--Advertisement--
Penelitian yang baik akan menghasilkan manfaat yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Oleh karena itu setiap peneliti baik itu pemula seperti mahasiswa atau dosen harus terus berupaya untuk melakukan penelitian dengan baik. Seorang ahli penelitian Prof. Dr. Suhardjono menyebutkan bahwa syarat penelitian yang harus memenuhi 4 syarat yang diberi istilah APIK (Asli, Penting, Ilmiah dan Konsisten)

 

ASLI

Penelitian harus dibuat enar-benar asli bukan jiplakan atau dari mengganti-ganti penelitian orang lain aagar terlihat seperti penelitian sendiri. Harus ada pembeda antara penelitian yang kita teliti dengan penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain.

PENTING

Dalam hal ini hasil penelitian harus bermanfaat bagi masyarakat atau organisasi dan juga dipandang penting bagi mutu pendidikan, khususnya bagi tugas yang sedang dilaksanakan.

ILMIAH

Penelitian harus menggunakan proses yang benar sesuai penelitian dengan mengikuti sistematika penelitian yang lazim berlaku. Suatu penelitian tindakan dikatakan ilmiah apabila terdiri dari

Pendahuluan

Latar belakang masalah, ada bukti berupa fakta empirik yang dialami oleh peneliti sendiri atau pengamatan orang lan, terdapat tujuan yang dirumuskan dengan jelas apa target yang ingin dicapai melalui tidakan itu. tujuan penelitian tindakan adalah ingin mengetahui dampak dari tindakan terhadap masalah yang akan diatasi.


Contoh
Tujuan penelitian tindakan
  1. Ingin mengetahui kelancaran diskusi kelompok dalam bermain kartu kata yang dibuat sendiri oleh siswa
  2. Ingin mengetahui kesungguhan siswa dalam belajar menyusun kalimat dengan menggunakan kartu kata
  3. Ingin mengetahui kemampuan siswa dalam menyusun kalimat dengan menggunakan kartu kata

Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang jelas menunjukan pertanyaan sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu
  1. Apakah dengan diskusi menggunakan kartu kata yang dibuat sendiri oleh siswa dapat mendorong kelancaran siswa belajar menyususn kalimat?
  2. Apakah siswa bersungguh-sungguh dalam menyususn kalimat apabila menggunakan kartu kata dengan diskusi?
  3. Apakah siswa memiliki kemampuan menyusun kalimat dengan benar apabila belajar dengan metode diskusi dengan menggunakan kartu kata?

Kajian Pustaka

Kajian pustaka yaitu bagian yang berisi teori-teori yang mendukungnya. Ini merupakan bagian yang sangat penting dalam dalam sebuah karya ilmiah. Penelitian adalah upaya untuk mengkaji gejala untuk membuahkan hasil yang dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan. Oleh karena itu peneliti harus berpijak pada ilmu yang akan diperkaya, semakin banyak teori yang relavan digunakan semakin bagus penelitian yang dilakukan

KONSISTEN

Dalam hal ini penelitian harus konsisten dalam artian bahwa penelitian harus ada keruntutan antara bagian satu dengan bagian yang lain dari mulai pendahuluan sampai dengan pembuatan kesimpulan dan saran. Kesimpulan dalam penelitian adalah jawaban dari rumusan masalahdan memenuhi harapan yang tertea di dalam tujuan penelitian.



Referensi sumber bacaan: tulisan ini bersumber dari buku Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik karya Prof. Dr. Suharsimi Arikunto

Post a Comment

 
Top