--Advertisement--
Internet merupakan media yang sangat berperan dalam menunjang berbagai aktivitas kita. Tidak terkecuali dalam menemukan judul skripsi yang tepat. Untuk memudahkan kita, maka tidak ada salahnya jika kita mencari judul skripsi melalui internet.

Faktanya memang skripsi merupakan data yang banyak dicari oleh mahasiswa tingkat akhir. Tapi yang perlu diingat bahwa memanfatkan internet bukan berarti kita menggunakan jasa pihak lain untuk mengerjakan skripsi kita. Internet hanya sebagai alat untuk mencari segala kebutuhan yang terkait dengan skripsi kita yang sedang digarap.



Cara-cara berikut sangat epektif dalam menemukan judul skripsi di internet :

Mencari ide judul skripsi pada situs penyedia skripsi

Jika kita tidak punya banyak waktu untuk membaca skripsi terdahulu di perpustakaan, membaca skripsi dari situs penyedia skripsi secara online dapat menjadi alternatif. Cara ini paling mudah untuk kita lakukan. Kita hanya perlu membuka mesin pencari google kemudian ketikan kata kunci skripsi atau yang lebih spesifik, maka halam pencarian google akan menampilkan situs-situs penyedia skripsi.

Namun, tidak semua situs terebut menawarkan fasilitas secara gratis. Ada beberapa situs penyedia skripsi yang mengharuskan kita untuk menjadi member agar dapat mendownload skripsi yang tersedia. Para pengunjung diwajibkan membayar sejumlah harga pendaftaran member atau membeli skripsi koleksinya. 

Untuk menghemat biaya, sebaiknya kita memilih situs penyedia skripsi yang gratisan. Yang terpenting kita bisa membaca gambaran umum skripsi tersebut sebagai bahan referensi mencari ide untuk judul skripsi kita. Jadi sebenarnya kita tidak perlu skripsi secara keseluruhan. 

Mencari ide judul skripsi pada file hosting

Cara ini juga dapat kita gunakan untuk mencari judul skripsi yang tepat. File hosting merupakan situs penyedia layanan penyimpanan file secara gratis. Ada ribuan bahkan jutaan file yang tersimpan pada file hosting ini. Tidak hanya dokumen, ada juga video, musik, gambar, berbagai program dan lain-lain. Diantara file hosting yang paling populer adalah ziddu, 4shared, indowebster, rapidshared, mediafire dan sebagainya.

Caranya sangat mudah, kita tinggal masuk pada situs file hosting tersebut kemudian ketikan skripsi yang ingin kita cari pada box pencarian, maka hasilnya akan ditampilkan dan bisa kita langsung download secara cuma-cuma. 

Setelah didownlaod, kita baca agar familiar dengan rumusan masalah serta garis besar penelitiannya. Sekali lagi saya tegaskan bukan untuk dijiplak tapi cukup dijadikan inspirasi yang kemudian kita modifikasi dengan fenomena yang belum pernah diteliti.

Mencari ide judul skripsi pada situs berita online

Tidak hanya situs penyedia skripsi dan file hosting yang bisa kita jadikan cikal bakal ide skripsi, sekarang kita juga bisa memanfaatkan situs berita online terpercaya dan juga majalah-majalah ilmiah online. Dari situ kita akan mengetahui berbagai informasi terbaru yang akan membuat ide-ide kreatif kita makin terangsang untuk memunculkan judul-judul penelitian yang menarik sesuai minat dan kapasitas kita.

Berbagai fenomena yang diangkat dalam berbagai situs berita online atau majalah-majalah ilmiah online bisa dijadikan rumusan masalah untuk skripsi. Biasanya semakin banyak informasi yang kita serap maka akan semakin tajam daya nalar dan analisa kita. Sehingga akan memudahkan kita dalam menentukan judul skripsi yang akan dikerjakan.

Mencari ide judul skripsi pada situs khusus

Beberapa situs khusus yang dapat saya rekomendasikan diantaranya Google scholar/Google Cedekia, Academia, Microsotf Academic, researchGate dan Indonesian Publication Index (IPI). Situs-situs tersebut dapat membantu kita dalam mendapatkan referensi terbaru dan mudah untuk menentukan judul skripsi. Sehingga nantinya judul kripsi yang dihasilkan berkualitas dan tidak ketinggalan zaman karena terpaku pada referensi-referensi yang usang.

Post a Comment

 
Top