6 Penyebab Mahasiswa Telat Lulus Kuliah dan Cara Mengatasinya

Pastinya para mahasiswa tau bahwa dengan menyelesaikan perkuliahan tidak semudah yang dipirkan oleh banyak orang. Banyak sekali mahasiswa yang juga telat lulus. Tentunya, begitu banyak penyebab mahasiswa telat lulus. Keterlambatan lulus bukan hanya harus mengeluarkan uang lebih, namun masih banyak juga yang harus anda pikirkan. Idealnya, seseorang mahasiswa untuk lulus sarjana itu hanya membutuhkan waktu 4 tahun atau 8 semester. Namun, tidak jarang banyak yang telat dalam kelulusan sesuai pada waktunya.

Ternyata banyak sekali penyebab mahasiswa sehingga telat lulus. Sebenarnya, apa saja penyebab telat lulus kuliah? Yuk simak ulasannya secara lengkap dibawah ini!

1. Nilai yang kurang memuaskan

Tahukah kamu, bahwa pada perkuliahan nilai menjadi salah satu hal yang paling penting! Setidaknya, untuk mata kuliah harus memiliki nilai yang baik. Sangat disarankan, untuk kamu bisa berusaha lebih baik untuk belajar sehingga mendapatkan nilai yang baik.

Sebaiknya, usahakan nilai dalam perkuliahan yaitu minimal B. Sebenernya, boleh saja memiliki nilai C namun jangan berlebihan. Karena, ada beberapa kampus yang memiliki ketentuan tersendiri dalam mengolah nilai mahasiswa. Jika nilai kamu kurang memuaskan, maka belajarlah dengan giat lagi. Jangan ragu untuk mengulang mata kuliah yang memang belum lulus. Usahakan juga untuk sesegera mungkin bisa mengulang. Dan saat mengulang, nilai mata kuliah tersebut harus bagus. Jangan sampai tidak!

2. Rasa Malas yang Berlebihan

Apakah sampai saat ini kamu masih memiliki rasa malas berlebih? Sudah saatnya pada semester tua ini kamu menghilangkannya. Karena, rasa malas tersebut hanya akan membuat kamu tidak ingin lulus Mungkin, kamu saat ini bergaul dengan teman yang memang tidak memiliki beban perkuliahan. Kamu mengikuti rasa malas tersebut dan justru berakibat fatal. Hilangkan rasa malas tersebut secara perlahan-lahan.

Seperti, mulailah dengan gaya hidup yang lebih baik. Mulai kurangi kegiatan yang tidak penting seperti nongkrong, bermain game, dan yang lainnya. Kemudian, kamu harus terbiasa dengan hal yang bisa membuat kamu bersemangat menjalani perkuliahan!

3. Terlalu Fokus Pada Kerja Sampingan

Banyak sekali dari mahasiswa yang ingin bekerja secara part time. Namun, mereka belum bisa me-manage waktunya dengan baik. Dan hasilnya, justru akan menggangu perkuliahan. Jadi waktu yang seharusnya digunakan untuk kuliah menajdi sia-sia karena hanya fokus pada pekerjaan. Untuk itu, alangkah baiknya kamu bisa mulai mengurangi fokus pada pekerjaan tersebut. Sisakan waktu yang lebih banyak untuk perkuliahan kamu. Karena, hal ini jauh lebih penting untuk masa depan kamu.

Terutama, untuk kamu yang masih memintauang perkuliahan kepada orang tua. Apakah kamu tidak malu jika  harus selalu meminta? Lebih baik, selesaikan perkuliahan terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa bekerja untuk membahagiakan kedua orang tua.

4. Kurang Melakukan Bimbingan

Penyebab telat lulus kuliah selanjutnya adalah karena kurangnya melakukan bimbingan. Ternyata, bimbingan dalam perkuliahan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan melakukan bimbingan, maka kamu bisa mendapatkan saran dan masukan.

Sayangnya, saat ini banyak mahasiswa yang menggangap sepele hal ini. Mereka justru tidak melakukan bimbingan. Para dosen dan wali kelas tentu sudah memperingatkan sebelumnya. Namun, mahasiswa seharusnya memiliki pemikiran yang lebih matang. Jadi, jika kamu ingin lulus tepat waktu. Jangan lupa untuk melakukan bimbingan secara rutin.  Dan jangan menunggu dosen atau wali kelas memberikan informasi kepada mahasiswanya.

Akan lebih baiknya jika kamu bisa menghubungi dosen tersebut telebih dahulu. Dijamin, hal ini akan sangat membantu kamu.

5. Kurangnya SKS Untuk Lulus

Setiap mahasiswa pastinya memiliki beban SKS tersendiri. Baik untuk diploma maupun sarjana, semuanya dituntut untuk bisa menyelesaikan beban SKS tersebut. Pada umumnya, sebagai mahasiswa S1 maka harus menyelesaikan beban SKS yang berjumlah 144 SKS.

Lalu, bagaimana jika SKS tersebut kurang? Sudah pastinya kamu tidak bisa lulus. Jadi, dalam waktu 8 semester kamu harus memanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar bisa memenuhi beban SKS. Jangan sampai kamu tidak memahami hal yang satu ini.

Tetapi, setiap kampus bisa saja memiliki ketentuan yang berbeda. Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu bisa membaca peraturan yang diberikan oleh kampus. Jika sudah, kamu harus rajin sehingga bisa menyelesaikan semua SKS tersebut dengan baik.

6. Tidak mudahnya mengerjakan skripsi

Hal ini sudah menjadi rahasia umum, bahwa untuk bisa lulus maka harus menyelesakan skrpsi. Sayangnya, tidak semua mahasiswa mampu menyelesaikan skripsi sesuai dengan waktu yang ditentukan. Bahkan, banyak sekali dari mereka yang justru bingung terhadap penelitiannya sendiri.

Hal ini karena, dalam keterampilan penelitian yang diambil tidak sesuai. Jadi, skripsi tersebut membuat bingung dan kemudian tidak dikerjakan. Untuk itu, sangat penting memilih tema yang tepat dalam mengerjakan skripsi.

Demikian pembahasan singkat tentang beberapa penyebab mahasiswa telat lulus serta cara mengatasinya semoga dapat menjadi pengetahuan atau ilmu bagi anda.