Yuk Jajal Dunia Kerja dengan Mengikuti Internship / Magang

Setiap program studi di suatu kampus memiliki kebijakan tersendiri terkait dengan hal magang, kegiatan magang biasanya dilakukan bagi mahasiswa yang sudah memasuki semester 5 hingga semester 7. Sebagai mahasiswa tentunya wajib untuk mengikuti program magang yang disediakan oleh program studi dan biasanya kegiatan magang tersebut termasuk ke dalam mata kuliah yang wajib diikuti dan tidak boleh mengulangnya. Program magang diadakan guna agar mahasiswa dapat merasakan proses bekerja secara langsung dan menerapkan keilmuan maupun kompetensi yang mereka dapatkan di bangku kuliah ke dalam lokasi magang mereka. Selain itu kita juga akan merasakan dan memahami sistem kerja secara profesional di suatu instansi.

Namun, sebagai mahasiswa tidak cukup hanya mengikuti kegiatan magang yang sudah disediakan oleh pihak kampus, nyatanya kita juga dapat mencari sendiri kegiatan magang yang kita inginkan. Dengan mengikuti kegiatan magang secara mandiri inilah, kita dapat mengasah skill yang kita miliki di luar dari program studi yang kita jalani. Keterampilan yang kita miliki inilah yang dapat menjadi peluang kerja posisi kita selanjutnya. Banyak sekali manfaat dan pembelajaran yang kamu dengan mengikuti program magang. Berikut pentingnya mengikuti kegiatan intership atau magang :

1. Pengalaman Bekerja di Industri

Dunia kerja memiliki sistem dan aturan yang berbeda dengan dunia organisasi maupun kampus. Ketika kamu mengikuti program magang, secara alamiyah kamu akan belajar seperti apa dunia kerja, lingkungan yang kamu hadapi, partner yang kamu miliki. Maka ketika kamu memasuki dunia kerja yang sesungguhnya kamu tidak akan merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri karena kamu sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

2. Menambah Wawasan

Materi-materi yang kita pelajari di bangku kuliah akan sangat bermanfaat ketika kita mengikuti program magang, terutama apabila posisi kita sejalan dengan program studi yang kita tempuh. Hal tersebut dapat meningkatkan wawasan yang tidak kita pelajari di bangku kuliah dan dapat kita dapatkan di program magang. Dengan mengikuti program magang kamu akan mengalami berbagai hal yang sebelumnya belum pernah kamu alami saat mengikuti perkuliahan, dengan hal tersebut kamu akan menjadi terlatih dan terbiasa untuk mengatasi kondisi-kondisi tertentu.

3. Membangun Relasi

Dengan mengikuti program magang, kamu akan bertemu dengan orang-orang profesional dalam bidangnya, dengan hal tersebut kamu mendapat kesempatan untuk belajar keahlian dalam bidang tertentu, mendapatkan mentor yang berpengalaman, maupun keuntungan lainnya dari relasi yang kamu miliki.

4. Mengasah Keterampilan

Keterampilan yang kamu miliki harus terus di asah agar semakin berkembang, dengan mengikuti program magang kamu memiliki kesempatan untuk mengasah skill kamu. Terutama, apabila skill yang kamu miliki tidak sejalan dengan program studi yang kamu ambil, maka kamu dapat mengembangkannya dengan mengikuti program magang yang sesuai dengan skill yang kamu miliki, karena skill yang dimiliki akan sangat bermanfaat dan berguna bagi dunia kerja kamu selanjutnya.

5. Menambah Penghasilan Tambahan

Mendapatkan intensif bulanan atau uang saku adalah salah satu hal yang dapat menarik mahasiswa untuk mendaftar program magang tersebut. Meskipun tidak semua program magang menghasilkan upah, namun hal tersebut dapat menjadi pertimbangan kamu sebelum memilih lokasi magang yang kamu inginkan. Namun, jangan menjadikan uang saku sebagai hal teratas dalam menjalankan program magang, karena ilmu dan pengalaman yang kita dapatkan dari program maganglah yang sangat penting dan bermanfaat bagi kita.

6. Membangun CV Menjadi Lebih Baik

CV (Curiculum Vitae) sangat berharga bagi para pencari kerja. Kamu dapat memasukkan pengalaman magang kamu ke dalam CV guna menjadi nilai tambah akan suatu keterampilan berdasarkan dengan posisi kerja yang kamu lamar. Terutama ketika kamu mendapatkan predikat yang memuaskan dari pengalaman magang kamu, tentunya akan menjadi penilaian lebih dan menambah peluang kamu untuk diterima di posisi yang kamu inginkan.

7. Peluang Mendapatkan Pekerjaan

Program magang yang dijalani biasanya hanya sekitar 3 – 6 bulan. Namun jika kamu mendapatkan penilaian tinggi atas kinerja yang kamu lakukan, tentunya hal tersebut akan menjadi peluang bagi kamu untuk dapat di rekrut menjadi karyawan tetap di tempat kamu menjalani program magang. Penilaian yang tinggi dapat kamu dapatkan dengan mengerjakan tugas kamu dengan baik, aktif berkomunikasi dan bertanya kepada teman-teman atau mentor kamu.

Itulah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti program magang, baik program magang yang disediakan langsung oleh kampus maupun program magang secara mandiri. Gunakan waktu kamu sebaik mungkin selama menjadi mahasiswa, ambillah banyak pelajaran dan ilmu yang kamu dapatkan dari program magang tersebut. Kelak, ilmu tersebut akan sangat bermanfaat bagi kamu ketika memasuki dunia kerja sesungguhnya.


Oleh : Yuliana Puspitasari

Universitas Negeri Jakarta