comment for "Solusi Menyusun Tugas Akhir yang Tepat dalam Masa Pandemik COVID-19"