--Advertisement--
Menentukan judul skripsi yang tepat dibutuhkan kreativitas. Karena kita tahu sendiri, mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi sangat banyak. Jika kita kurang kreatif, bisa jadi judul yang kita ajukan akan ditolak dosen pembimbing karena dianggap kurang menarik atau tidak memiliki kelebihan yang bisa ditonjolkan. 

Tidak sedikit mahasiswa yang harus pontang-panting menemui dosen pembimbing gara-gara judul yang diajukannya mendapat penolakan. Nyesek banget tahu, kalau judul yang sudah kita rumuskan dengan susah payah ditolak oleh dosen pembimbing. 

Sebenarnya ide judul skripsi tidak harus sesuatu yang baru banget. Kalau ada yang baru memang bagus. Tapi yang terpenting skripsi kita dapat bermanfaat, aplikatif dan tidak menjiplak karya orang lain.


Pertimbangkan beberapa tips berikut dalam menentukan judul skripsi:

Sesuaikan dengan minat
Sebelum kita mengerjakan skripsi sebaiknya tanyakan pada diri sendiri. Apa minat kita sesungguhnya yang paling disukai? Sebaiknya tidak memaksakan diri mencari judul skripsi yang paling menarik tapi tidak sesuai dengan minat kita. mencari judul skripsi sesuai dengan minat kita akan memudahkan kita dalam menemuakan ide-ide yang lebih unik. Selain itu, kita akan enjoy dalam menggarap skripsi jika ide pokoknya sesuai dengan minat kita.

Paling dikuasai
Selain memilih judul skripsi sesuai dengan passion, penting kiranya untuk kita mempertimbangkan materinya, apakah kita menguasainya atau tidak? Karena jika kita tidak menguasai bisa jadi akan menghambat dalam pengerjaannnya nanti. Memilih judul yang dikuasai bisa membantu kita nantinya dalam sidang ujian skripsi. Kita dapat memberikan argumen secara rasional dan ilmiah dalam mempertahankan karya tulis ilmiah tersebut.

Mudah dan cepat dikerjakan
Pilihlah judul skripsi yang paling mudah. Mudah dalam mengadakan penelitian dan mencari datanya. Mencari data dan mengadakan penelitian bukan perkara gampang. Terkadang kita tidak punya banyak waktu untuk menyelesaikan tugas akhir ini. Maka, penting untuk memulai segala sesuatunya dengan yang mudah sejak awal agar bisa lebih cepat selesai.

Membaca referensi
Menemukan ide yang tepat untuk judul skripsi bisa dengan membaca berbagai referensi seperti skripsi terdahulu atau jurnal penelitian.
Kita tidak perlu membaca skripsi terdahulu secara menyeluruh. Abstrak, latar belakang dan rumusan masalah sebagai garis besar penelitian sudah cukup untuk kita pahami. Tapi ingat jangan plagiat, hal tersebut hanya untuk mencari insfirasi yang kemudian dimodifikasi dengan permasalahan yang belum pernah diteliti.
Selain itu, membaca jurnal bisa menjadi senjata ampuh dalam menemukan ide untuk judul skripsi. Kita bisa memeperoleh jurnal dari perpustakaan kampus atau internet. Tidak hanya sekedar dibaca saja, kita mesti menggali dalam-dalam informasi dari jurnal tersebut. Dengan demikian biasanya kita akan menemukan celah untuk judul skripsi kita.

Spesifik
Memfokuskan sudut penelitian secara lebih spesifik merupakan cara jitu dalam menghasilkan judul skripsi yang berbeda dari mahasiswa lain. Pastikan juga kita menyusun latar belakang yang kuat untuk judul tersebut. Kekhususan ini bisa membuat skripsi kita menarik dan memiliki kelebihan yang menonjol dari skripsi mahasiswa lainnya yang seangkatan.

Pertimbangkan ketersediaan referensi
Dalam menentukan judul skripsi yang akan ditulis sebaiknya mempertimbangkan ketersedian referensi. Literatur yang banyak tersedia dan mudah dapat membantu kelancaran kita dalam mengerjakan skripsi. Sebaliknya, jika literatur yang tersedia sangat minim bisa menghambat usaha kita dalam menyelesaikan skripsi sesuai target.

Browsing di internet
Internet bisa menjadi media yang paling ampuh dalam menggali sumber informasi untuk judul skripsi kita. Kita bisa membuka situs-situs penyedia skripsi yang terpercaya tapi ingat bukan untuk menjiplak ya! Atau kita bisa mencari di file hosting dengan keyword yang kita inginkan.

Post a Comment

 
Top