Tips Manajemen Waktu Yang Baik

Melakukan manajemen waktu yang tepat dan sesuai dengan aktivitas harian dapat membantu banyak faktor dalam daily life kamu. Karena manajemen waktu tidak sebatas hanya bagaimana kamu mengatur kapan waktu untuk mengerjakan tugas dan istirahat, tetapi juga mengatur waktu kegiatan kamu dari pagi sampai malam. Namun mengubah kebiasaan mengatur waktu bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan memulai langkah-langkah kecil, hal itu dapat dikelola dan memiliki banyak manfaat. Berikut ini, ada beberapa untuk cara agar dapat kamu mengatur waktu secara efisien.
 

Mulai dari belajar untuk ujian, datang mengikuti kelas, melakukan magang, atau kegiatan ekstra di kampus, dan banyak tugas yang harus diselesaikan seperti menulis makalah atau membuat slide presentasi. Keterampilan manajemen waktu yang efisien akan membantu kamu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan mencapai keseimbangan antara belajar, bekerja, dan waktu luang kamu.
 

Luangkan waktu untuk merencanakan dan mengatur kegiatan kamu

Banyak yang melewatkan langkah ini, namun memberikan waktu agar kamu dapat memulai untuk memikirkan tugas dan merencanakan sangat penting dalam menetapkan target. Sebelum kamu mulai melakukan kegiatan harian kamu, ada baiknya kamu mulai secara perlahan sambil memikirkan target yang harus dicapai, setelah itu tuliskan semua rencana dan target yang ingin dicapai.
 
Sebagai contohnya, membuat target untuk menyelesaikan tugas mingguan dengan cara menyicil sedikit setiap harinya agar tugas mingguan kamu bisa selesai paling tidak 3 hari sebelum tenggat dan sisa waktu tersebut dapat kamu gunakan untuk bersantai.
 

Jadikan sebagai prioritas

Setelah kamu mendapatkan semua tugas, tandai tugas-tugas yang paling penting, dan mulailah mengerjakan. Katakanlah tugas mingguan adalah tugas yang paling penting, diikuti dengan tugas harian.

Kamu dapat mulai mengerjakan tugas mingguan secara konsisten selama 15 sampai 30 menit setiap harinya, dengan mengikuti target penyelesaian tugas yang sudah kamu buat yaitu tugas mingguan selesai 3 hari sebelum tenggat waktu. Untuk mengerjakan tugas harian, bisa kamu kerjakan selama 30 menit sampai 1 jam setelah sesi mengerjakan tugas mingguan.
 

Buat jadwal

Jadwal dan kalender, digital atau cetak dapat memainkan peran besar dalam cara kamu mengatur waktu. Pastikan kamu tidak hanya menjadwalkan studi dan pengerjaan tugas kamu, tetapi Anda juga meluangkan waktu untuk keluarga, pekerjaan, dan rekreasi. Kamu dapat membuat jadwal kalian sesuka hati dan seberapa rinci jadwal kamu, kebebasan ada di tangan kamu.

Kamu dapat membagi waktu dalam jadwal kamu menjadi blok 30 menit dan menguraikan apa yang akan kamu lakukan pada waktu-waktu tersebut, atau kamu juga bisa sedikit lebih fleksibel dengan membuat jadwal yang tidak terlalu rinci pada setiap blok waktu yang sudah kamu buat.
 

Pisahkan tugas-tugas besar

Dengan tugas-tugas besar, tuliskan tenggat waktu dan hitung berapa banyak bagian yang lebih kecil yang dapat kamu bagi untuk menyelesaikannya pada tenggat waktunya. Sebagai contoh dari tugas besar adalah tugas membuat makalah atau paper, tentu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau tugas besar harus diprioritaskan dan diikuti oleh tugas-tugas lainnya.

Karena akan lebih mudah untuk kamu ketika memisahkan tugas antara yang besar dan yang kecil, kamu bisa mengerjakan tugas-tugas yang lebih kecil setelah mengerjakan tugas besar, namun satu hal yang perlu diingat adalah, istirahat juga sangat penting, untuk itu jangan memaksakan diri ketika mengerjakan tugas, lakukan saja secara perlahan-lahan yang penting tetap konsisten.
 

Berikan waktu untuk bersantai

Pastikan kamu sendiri untuk memberikan waktu untuk bersantai juga untuk mengisi ulang energi kamu. Tidur yang cukup selama minimal 7 jam setiap harinya agar kamu tidak mudah kelelahan, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya untuk tidak memaksakan diri mengerjakan tugas dengan cara begadang semalaman karena tidak baik untuk kesehatan. Olahraga secara teratur yang akan menyegarkan dan akan memberi kamu lebih banyak energi untuk fokus pada tugas-tugas kamu.
 

Matikan media sosial

Selalu bermain handphone adalah godaan besar, banyak waktu kamu terbuang dengan membuka media sosial seperti Instagram atau TikTok. Bermain handphone mengganggu konsentrasi kamu dan membuat kamu sulit untuk fokus mengerjakan makalah atau mengerjakan tugas-tugas.

Solusinya adalah mematikan handphone dan media sosial selama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut dan setelah kamu selesai mengerjakan tugas, kamu bisa melanjutkan kembali untuk membuka media sosial di handphone kalian.

Semoga poin-poin diatas tentang beberapa cara untuk melakukan manajemen waktu, bisa membantu kamu melakukan aktifitas secara teratur setiap harinya, dan semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawan bagi kalian semua. Terima kasih.