Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mencari Literature untuk Skripsi yang Berkualitas dengan Akses Gratis

Cara mencari Literature untuk Skripsi yang Berkualitas dengan Akses Gratis – Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dikerjakan oleh mahasiswa tingkat akhir dalam jenjang Sarjana I. Tugas akhir ini bisa dibilang sebagai penentu kelulusan dari mahasiswa, apabila Anda mampu menyelesaikannya tepat waktu, maka Anda juga akan lulus tepat waktu. 

Dan begitu pula sebaliknya, apabila Anda lambat dalam menyelesaikan skripsi Anda, maka hal ini akan menghambat waktu kelulusan Anda. Bahkan sudah banyak contoh ‘’mahasiswa abadi’’, yaitu sebutan untuk mahasiswa yang sudah lama tetapi masih belum menyelesaikan skripsinya, sehingga ia terus-menerus lanjut sebagai mahasiswa.

Namun, peraturan perkuliahan saat ini menetapkan bahwa paling lambat mahasiswa harus menyelesaikan perkuliahannya dalam 7 tahun, sehingga apabila Anda tidak menyelesaikan skripsi Anda dalam waktu 7 tahun, maka secara otomatis Anda akan dikeluarkan atau di-drop out dari kampus Anda.

Nah, untuk menyelesaikan skripsi Anda secara tepat waktu, salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mencari literature untuk skripsi Anda. Literature sangat dibutuhkan untuk menunjang tinjauan pustaka dan pembahasan pada hasil penelitian Anda. Sehingga sangat diperlukan literature yang baik dan berkualitas untuk membuat skripsi Anda lebih berbobot. 

Anda bisa menambahkan literature ini baik dari jurnal maupun dari buku. Namun, saat ini banyak dosen yang lebih menyarankan untuk mengambil literature dari jurnal, karena jurnal ini biasanya lebih update dibandingkan dengan buku, sehingga bisa lebih representatif untuk digunakan sebagai bahan literature. 

Untuk mendapatkan literature yang berkualitas, sebisa mungkin carilah yang berbasis internasional. Namun, biasanya platform untuk mendapatkan literature berbasis internasional ini sifatnya berbayar. Nah, ada beberapa platform yang bisa digunakan oleh Anda dalam mencari literature untuk skripsi dengan akses yang gratis. 

Beberapa situs untuk mendapatkan jurnal berbahasa Indonesia secara gratis diantaranya bisa Anda dapatkan di situs perpustakaan nasional Indonesia yaitu perpusnas.go.id atau e-resources.pnri.go.id. Anda juga bisa mendapatkan literature di situs lainnya seperti, lipi.go.id, ejurnal.bppt.go.id. Ada juga jurnal yang bisa Anda gunakan sebagai literature yang berbasis literasi UGM, yaitu di situs lib.ugm.ac.id.

Anda juga bisa mencari literature untuk skripsi di situs lainnya untuk mendapatkan jurnal-jurnal internasional. Diantaranya yaitu di ijea.org, sciencedirect.com, proquest.com, ijea.org, ijern,com, doaj.org, citiseer.ist.psu.edu. Situs citiseer.ist.psu.edu ini bisa dibilang seperti Google Cendekia, namun lebih disarankan untuk menggunakan situs ini karena jurnal yang diterbitkannya lebih representatif daripada jurnal yang ada di Google Cendekia.

Ada juga jurnal yang bisa Anda dapatkan secara gratis dari beberapa kampus ternama di dunia, diantaranya yaitu di situs academic.uop.com untuk mendapatkan jurnal dari literasi Oxford. Atau akses di situs journals.cambridge.org untuk mendapatkan jurnal dengan literasi Cambridge. 

Selain dari jurnal, Anda juga harus memasukkan literature yang bersumber dari buku. Namun, biasanya buku-buku yang ada di perpustkaan merupakan buku-buku dengan tahun terbit yang lama, sehingga tidak bisa memenuhi syarat untuk digunakan sebagai literature yang baik. Maka, solusinya Anda bisa mencari literature untuk skripsi dari e-book atau buku elektronik.

Adapun situs yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan e-book secara gratis ini diantaranya yaitu di situs lib.gen, b-ok.cc, dan booksc.org. Namun, apabila Anda ingin mencari buku dari dalam negeri, maka Anda bisa menggunakan google books sebagai pilihannya, karena situs yang disebutkan sebelumnya hanya mempunyai koleksi buku internasional.

Nah, itulah dia beberapa cara mencari literature untuk skripsi yang berkualitas dan tentunya sangat mudah untuk Anda lakukan karena semua situs dapat diakses secara gratis. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara mencari Literature untuk Skripsi yang Berkualitas dengan Akses Gratis"