Beberapa Skill Yang Bisa Kamu Kembangkan Ketika Menjadi Mahasiswa

Menjadi mahasiswa adalah tanda dimana kamu mengenyam pendidikan di bangku yang lebih tinggi dan juga menandakan kalau kamu sudah tumbuh lebih dewasa dari sebelumnya. Semakin kamu dewasa, maka kamu juga akan dihadapkan dengan hal-hal baru, salah satunya dunia kerja.



Selagi masih menjadi mahasiswa, ada beberapa skill yang bisa kamu kembangkan sebelum kamu lulus dan memasuki dunia kerja. Ada 7 skill yang bisa kamu peroleh selama mengenyam bangku perkuliahan. Karena dengan mempelajari dan meningkatkan beberapa skill ini dapat membuat CV lebih baik dari sebelumnya, dan pada akhirnya akan memberi kamu kesempatan yang lebih baik untuk menemukan pekerjaan yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa skill penting yang bisa kamu kembangkan selama menjadi mahasiswa.

Komunikasi tertulis

Saat kamu mengirimkan pesan baik itu email atau pesan WhatsApp untuk dosen atau untuk atasan di tempat kamu magang, atau menulis surat pengantar untuk lamaran pekerjaan kamu, atau menulis pesan dan surat formal apa pun, ada baiknya kamu perlu untuk mengetahui aturan utama penulisannya. Jika kamu tidak terbiasa dengan tata bahasa, pilih bidang yang paling sulit kamu kuasai dan cobalah menjadi lebih baik di dalamnya. Cari tahu cara membuat CV yang terlihat profesional dan cara menulis surat lamaran yang menarik yang dapat menarik perhatian yang diinginkan. Pilihlah kata yang tepat untuk digunakan dan pelajari cara menyampaikan maksud dan tujuan kamu secara singkat namun akurat, dan yang pasti dengan memperhatikan sopan santun juga.

Berbicara di depan umum

Salah satu hal yang berubah sejak pandemi COVID-19 kemarin adalah cara orang berkomunikasi satu sama lain. Banyak komunikasi tatap muka harus dipindahkan secara online atau daring dan kamu juga perlu untuk latihan berbicara di depan umum karena hal ini dapat menunjukkan kreativitas, keterampilan berpikir kritis, kemampuan kepemimpinan, ketenangan, dan profesionalisme kamu. Namun pada intinya, kalau kita melihat komunikasi daring atau luring sebenarnya relatif sama saja, yang penting adalah mempersiapkan apa saja materi yang akan dibawa, dan percaya diri ketika berbicara. Oleh karena itu, seseorang harus dapat berbicara dengan baik di depan umum meskipun penontonnya tidak terlihat. 

Wawancara kerja

Wawancara kerja juga merupakan hal yang mudah. Tetapi semakin baik kamu mempersiapkan diri, juga akan semakin mempermudah proses wawancara kamu. Kamu bisa mulai dengan berlatih berbicara di depan umum dan mencari pertanyaan yang sering ditanyakan dalam wawancara kerja dan mencoba menjawabnya dengan lantang.

Desain situs web

Memiliki situs web kamu sendiri dapat menjadi alat yang ampuh, yang dapat membantu kamu menyampaikan karya kamu ke audiens di mana saja dan mendekati calon pelanggan atau penggemar kamu. Membuat situs web dapat memakan banyak waktu tetapi seseorang tidak harus menjadi ahli dalam coding. Kamu bisa membangun situs web yang menarik melalui berbagai sistem online seperti WordPress, di mana kamu juga bisa menemukan banyak template dan tips dari situ.

Belajar bahasa Inggris

Jika terakhir kali kamu belajar bahasa Inggris adalah waktu SMA, kamu mungkin berpikir bahwa kamu sudah terlambat untuk belajar bahasa Inggris. Ini jelas tidak benar, karena tidak ada batasan umur untuk belajar bahasa baru. Belajar bahsa asing terutama bahasa Inggris cukup penting untuk kamu lakukan karena dapat menjadi nilai plus untuk kamu. Ada banyak sumber dan buku yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari bahasa Inggris. Tentunya juga dapat menambah daftar skill yang kamu kuasai untuk ditulis dalam CV kamu.

Mengelola keuangan

Apalagi di masa krisis, ada baiknya mengetahui situasi keuangan kamu. Cari tahu ke mana perginya uang yang kamu gunakan dan bagaimana cara agar kamu bisa menabung lebih banyak. Karena literasi keuangan tidak diajarkan di sebagian besar sekolah, maka kamu harus bisa belajar secara otodidak soal literasi keuangan ini. Untuk membuat anggaran, Kamu bisa menggunakan kertas dan pensil. Kamu juga dapat mencoba beberapa software seperti Microsoft Excel atau Google Spreadsheet untuk menghitung lebih akurat tentang anggaran kamu.

Literasi digital

Literasi digital ini sebenarnya adalah kemampuan seseorang untuk menemukan, mengevaluasi, dan menyusun informasi yang jelas melalui tulisan dan media lain di berbagai platform digital. Misalnya, jika kamu tidak tahu cara menggunakan beberapa software Microsoft Office, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menguasainya. Literasi digital juga berarti seseorang dapat menemukan informasi yang relevan dan memeriksa apakah informasi tersebut benar atau tidak. Oleh karena itu, pastikan kamu mendapatkan berita dan update terbaru dari media sosial atau portal berita daring yang relevan dan tepercaya.


Itulah beberapa skill yang bisa kamu kembangkan untuk membantu kamu sehari-harinya dan juga bisa menambah daftar skill dalam CV kamu yang boleh kamu coba lakukan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk semua yang yang membacanya. Terima kasih.