Rekomendasi Situs Penyedia Jurnal

Salah satu kesulitan mahasiswa tingkat akhir adalah terjadi saat menyusun tugas akhir, skripsi, tesis maupun suatu kegiatan yang mengarah pada bidang ilmiah. Dalam semua karya ilmiah yang dibuat selalu diwajibkan untuk mengutip jurnal baik itu jurnal nasional ataupun jurnal internasional sebagai referensi dan literature dalam karya ilmiah yang dibuat.



Salah satu kendala klasik adalah bingung mencari jurnal, bingung mencari jurnal di mana? bingung harus kemana? Kebanyakan hanya langsung mengetik apa yang menjadi judul karya ilmiah di google. Padahal hal tersebut malah membuat bingung untuk memilih dan mencari jurnal yang sesuai dengan ketentuan dan memiliki keabsahan yang diakui.

Maka dari itu berikut merupakan referensi tentang situs atau alamat web penyedia jurnal gartis maupun berbayar yang dapat membantumu dalam menyelesaikan tugas karya ilmiahmu

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)


Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau Perpusnas atau biasa disebut PNRI ternyata memberikan akses jurnal berbayar yang gratis baik nasional maupun internasional yang bisa diakses oleh seluruh warga negara Indonesia secara online. Jumlah jurnal yang dilanggan dan disediakan cukup banyak, dari mulai Proquest, Ebsco, SAGE dan masih banyak lainnya. Untuk bisa mengakses jurnal-jurnal tersebut kita harus mendaftarkan diri dulu menjadi anggota Perpusnas.

2. Portal Garuda Publikasi Indonesia Index (IPI)


Indonesian Publication Index – IPI merupakan layanan akses jurnal online gratis yang dirancang untuk pengindeksan, abstrak, pemantauan dan meningkatkan standar publikasi ilmiah di Indonesia. Saat ini, ada lebih dari 2500 jurnal Indonesia yang ada dalam database IPI.

3. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)


Jurnal Online LIPI ini disediakan secara cuma-cuma oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bagi para penerbit jurnal ilmiah (himpunan profesi, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, dan lain sebagainya).

4. Directory of Open Access Journals (DOAJ)


Directory of Open Access Journals adalah sebuah situs yang menyediakan fasilitas pencarian jurnal-jurnal ilmiah yang terpercaya dan bisa diakses secara gratis. Pada saat ini, Oktober 2015, DOAJ mengklaim mereka memiliki 10,589 jurnal dan 6,479 diantaranya bisa diakses melalui mesin pencari yang mereka sediakan. Dan juga terdapat lebih dari 2,097,351 artikel ilmiah yang ada di situs mereka.

5. Google Scholar


Google Scholar menyediakan ratusan ribu informasi tentang literatur pendidikan referensi ilmiah. Kita bisa mencari berbagai macam paper, tesis, jurnal, artikel, electronic books (ebook), dan literatur ilmiah lainnya dalam berbagai format publikasi hanya dengan memasukkan kata kunci di halaman Google Scholar.

6. Citeseer


Citeseer merupakan mesin pencari publik dan perpustakaan digital untuk jurnal karya ilmiah, paper dan akademik, terutama untuk bidang komputer dan ilmu pengetahuan.

7. PubMed Central


PubMed Central merupakan basis data karya ilmiah teks lengkap digital gratis khusus ilmu alam dan biomedis. PubMed Central dikembangkan oleh U.S. National Library of Medicine (NLM) sebagai arsip artikel jurnal biomedis di Internet.

8. Biomed Central


Biomed Central merupakan STM (Science, technology and Medicine) yaitu open access jurnal yang meliputi semua bidang biologi dan perobatan.

9. Economics


Economics E-journal merupakan jurnal akademik yang berisi tentang bidang ilmu ekonomi dan mengadopsi pendekatan secara open source untuk publikasinya.

10. IOSR Journals


International Organization of Scientific Research merupakan sebuah organisasi swasta yang independen. IOSR menyediakan dukungan dan layanan untuk para profesional pendidikan dan peneliti di seluruh dunia. IOSR merupkan jurnal akses terbuka berbasis luas.

11. First Monday


First Monday merupakan salah satu yang paling awal yang menerapkan jurnal akses terbuka (open access journals), peer-review jurnal di Internet. Sejak dimulai pada Mei 1996 hingga saat ini telah mengumpulkan 233 isu serta lebih dari 1.507 artikel yang berhasil diterbitkan.

12. Technology Innovation Management Review


TIM Review menyediakan konten wawasan jurnal tentang isu dan tren yang berkaitan dalam pertumbuhan bisnis teknologi. Isi dan ulasan berfokus pada teori-teori, strategi, dan alat-alat yang membantu perusahaan teknologi berkembang.

13. International Journal of U- and E- Service, Science and Technology


International Journal of U- and E- Service, Science and Technology menyediakan berbagai jurnal isu dengan topik-topik dasar yang mencakup bidang bisnis, pendidikan, pemerintahan, kesehatan, dan sejumlah topik lainnya.