Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menentukan NIlai T tabel dan F Tabel Dengan Excel (Mudah dan Akurat)

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai Membaca dan Menggunakan Tabel Distribusi F dan Tabel Distribusi t. Tabel F dan Tabel T adalah tabel statistik yang nilai di dalamnya digunakan sebagai nilai pembanding dengan F Hitung dan T hitung dalam analisis-analisis varians. Selain melihat tabel yang sudah disediakan (Tabel t dan F bisa download disini) nilai tabel F atau T tabel juga dapat kita buat dengan mengguakan excel.



Mencari Nilai T tabel di excel

Untuk memperoleh nilai t-tabel di Excel tentunya sudah harus paham bahwa yang diperlukan untuk memperoleh nilai t-tabel secara manual adalah nilai probabilitas yang ditentukan oleh peneliti/pengguna dan nilai derajat kebebasan (dk). Dalam pengujian hipotesis untuk model regresi, derajat bebas ditentukan dengan rumus n – k.

Dimana
n = banyak observasi sedangkan
k = banyaknya variabel (bebas dan terikat). (Catatan: untuk pengujian lain misalnya uji hipotesis rata-rata dllnya rumus ini bisa berbeda). 

Pada Microsoft Excel, formula yang digunakan berbentuk sebagai berikut:
=TINV(probability;deg_freedom)
probability yang dipakai biasanya 0,05. deg_freedom merupakan drajat kebebasan

Contoh, kita akan mencari nilai t tabel dengan probability 0,05 dan drajat kebebasan 150


maka hasil nilai t tabel yang didapat untuk nilai probability 5% dan DK 150 adalah 1,975



Mencari Nilai F tabel di excel

Hampir sama dengan mencari nilai t-tabel, untuk nilai f-tabel yang diperlukan adalah probabilitas serta nilai derajat kebebasan (DF) dari penyebut dan pembilang.
Bagaimana menentukan df1 (N1) dan df2 (N2) tersebut ?

Rumusnya:

df1 = k -1
df2 = n – k

dimana k adalah jumlah variabel (bebas + terikat) dan n adalah jumlah observasi/sampel pembentuk regresi. Misalnya kita punya persamaan regresi dengan dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Jumlah sampel pembentuk regresi tersebut sebanyak 37. Maka df1= k-1 = 3 – 1 = 2 sedangkan df2 = n – k = 37 – 3 = 34

Pada Microsoft Excel, formula yang digunakan berbentuk sebagai berikut:
=FINV (deg_freedom1; deg_freedom2)


maka hasil nilai F tabel yang didapat untuk nilai probability 5% dan DF1=2 dan DF2 = 34 adalah 3,275




Note : Perhatikan pada formula =FINV(0,01;6;21) serta kode yang serupa sebelumnya, tanda koma (,) yang digunakan harus di sesuaikan dengan format yang digunakan pada komputer sobat, ada pula komputer yang menggunakan titik (.) sebagai koma, misal 0,5 ditulis 0.5 (format internasional).

Selain itu perhatikan pula titik koma (;) yang digunakan sebagai pemisah antara probability dengan deg_freedom. Ada pula komputer yang menggunakan koma (,) sebagai pemisah. Intinya perhatikan tanda yang digunakan pada komputer yang sobat gunakan.

Semoga bermanfaat