Teknik Pengumpulan Data Penelitian Kuantitatif

Teknik Pengumpulan Data Penelitian Kuantitatif : Metode penelitian kuantitatif merupakan suatu cara yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian yang berkaitan dengan data berupa angka dan program statistik. Untuk dapat menjabarkan dengan baik tentang pendekatan dan jenis penelitian, populasi dan sampel, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, dan analisis data dalam suatu proposal dan/atau laporan penelitian diperlukan pemahaman yang baik tentang masing-masing konsep tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa jenis penelitian sampai dengan analisis data yang dituangkan dalam proposal dan laporan penelitian telah sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah yang dipersyaratkan. Pada artikel ini disajikan contoh-contoh riil pemaparan pendekatan dan jenis penelitian sampai dengan analisis data penelitian kuantitatif.



Pengumpulan data merupakan tahapan penelitian dimana peneliti melakukan kegiatan untuk menemui responden penelitian dan meminta mereka untuk mengisi angket penelitian (jika menggunakan angket sebagai instrumen penelitian); mengamati kegiatan (jika menggunakan pedoman pengamatan semacam daftar cek); mencatat angka-angka atau kata-kata yang berkaitan dengan topik penelitian (jika menggunakan pedoman dokumentasi); atau aktivitas lainnya yang relevan. Untuk itu pada subbab ini yang perlu dikemukakan adalah bagaimana cara yang akan dilakukan peneliti untuk mendapatkan data penelitian dan kapan kegiatan pengumpulan data dilakukan.

Oleh karena pada pengumpulan data penelitian dalam pendekatan kuantitatif berbeda dengan dalam pendekatan kualitatif, dimana dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif peneliti sebagai instrumen kunci (key instrument) penelitian artinya peneliti wajib hadir di kancah penelitian bertemu langsung dengan para informan penelitian, sedangkan dalam penelitian kuantitatif peneliti tidak wajib hadir dan bertemu langsung dengan responden penelitian (peneliti dapat menggunakan/memanfaatkan orang lain untuk mengumpulkan data); untuk itu pada bagian ini juga perlu dikemukakan pihak-pihak yang dilibatkan dalam kegiatan pengumpulan data penelitian, jika itu dilakukan.

Contoh pengumpulan data sebagimana ditulis Wahidmurni, (2003:101) sebagai berikut,

Untuk memperoleh data, langkah-langkah dan teknik yang digunakan adalah sebagai berikut: (1) untuk data faktor manajerial diperoleh dari pendapat manajer tentang tingkat kepercayaannya terhadap adanya hubungan antara perencanaan dengan kinerja usaha, dan tingkat kemampuan yang dimiliki yang dijaring melalui angket, (2) untuk data tingkat perencanaan diperoleh dari pendapat manajer tentang tingkat perencanaan yang telah dibuat oleh pihak manajemen perusahaan yang dijaring dengan menggunakan angket, (3) untuk data tentang tingkat ketidakpastian lingkungan juga diperoleh melalui persepsi manajer tentang ketidakpastian lingkungan yang dihadapi oleh perusahaannya, yang dijaring dengan menggunakan angket, dan (4) data tentang kinerja usaha juga diperoleh dari manajer dengan menggunakan angket. Dengan demikian semua data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket dan bersumber dari manajer perusahaan.

Dalam penelitian ini, peneliti terlibat sepenuhnya dalam pengumpulan data. Peneliti melibatkan sebanyak 6 orang dalam proses pengumpulan data, dan sebelum dilibatkan dalam proses pengumpulan data, orang- orang tersebut diberi penjelasan tentang isi dan maksud dari penyebaran angket. Seluruh orang yang terlibat dalam proses pengumpulan data sepenuhnya masih dalam pengawasan peneliti. Adapun waktu pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Nopember 2002.

0 Response to "Teknik Pengumpulan Data Penelitian Kuantitatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel