Yuk, Intip Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Magang!

Masih banyak orang yang belum menyadari manfaat dari magang. Padahal, kegiatan ini memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang karier ke depannya. Melalui magang, kamu bisa mendapatkan banyak hal sebelum menapaki karier ke jenjang selanjutnya. Kira-kira apa saja sih manfaat yang disajikan? berikut penjelesannya selamat menyimak!

1. Pengalaman Kerja

Manfaat yang pertama adalah hal yang pasti kamu dapatkan ketika mengikuti program magang yaitu pengalaman kerja. Hal ini sangat berharga untuk didapatkan sebelum nantinya menapaki dunia kerja yang sebenarnya. Menurut Indeed, magang adalah salah satu cara yang tepat bagi Fresh graduate untuk mencari pengalaman kerja terlebih dahulu. Dan kamu pasti sering kali menemukan lowongan yang memberikan persyaratan harus berpengalaman di salah satu bidang sesuai dengan posisi yang di lamar. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa mengikuti program magang terlebih dahulu supaya kemungkinanmu dipanggil interview oleh perekrut menjadi lebih besar. Dari magang juga, kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman kerja yang bisa membantumu menghadapi dunia kerja yang sebenarnya. Contohnya, tata cara menghubungi atasan, berkomunikasi dengan rekan kerja, etika kerja sama tim, dan lain sebagainya. Semuanya bisa kamu dapatkan dari magang ini.

2. Mengembangkan Keterampilan

Selama magan, kamu akan banyak belajar mengenai dirimu sendiri, termasuk keterampilan serta kelebihan dan kelemahanmu. Dilansir dari Fremont College, ketika magang pasti kamu akan mendaptkan feedback dari rekan kerja atau atasan terkait performamu. Maka dari situ, kamu akan belajar mengasah keterampilan serta mengevaluasi diri secara mandiri. Jika merasa bingung, tidak usah sungkan untuk bertanya kepada rekan kerja atau atasan. Saat selesai magang nanti, dipastikan kamu akan mendapatkan berbagai macam hal yang membantumu untuk siap menghadapi dunia kerja.

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat lain dari magang yaitu dapat meningkatkan kepercayaan dirimu saat melamar pekerjaan. Setelah itu mendapatkan berbagai macam ilmu dari magang, kamu tentu sudah siap untuk menepaki jenjang karier selanjutnya. Saat diterima kerja, kamu tinggal menerapkan apa saja yang memang sudah dipelajari pada saat internship.

4. Membangun jaringan profesional

Eitss jangan salah, dari magang kamu juga bisa memabangun jaringan atau networking secara profesional. Tidak jarang saat menjalani program magang kamu mendapatkan tugas untuk menghubungi kantor lain atau bahkan mengikuti sautu event tertentu. Dari situ, kamu juga bisa sekaligus membangun networking dengan maksimal. Karena, tidak menutup kemungkinan jaringan yang telah kamu bangun akan menjadi suatu hal yang sangat penting di kemudian hari. Contohnya, orang-orang yang sudag kamu temui salah satunya adalah orang yang nantinya bisa bekerja sama denganmu di satu perusahaan.

5. Menambah pengalaman di CV

Setelah selesai magang, kamu bisa memasukkan pengalaman tersebut ke dalam CV saat hendak melamar pekerjaan nanti. Ini merupakan manfaat yang sangat bagus dari magang. Dengan pengalaman yang sudah tertera di CV, perekrut tentu akan mempertimbangkan lamaran kamu dengan baik. saat interview kamu bisa menyebutkan apa saja yang sudah dikerjakan selama program magang di salah satu perusahaan.

6. Mendapat referensi kerja

Orang yang menjadi atasan atau mentormu selama program magang dapat menjadi salah satu referensi kerja yang sangat bagus ketika kamu akan melamar kerja. Mereka telah melihat bagaimana cara kamu kerja dalam beberapa bulan pada saat magang. Oleh karena itu, penting untuk kamu memaksimalkan program tersebut dengan sebaik-baiknya. Semakin baik kinerjamu, maka mentor atau atasanmu akan memberikan referensi kerja yang positif sehingga bisa membantumu dalam mendapatkan sebuah pekerjaan.

7. Kesempatan untuk ganti status

Manfaat yang sering kali dilupakan oleh banyak orang dari magang adalah mereka memiliki kesempatan untuk berganti status. Tidak menutup kemungikan bahwa, saat kinerjamu bagus selama magang, perusahaan tertarik denganmu dan bisa menjadikanmu sebagai salah satu karyawan di sana. hal ini tentu sangat menguntungkan bagimu karena tidak perlu cape-cape lagi mencari pekerjaan.

8. Kesempatan mentorship

Manfaat berikutnya yang dapat kamu raih dari magang adalah kesempatan mentorship bersama para profesional. Menurut Fremont, bekerja sebagai karyawan magang memungkinkan untuk bertemu dengan calon mentor yang memandu jalur karirmu. Secara langsung kamu akan memiliki kesempatan untuk mengungkapkan kepribadian dan skill sambil mencari bimbingan dan masukan dari mentor. Magang ini dapat menciptakan situasi di mana hubunganmu bersama mentor dapat berkembang secara natural meskipun akhirnya kamu bekerja di tempat lain untuk posisi full-time.

9. Kesempatan untuk eksplorasi karier

Kesempatan untuk eksplorasi karier merupakan salah satu manfaat magang yang sejatinya dibutuhkan oleh para mahasiswa. Karena, magang dapat memperkenalkanmu pada tugas sehari-hari sebuah profesi tanpa komitmen yang kuat terhadap jalur karier tersebut. hal ini dapat membantu kamu memutuskan apakah profesi yang di ambil selama magang ini sesuai dengan kepribadian dan skill yang kamu miliki.