Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Menghadapi Sidang Skripsi

Sidang Skripsi “Bisa!!!”


Deg-degan karena akan sidang skripsi? Ya, perasaan ini wajar kita alami saat akan menghadapi sidang skripsi. Bukan hanya perasaan deg-degan, tetapi rasanya isi kepala akan pecah bukan? Teori-teori, rumus-rumus, juga pertanyaan apa yang akan dilontarkan oleh dosen penguji yang menyeramkan tampak terbayang dibenak kita. Akankah kita lulus di sidag skripsi? Bisakah kita menghadapi ujian ini? Bisakah menjawab semua pertanyaan yang diajukan? Dan beberapa pertanyaan lain yang cukup mencemaskan.
namun jangan khawatir, pasti sidang skripsi bisa kita hadapi! Bukankah kita sudah melewati berbagai ujian sebelum ini? Presentasi, ujian semester, ujian masuk perguruan tinggi, bahkan ujian nasional? bukankah itu tidak mudah? Ya, kita pasti bisa menghadapi ujian sidang skripsi!
Kita Pasti Bisa Sidang Skripsi!


Ya, kita pasti bisa menghadapi sidang skripsi. Apalagi jika kita mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Kenapa? Karena sidang skripsi itu ibarat pertanggung jawaban dari apa yang telah kita tulis dan kita teliti hingga kita jadikan sebagai skripsi. Selebihnya ini adalah ujian mental. Ya, mental kita akan diuji dengan cecaran beberapa pertanyaan yang mungkin diluar dugaan kita sebelumnya. Wajah yang tampak  datar dan seram bahkan diringi dengan nada menekan cukup membuat kita seperti uji nyali di depan para penguji.

Tetapi kita tidak perlu khawatir, bukankah kita sudah melalui detik-detik waktu yang penuh perjuangan dan pengorbanan hingga bisa sampai ke waktu sekarang ini? Hai, diluar sana banyak yang memimpikan untukbisa berada di posisi kita. Ya, hanya tinggal satu langkah lagi untuk meraih gelar sarjana. Kita pasti bisa!

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu kita tahu dan perhatikan untuk menghadapi sidang skripsi:

Mental

Yang pertama kali mesti kita siapkan untuk menghadapi sidang skripsi adalah mental. Ya, sidang skripsi bisa kita lalui dengan mudah jika berbekal mental yang kuat dan optimis. Tanamkan pikiran positif bahwa sidang itu menyenangkan. Kita bisa menceritakan isi dari skripsi kita, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan benar dan yakin. Kapan lagi kita bisa presentasi yang paling bersejarah sebelum meraih gelar sarjana?
Ya, optimis ini sangat diperlukan sebagai langkah awal kita untuk tampil berani dan percaya diri saat menghadapi sidang skripsi. Kita harus terus berupaya untuk mempertebal mental dan menguatkannya. Jika perlu, kita bisa melakukan hypnosis positif dengan cara menghirup nafas dalam-dalam lalu hembuskan dengan perlahan. Tanamkan bahwa kita pasti bisa menghadapi sidang skripsi!

Isi skripsi

Nah, yang tak kalah penting harus kita perhatikan adalah tentang isi skripsi itu sendiri.kita harus membuatnya dengan sungguh-sungguh dan yakin bahwa kita akan mampu menguasai apa yang akan dipresentasikan di sidang skripsi. Sehingga, kita kan lebih cermat dalam membuat skripsi, tentu menuliskan atau melakukan penelitian yang kita kan mampu mempertanggung jawabkannya. Terlebih jika kita sudah bisa memecahkan permasalahan dari penelitian yang kita hadapi.
pastikan kita menguasai point-point penting dari isi skripsi yang kita buat, terutama judul skripsi. Karena biasanya, pertanyaan yang akan dilontarkan tidak jauh dari judul skripsi yang kita buat dan isi dari bahan skripsi kita. selebihnya, biasanya pertanyaan-pertanyaan diluar skripsi.

Materi kuliah

Jangan lupakan juga materi kuliah yang sudah kita dapat. Ini akan cukup membantu saat kita membuat skripsi dan juga saat menghadapi sidang skripsi. Terkadang, penguji tidak hanya fokus pada isi skripsi kita, tetapi menguji materi kuliah yang seharusnya mampu kita kuasai. Tidak perlu dibuat stres, kita cukup merebiew inti dari materi-materi kuliah yang sudah kita pelajari, terutama materi kuliah yang pokok.

Tips Agar Rileks Saat Sidang Skripsi

Tidak dapat dipungkiri, bahwa suasana sebelum kita sidang skripsi adalah saat-saat yag tegang. Lulus tidak ya? Bisa jawab tidak ya? Penampilan sudah ok beum ya? Dan hal-hal lain yang berkecamuk lainnya dalam pikiran kita. Tetapi tahukah kita, bahwa yang kita perlukan untuk menghadapi sidang skripsi adalah ketenangan? Ya, ketenangan atau rileks akan membuat pikiran, hati, juga tubuh kita bisa melakukan dan merespon sesuatu dengan baik. Sehingga feed back yag diharapkan pun bisa optimal, seperti menjawab pertanyaan-pertanyaan.
Berikut ini adalah beberapa tips agar rileks saat menghadapi sidang skripsi:

Pelajari skripsi

Ya, mempelajari skripsi akan membuat kita merasa rileks, bahwa kita sudah memiliki bekal yang cukup untuk presentasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh dosen penguji saat sidang skripsi. Kita bisa mempelajari skripsi dari mulai mengingat judul, rumusan masalah, teori, data, pembahasan, hingga kesimpulan dan saran. Atau, jika kita membuat suatu program, produk, atau praktik, jangan lupa untuk mengulasnya juga agar lebih ingat dan paham.

Datang lebih awal

Nah, kita perlu datang lebih awal dari sidang skripsi yang dijadwalkan. Hal ini akan membuat saraf otak dan tubuh kita tidak terlalu tegang memikirkan keterlambatan dan sidang skripsi yang cukup membuat kita dag-dig-dug-der.
Sebaiknya, saat kita sudah datang, tidak perlu terlalu fokus lagi memnpelajari atau menghafal skripsi, tetapi lebih menyegarkan pikiran. Kita bisa menarik napas dalam-dalam lalu menghembuskannya lagi dengan perlahan dna terus elakukannya berulang-ulang. Ini akan bisa membuat peredaran oksigen darah menjadi rileks dan lancar. Kita juga bisa mendengarkan suara-suara yang menenangkan.

Refresh otak

Ya, kita perlu merefresh otak sebelum sidang skripsi. Kita bisa merefresh otak kita dengan pergi berlibur beberapa hari sebelum ujian, tanpa mengabaikan mempelajari atau menghafal skripsi. Atau berolahraga ringan dan meyegarkan seperti berenang. Refresh otak ringan beberapa saat sebelum sidang dengan menghirup udara segar, melihat yang segar-segar, atau menyeruput yang segar-segar maupun yang hangat juga bisa membuat kita lebih rilekes dalam menghadapi sidang. Karena, saat otak kita merasa rileks, pikiran kita pun akan tetap dan fokus.

Berdoa

Nah, cara yang satu ini membuat kita yakin bahwa sidang skripsi bisa kita hadapi. Ya, takdir dan campur tangan tuhan memang tidak lepas begitu saja dalam setiap hal, termasuk urusan sidang skripsi. Berdoa bukan hanya kegiatan yang bersifat seremonial, tetapi juga kebutuhan bagi kebanyakan dari kita. Ada kenyamanan saat kita memulai sesuatu dengan berdoa, termasuk saat menghadapi sidang skripsi.

Percaya diri

Sudahkah kita percaya diri saat akan menghadapi sidang skripsi? Ini wajib! Bagaimana mungki para penguji akan yakin dengan penampilan dan presentasi kita, jika kita sendiri tidak percaya diri. Tentu, jika kita tidak percaya diri kita akan tampil dengan gugup, sehingga membuat kita merasa down dan tampil tidak maksimal saat sidang.
Percaya diri ini bisa kita asah dengan seringnya latihan. Kita bisa membuat simulasi presentasi dengan beberapa kawan, atau bahkan di depan kaca. Untuk mengoreksi dan memastikan bahwa kita sudah mantap untuk menghadapi sidang skripsi ini.

Mental baja

Ya, yang tidak boleh dikesampingkan dalam menghadapi sidang skripsi adalah kita harus memiliki mental baja. Ya, mental baja bisa menjadikan kita lebih berani dalam menghadapi setiap tekanan dan kondisi sulit. Saat dosen penguji memberi tekanan nada atau pertanyaan yang cukup sulit dan tak terbayangkan, atau bahkan membantah jawaban yang kita lontarkan. Hadapi, fokus, dan berusaha semaksimal mungkin yang kita bisa!

Tips Agar Tidak Gagap Waktu Sidang Skripsi

Takut merasa gagap saat sidang sjripsi? Ketakutan ini memang wajar kia miliki saat akan menghadapi sidang skripsi, atau bahkan di kesempatan presentasi lainnya. Mengapa takut gagap? Karena kita akan berhadapan dengan dosen-dosen penguji yang akan menguji setiap materi juga mental kita. Inilah yng seringkali emmbuat kita minder atau gagap saat presentasi. Takut salah, takut tekanan, dan hal-hal yang membuat kita down.

Namun, kita bisa mengantisipasi ketakutan kita tampil gagap saat sidang skripsi.  Ya, dalam diri kita memiliki banyak potensi dan kekuatan yang bisa membuat kita tampil lebih baik saat sidang skripsi tanpa gagap!

Berikut ini adalah tips agar tidak gagap sewaktu sidang skripsi:

Tetap rileks

Kita harus memastikan tetap rileks saat menghadapi sidang skripsi. Pikiran dan tubuh yang tetap rileks akan membuat kita merasa nyaman saat mempresentasikan sidang skripsi kita di depan para dosen penguji. Sunggingkan senyum dan buat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman saat menyampaikan bahan presentasi.

Komunikasi

Komunikasi menjadi sorotan terpenting saat kita sidang skripsi. Komunikasi akan sangat diperhatikan. Dan sebaik-baik komunikasi, adalah komunikasi yang eefktif. Bisa mnyampaikan apa yang perlu kita sampaikan, yang dibutuhkan, dan sangat bagus jika sesuai dengan harapan lawan bicara kita: dosen penguji.
Komunikasi ini dimulai dari bahasa yang baik, santun, ramah, dan renyah saat menyampaikan bahan presentasi. Penjabaran yang lugas dan tegas. Kita juga bisa membawakan presentasi dengan gaya non verbal, seperti menggunakan bahasa tubuh untuk meyakinkan audiens kita mengerti dan menikmati presentasi yang kita bawakan.

Percaya diri

Semua kekuatan saat kita menghadapi sidang skripsi bisa dikarenakan kepercayaan diri yang kita punya. Maka, terus memupuk kepercayaan diri  dengan pikiran positif, do’a, dan latihan-latihan yang bisa membuat kita percaya diri perlu kita lakukan untuk bisa melakukan usaha yang semaksimal mungkin.

Kuasai materi

Dengan menguasai materi, maka sidang skripsi bisa kita hadapi dengan tenang. Terus mempelajari dan menghafal beberapa point penting adalah hal terbaik yang bisa kita lakuakan. Sehingga, kita akan lebih percaya diri dan menjawab setiap pertanyaan dan tekanan dengan baik dan tenang.
Tentu menguasai materi ini tidak bisa jika hanya dengan sekebut semalam. Mempelajari dan mengatur strategi yang jitu sejak pembuatan skripsi juga sangat membantu agar kita tidak tampil gagap saat sidang skripsi. 

Sidang Skripsi Pasti Berlalu

Sidang skripsi bukan aktivitas harian kita seperti makan, minum, atau tertidur. Ya, sidang skripsi akan berlalu. Kita akan bisa lepas dari hal yang cukup membuat kita pusing dan dag-dig-dug ini. Jangan biarkan sidang skripsi ini membuat kita stres atau malah down terlalu lama. Pasti masalah sidang skripsi ini akan berlalu dengan usaha semaksimal mungkin sejak kita membuatnya. Yakinlah bahwa kita bisa melewatinya dengan baik.
Sebelum berlalu, jangan biarkan momen ini berlalu tanpa juang dan pengorbanan yang berlebih. Akan sangat menyenangkan bukan jika kita bisa berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat kelulusan sidang?

Tips Tetap Fit Menghadapi Sidang Skripsi

Sidang skripsi bisa terhambat oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kesehatan. Jika kita tidak menjaga agar tubuh kita tetap fit dalam menghadapi sidang skripsi, tentu tubuh kita akan mengalami drop. Bukan kasus baru bahwa banyak yang kehilangan berat badan dan terkena penyakit saat menjalani skripsi. Namun, kita juga perlu ingat, ada juga yang tetap sehat bugar hingga sidang skripsi selesai karena mereka menjaga kesehatan tubuh.

Untuk itu, kita perlu menjaga kesehatan tubuh agar bisa optimal dalam menghadapi sidang skripsi. Adapun tips agar kita tetap fit dalam menghadapi sidang skripsi adalah sebagai berikut:

Jangan sepelekan makan & minum bergizi

Betul, saat sidang skripsi, kebanyakan dari kita tidak memiliki nafsu untuk makan. Namun, jangan sepelekan untuk makan dan minum yang bergizi. Asupan makanan sangat penting untuk membuat tubuh tetap sehat. Apalagi, saat membuat sidang skripsi dan akan menghadapi sidang skripsi. Kita memerlukan asupan gizi yang lebih dari biasanya.

Kita bisa memakan makanan 4 sehat 5 sempurna, yang kaya akan vitamin, mineral, protein juga mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh yang diperlukan tubuh. Kita juga mesti menjadwalkan makan yang teratur. Usahakan untuk tidak meninggalkan sarapan, juga tidak telat makan siang ataupun makan sore. Siapkan juga bebrapa camilan sehat untuk tak membiarkan perut kita kosong.
Camilan sehat yang bisa kita konsumsi adalah seperti sop buah, jus, cake buah, dan lain-lain. Susu dan rutin minum air putih juga jangan dilupakan. Air putih sangat diperlukan oleh tubuh. Jika perlu, kita juga bisa mengkonsumsi suplemen makanan ataupun multivitamin. Tetapi bukan untuk dikonsumsi setiap hari, hanya jika diperlukan atau saat kita kehilangan selera makan karena kesibukan dan lain hal.

Istirahat cukup

Kita sangat memerlukan istirahat yang cukup untuk menghadapi sidang skripsi. Betul kita harus melakukan yang semaksimal mungkin untuk menyiapkan sidang skripsi, namun tubuh kita juga memerlukan istirahat agar tubuh kita tetap fit. Dengan badan yang cukup istirahat, tubuh bisa tetap bugar dan siap menjalani aktivitas apapun.

Kita bisa mengatur jadwal istirahat siang, dan tidur pada jam yang tidak terlalu larut di malam hari. Istirahat juga bisa dilakukan dengan merilekskan badan dengan cara berlibur atau berjalan-jalan ringan dengan menghirup udara segar. Membiarkan otak kita tidak terlalu berkutat dengan skripsi. Istirahat juga bisa dilakukan dengan beberapa hal yang santai dan menyenangkan yang kita sukai.

Olahraga

Olahraga juga menjadi tips agar tubuh tetap fit sebelum sidang skripsi. Olhraga membuat tubuh kita bisa lebih gesit dan lincah bergerak. Kita bisa melakukan olahraga ringan ataupun olahraga yang kita sukai, seperti berjalan santai, jogging, senam, berenang, bersepeda, footsal, basket, badminton, tenis meja, ataupun jenis olahraga lainnya. Kita bisa mengatur jadwalnya dengan teratur untuk menjadwalkan olahraga disela-sela kesibukan kita menghadapi ujian sidang skripsi.
Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar kita bisa menghadapi ujian sidang skripsi dengan baik yang bisa kita coba praktikan. Teruslah semangat dan optimis bahwa kita pasti bisa melewatinya! Semoga sidang skripsi bisa berjalan lancar dan lulus. Semangat!

0 Response to "Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Menghadapi Sidang Skripsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel