Contoh Proposal Penelitian yang Baik dan Benar

Contoh Proposal Penelitian - Proposal Penelitian merupakan pengajuan rancangan dan rencana penelitian secara detail meliputi alasan meneliti atau latar belakang permasalahan, teori penunjang variabel penelitian dan penggunaan metode penelitian yang digunakan. Proposal penelitian ini diajukan dalam rangka proses penyusunan skripsi, tesis atau disertasi oleh mahasiswa atau diajukan oleh dosen atau peneliti kepada pihak ketiga untuk melakukan penelitian. Proposal penelitian harus bersifat ilmiah dan objektif sehingga rencana dan pelaksanaan dapat dipertanggung jawabkan.

Rancangan penelitian yang dituangkan dalam proposal penelitian merupakan tahapan yang harus dilakukan sebelum melakukan penelitian di setiap rumpun ilmu. Dimulai dari rumpun ilmu pendidikan, sosial, Bisnis, manajemen, akuntansi, Bahasa, teknik, alam hingga kesehatan dan lain sebagainya. Secara umum terdapat 3 metode penelitian yaitu Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Methode. Untuk lebih jelasnya mengenai metode penelitian ini, dapat pada artikel dibawah ini



Meskipun secara umum masing-masing proposal penelitian hamper sama, namun ada beberapa pebedaan dalam penyusunan proposal penelitian dari masing-masing metode berikut. Berikut ini adalah bahasan singkat mengenai contoh proposal penelitian yang baik dan benar. Mulai dari contoh proposal penelitian kualitatif dan contoh proposal penelitian kuantitatif.

Proposal penelitian untuk menyusun Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan disertasi terdiri  atas komponen yang sama sesuai dengan jenis penelitian yang dikembangkan. Letak perbedaan antara keduanya ialah pada kadar kedalamannya. Sejauh mana makna kedalamannya, diserahkan sepenuhnya kepada pembimbing. Berikut dijelaskan sistematika secara umum penyusunan proposal penelitian Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Secara umum, komponen proposal penelitian untuk menyusun Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi seperti dijabarkan di bawah ini. Sistematika penulisan proposal ini merupakan sistematika yang umumnya setiapperguruan tinggi sama namun sistematika ini disajikan berbeda sesuai pedoman penulisan masing-masing kampus.

Susunan atau Sistematika Proposal Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Komponen Skripsi atau Tugas Akhir adalah seperti berikut ini.
Sampul
Halaman Judul
Lembar Persetujuan Pembimbing
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran

A. Latar Belakang Masalah Penelitian
B. Identifikasi Masalah Penelitian
C. Pembatasan Masalah
D. Rumusan Masalah Penelitian
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Hasil Penelitian
G. Kajian Teori
H. Metode Penelitian
  1. Rancangan Penelitian
  2. Subjek Penelitian/Populasi dan Sampel
  3. Variabel dan Definisi Operasional Variabel Penelitian
  4. Metode dan Instrumen Pengumpulan Data
  5. Metode dan Teknik Analisis Data
I. Jadwal Waktu Penelitian
J. Daftar Rujukan
K. Lampiran

Penjelasan Komponen atau Bagian Proposal Penelitian

Sampul

Sampul yang dimaksud di sini ialah sampul depan (kulit depan). Pada sampul depan ini, terdapat tulisan (a) judul, (b) lambang Perguruan Tinggi, (c) nama mahasiswa, (d) Nomor Induk Mahasiswa (NIM), (e) nama program studi/jurusan, fakultas dan lembaga, dan (e) bulan dan tahun diajukannya  proposal. Rumusan judul penelitian harus singkat dan spesifik, jelas menggambarkan  penelitian yang akan dilakukan. Meskipun judul penelitian tercantum paling depan dari setiap laporan penelitian, tidak berarti penelitian dilakukan dengan berangkat dari judul, tetapi penelitian dilakukan berangkat dari permasalahan. Perumusan judul penelitian bertitik tolak dari masalah yang diamati atau dipikirkan oleh peneliti.

Halaman Judul

Halaman judul ini merupakan halaman pertama setelah sampul. Halaman ini diberi nomor urut dengan huruf romawi kecil (i). Tulisan yang ada pada halaman ini tidak sama dengan tulisan yang ada pada sampul.

Lembaran Persetujuan Pembimbing 

Lembar ini merupakan lembar utama bagian administratif. Pada lembar ini, terdapat ruang untuk nama dan tanda tangan para pembimbing.

Daftar Isi 

Seseorang yang ingin melihat isi sebuah karangan ilmiah (termasuk Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi) pertama-tama akan membaca halaman daftar isi karena dengan membaca daftar isi, pembaca dapat mengetahui isi karangan ilmiah secara keseluruhan. Halaman daftar isi meliputi halaman bagian awal (sampul, halaman judul, halaman persetujuan pembimbing, daftar isi), judul bab dan subbab yang tercantum dalam Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan menunjukkan halaman-halaman secara lengkap.

Daftar Tabel

Ada kalanya sebuah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi menggunakan tabel tabel yang tersebar di berbagai halaman. Untuk memudahkan pembacaan Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi, perlu sebuah daftar tabel yang pada hakikatnya berfungsi memperjelas proposal penelitian.

Daftar Gambar

Untuk memperjelas uraian, ada kalanya Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi dilengkapi dengan gambar-gambar yang tersebar di sejumlah halaman. Oleh karena itu, untuk mempermudah pembacaan Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi, perlu dibuatkan daftar gambar.

Daftar Lampiran

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi pada umumnya dilengkapi oleh sejumah lampiran. Seluruh lampiran itu perlu diinformasikan pada bagian awal melalui sebuah daftar.

Penjelasan lain masing-masing bagian dari proposal penelitian dijelaskan pada artikel di bawah ini:







0 Response to "Contoh Proposal Penelitian yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel