WAJIB TAU! Ini Dia 7 Alasan dan Manfaat Daftar Program Kampus Merdeka

Apakah kamu sudah familiar dengan program kampus merdeka?, yang biasa didengungkan oleh kemendikbud pada akhir-akhir ini. Kampus merdeka adalah salah satu program unggulan Kemendikbud yang diprakarsai oleh Mas Nadiem Makarim sebagai Mendikbud.

Program Kampus Merdeka memberi kesempatan pada mahasiswa/mahasiswi untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat mereka. Caranya adalah dengan terjun langsung ke dalam dunia kerja sebagai persiapan karir di masa depan. Selanjutnya kita akan membahas alasan dan manfaat dari mengikuti program Kampus Merdeka ini.

Berikut ini adalah 7 alasan dan manfaat mengapa kamu harus daftar program Kampus Merdeka.

1. Mendapat Pengalaman Bekerja di Perusahaan dan Startup Ternama

Perusahaan-perusahaan yang sudah bekerja sama dengan Kampus Merdeka mayoritas adalah perusahaan besar dan terkenal. Beberapa diantaranya adalah Telkom, Tokopedia, Blibli, Gramedia, Zenius, Indosat, dan beberapa startup ternama lainnya. Kesempatan ini pasti sangat langka, karena tanpa program ini, kita akan kesulitan mendapat kesempatan magang di perusahaan-perusahaan dan startup ternama.

Dengan pengalaman magang atau studi independen di perusahaan-perusahaan ini, kamu akan tahu kompetensi seperti apa yang memang dibutuhkan perusahaan, jobdesc divisi, dan pelajaran berharga lainnya.kamu juga akan sangat menyadari bahwa di dunia kerja berbeda jauh dengan duia kuliah. Jadi nggak kaget lagi ketika nanti terjunke dunia kerja ketika sudah lulus kuliah. Kesempatan ini tentu sangat membantumu dalam merancang karir, terlebih bagi kamu yang tertarik bekerja di perusahaan atau bahkan membuat perusahaan sendiri.

2.  Mendapat Skill dan Bimbingan dari Perusahaan

Siapa sih yang gak mau dapet bimbingan langsung dari perusahaan dari para expert di perusahaan besar? Apalagi jika mereka berasal dari perusahaan ternama yang terjamin kredibilitasnya.

Nah, melalui program ini kamu bisa mendapatkan bimbingan secara langsung dari perusahaan. Dan kamu juga dapat meminta arahan kerja, bekerja sama mengerjakan proyek, dan tentu saja menggali ilmu sebanyak mungkin. Studi independen juga bisa menjadi pelengkap atau pengganti mata kuliah yang harus kamu ambil.

Pokoknya kamu akan mendapatkan banyak pelatihan yang berfokus pada riset dan pengembangan untuk menghasilkan suatu produk atau karya yang kamu buat. Bagaimana? seru bukan? dijamin deh setelah selesai ikut program ini skill kamu langsung berkembang pesat.

3. Dapat Dikonversi menjadi SKS

Manfaat yang satu ini tentu sangat ditunggu-tunggu oleh banyak mahasiswa semester akhir yang ingin mencapai target jumlah SKS sebelum menyusun tugas akhir. Program magang dan studi independen di Kampus Merdeka juga dapat dikonversi hingga 20 SKS, lumayan banget kan? Sudah dapat kesempatan belajar sekaligus mempraktikkan ilmu di dunia kerja, terus dapet tambahan 20 SKS tanpa kuliah di kelas. Hitung-hitung program ini sudah bisa menutupi jumlah SKS kamu selama 1 semester lho!

4. Memperluas Relasi Mahasiswa dari Berbagai Kampus dan Daerah

Selain program Magang Bersertifikat dan Studi Independen, ada program Pertukaran  Mahasiswa Merdeka juga lohh! Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar lintas kampus. Tak tanggung-tanggung nantinya kamu akan ditempatkan di universitas yang terletak di pulau yang berbeda dengan domisilimu. Dan kesempatan ini akan membantumu menjalin persahabatan dengan mahasiswa dari berbagai budaya, suku, dan daerah.

Selain itu juga, transfer ilmu dalam program inidapat membantu menutup disparitas pendidikan Indonesia. Jadi, kamu bisa mengikuti transfer pengetahuan di universitas lain sekaligus juga memperluas relasi dengan mahasiswa dari berbagai daerah.

5. Pengalaman Mengajar Langsung

Untuk kamu para mahasiswa dari jurusan pendidikan, tentu saja program Kampus Mengajar ini adalah program yang kamu tunggu-tunggu. Selain dapat dikonversi menjadi SKS, program ini langsung mengasah skill kamu dan kemampuan untuk mengajar di depan siswa/siswi sekolah.

Selain itu juga, sertifikat dari program ini dapat menunjukan bahwa kamu adalah salah satu calon pendidik yang baik dan kompeten. Program ini membantu kamu untuk menjadi agen perubahan dan memajukan literasi maupun numerasi pendidikan di Indonesia. Tak hanya mahasiswa pendidikan, mahasiswa jurusan lainpun mempunyai kesempatan yang sama untuk ikut program ini.

6. Berpartisipasi dalam Membangun Desa

Program Bangun Desa dilakukan dalam bentuk penelitian dan juga pengembangan potensi lokal masyarakat di desa tersebut. Melalui program ini, kamu dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang kamu punya untuk membantu masyarakat. Kamu juga dapat membuat inovasi yang berguna untuk mengembangkan potensi daerah sehingga dapat menaikan kesejahteraan mereka.

7. Kesempatan Melakukan Riset dan Membuat Penemuan yang Bermakna

Buat kamu yang ingin menjadi peneliti dan punya passion di bidang riset, program riset dari Kampus Merdeka cocok untukmu. Kegiatan ini dapat berupa penelitian di lembaga riset dan juga pusat studi. Demikian pembahasan singkat tentang 7 alasan dan manfaat daftar program kampus merdeka semoga dapat menjadi pengetahuan atau ilmu bagi anda.