6 Hal Apa Yang Dipersiapkan Mahasiswa Sebelum Kuliah

Tidak terasa sudah menjelang tahun ajaran baru, untuk kamu yang baru lulus SMA ada nih yang kalian harus kalian siapkan dalam masuk perkuliahan. pembelajaran kuliah dan masa kuliah beda loh, ini merupakan transisi  kalian dalam adaptasi kelingkungan baru, cara pembelajaran dan mengenal hal-hal yang kalian belum ketahui sebelumnya tidak seperti masa sekolah. Berikut poin - poin yang kamu harus siapkan : 



1. Persiapkan Mental 

Dalam masa kuliah kalian harus menyiapkan mental kalian karena apa ? yak karena kalian akan ada di mana kalian mengenal lingkungan yang berbeda dari SMA, dari lingkungan sekolah kalian di mana dibiasakan diberi seperti sekolah pun didaftarkan oleh orang tua dan segala kebutuhan kita diberi dan disediakan oleh orang tua. 

Nah saat kalian masuk dunia perkuliahan kalian akan melakukan semuanya sendiri, dan kalian akan mengenal kehidupan sendiri contohnya untuk mahasiswa yang berkuliah jauh dari tempat tinggalnya dan diharuskan kos  yang diharuskan hidup sendiri dan apa –apa yang diharuskan sendiri kalian harus menyiapkan mental kalian menghadapi perubahan seperti diatas mengenal dunia luar dan menjaga diri sendiri. 

2. Manajemen waktu lebih efisien 

Kalian yang baru masuk kuliah mungkin kalian akan diisi berbagai waktu luang dan oleh karena itu kalian mengambil kegiatan kegiatan UKM di kampus, magang ,dll. Namun dari itu tidak sedikit dari kalian mahasiswa yang semester awal yang berkuliah sambil kerja. 

Nah untuk mahasiswa yang berkuliah sambil kerja, dan mengikuti kegiatan kampus dan mengambil magang dll. Sering kali kalian terlalu fokus terhadap salah satunya tetapi itu salah. Justru karena itu kalian harus mengatur waktu kalian dan membangi waktu kuliah kalian dan kegiatan – kegiatan di kampus maupun di luar kampus. 

3. Belajarlah mengatur keuangan 

Seringkali dari kita di SMA kita sering jajan dan main tetapi diperkuliahan kalian akan harus bisa mengatur keuangan kalian terutama untuk anak kosan atau tinggal sendiri dan jauh dari orang tua. Kalian dituntut untuk menghemat dan mengurangi main dan jajan, uang  yang diberikan orang tua harus mencukupi sampai akhir  bulan. 

Dari sini kalian akan belajar didewasakan dan dilatih pola pikir kalian oleh keadaan akan berubah tidak sama sepeti dulu  lagi, kalian juga mengurangi pengeluaran – pengeluaran yang tidak perlu yang tidak terlalu penting, namun dari itu kalian juga harus menabung dan menyisihkan uang yang berlebih dan uang jajan kalian untuk tabungan darurat kalian, kita tidak tau apa yang terjadi diesok hari.

4. Pelajari bidang keahlian kalian 

Dari beberapa orang yang mau memasuki perkuliahan mereka tidak tau motivasi apa  yang mereka mau gapai dan niat apa yang membuat mereka kuliah, dari beberapa orang banyak kasus yang berhenti ditengah jalan karena  mereka tidak punnya motivasi yang pasti untuk melanjutkan kuliah. Namun adanya beberapa faktor,  karena adanya paksaan dari orang tua dan saudara salah satunya ada yang memasuki jurusan yang tidak diminati dan paksaan untuk berkuliah.

Justru karena itu kalian perlu mencari tau apa passion dan motivasi kalian, namun dari itu untuk kalian yang terpaksa memilih jurusan yang bukan bakat dan minat kalian, kalian dapat mengikuti kegiatan kegiatan di kampus untuk melatih soft skill kalian untuk memotivasi kalian untuk berkuliah untuk menjadi semangat dan tidak mudah menyerah. 

5. Perbanyak relasi 

Dengan memasuki dunia baru dan untuk melanjutkan suatu hal kalian juga  harus menambah teman sebanyak-banyaknya. Kalian jangan lah mencari teman satu jurusan dan satu angkatan tetapi kalian juga perlu mencari yang beda jurusan dan kakak tingkat untuk menambah relasi. Janganlah takut dan malu untuk bergaul banyak teman kalian penting belajar nya bersosialisasi. 

Dengan kalian banyak relasi kalian juga mendapat pengalaman baru dan ilmu-ilmu yang kalian perlu diperkuliahan nanti, positif dari banyak teman kalian dapat bantuan dan informasi dari materi pembelajaran perkuliahan, magang, dan lowongan kerja untuk menambah pengalaman kalian. 

6. Belajar untuk self imrovement 

Dalam dunia perkuliahan itu sangat lah beda dengan masa sekolah,  di masa sekolah kalian dituntut untuk bisa mempelajari apa yang diajarkan oleh guru dan dituntut disiplin namun diperkuliahan tidak, diperkuliahan kalian di bebasi dan tidak di kekang oleh dosen kalian dibebaskan melakukan apa saja. Namun dari itu kalian harus meningkatkan kualitas dan kuantitas diri agar kalian menjadi orang yang lebih baik. 

Dengan kalian melakukan self improvement kalian sangat berguna di masa kerja nanti. Apa saja yang harus dikembangkan diri yaitu dengan mengembangkan hobi, buatlah tujuan-tujuan yang realistis dan kritis, melihatlah kegagalan sesuatu perspektif yang berbeda, menerima masukan orang lain, dan berbuat baik pada orang lain dan cerdik melakukan segala hal.