Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal yang Bisa Membuat Skripsi Lama Selesai

Hal yang Bisa Membuat Skripsi Lama Selesai – Pada saat memasuki masa awal kuliah akan disibukan dengan hal-hal yang baru yang belum pernah dirasakan pada waktu duduk di bangku sekolah Menengah Atas (SMA). Namun bagi yang memasuki tingkat akhir, dimana pada saat ini akan ada perasaan lega karena sebentar lagi akan lulus kuliah, namun harus melewati satu hal lagi yaitu membuat skripsi. 

Ada yang mengatakan bahwa skripis adalah hal yang sulit yang harus dilewati pada masa kuliah. Hal inilah yang membuat skripsi terdengar menyeramkan, sehingga untuk membuatnya ada yang membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Membuat skripsi memang tidaklah mudah, untuk itu hal apa saja yang menyebabkan skripsi lama selesai? berikut diantaranya:


Topik Terlalu Berat

Bisa jadi topik yang Anda angkat terlalu berat karena materi yang akan susah untuk ditemukan dan jumlah dosen yang memahaminya pun terbilang sedikit. Sebaiknya Anda memilih topik yang memiliki banyak referensi dan terlebih dahulu diskusikan dengan dosen pembimbing untuk tema yang akan diangkat agar tidak mengulang skripsi sebelumnya.


Sudah Mengenal Uang

Sebagai mahasiswa akhir yang memiliki banyak waktu luang, kerap digunakan untuk mencari pekerjaan sehingga melupakan untuk mengerjakan skripsi. Sebaiknya Anda harus bisa membagi waktu dan harus disiplin utnuk mengikuti jadwal bimbingan, Anda bisa melepas pekerjaan dan fokus terlebh dahulu pada skripsi.


Sering Nongkrong

Masa muda identik dengan berkumpul bersama teman-teman (nongkrong) akibatnya lupa waktu dan sering menunda skripsi sehingga skripsi lama selesai. Sebaiknya Anda fokus untuk menyelesaikan skripsi dan mengurangi nongkrong dengan teman-teman.


Salah Ambil Jurusan

Bisa jadi karena Anda salah mengambil jurusan menyebabkan motivasi Anda untuk menyelesaikan skripsi menjadi berkurang. Tidak sedikit yang berhenti kuliah karena merasa tidak mempunyai minat. 

Namun sekarang Anda sudah di tingkat akhir, tinggal selangkah lagi untuk bisa lulus. Ingatlah kepada kedua orang tua yang sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk kuliah. Walaupun Anda tidak menyukai jurusannya, anggap saja sebagai bakti kepada orang tua.


Dosen Pembimbing Sulit

Mempunyai dosen pembimbing yang terlalu sulit misalnya terlalu perfeksionis, memaksakan pendapat atau pemikirannya bisa membuat skripsi lama selesai. Namun jika sudah mendapatkan dosen seperti itu, tidak ada salahnya Anda ungkapkan pendapat kepada dosen pembimbing atau kamu bisa meminta bantuan kepada dosen pembimbing kedua.


Susah Bertemu Dosen Pembimbing

Salah satu yang bisa membuat skripsi Anda lama tidak selesai adalah karana susahnya bertemu dengan dosen pembimbing. Apalagi jika dosennya suka pergi ke luar kota. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa berkomunikasi melalui online, dan memanfaatkan fasilitas internet yang lainnya.


Ikut Organisasi

Untuk bisa mengembangkan diri saat kuliah, salah satunya yaitu dengan ikut organisasi. Namun Anda juga harus seimbang antara organisasi dan skripsi, jangan sampai menghambat skripsi, sehingga skripsi lama selesai. Anda bisa membagi waktu antara ikut organisasi dan mengerjakan skripsi. 


Sibuk Pacaran

Pacaran adalah salah satu hal yang  bisa menghambat Anda untuk memulai proses penulisan skripsi, apalagi jika baru jadian. Pembuatan skripsi akan terlupakan.

Sebaiknya Anda mengurangi waktu untuk pacaran dan jadikan pacar Anda sebagai motivasi agar Anda cepat lulus kuliah. Anda bisa mengajak pacar Anda untuk menemani Anda menulis skripsi sehingga Anda bisa jadi lebih bersemangat.

Itu dia yang bisa membuat skripsi lama selesai. Beberapa masalah diatas bisa Anda atasi dan jangan dijadikan sebagai penghalang bagi Anda untuk membuat skripsi dan lulus dengan cepat.

Post a Comment for "Hal yang Bisa Membuat Skripsi Lama Selesai"