Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Ditunda | 5 Tips Mahasiswa Akhir Supaya Lolos Magang Kampus Merdeka

Seiring tingginya persaingan mendorong tingkat seleksinya yang semakin ketat, tidaklah mudah untuk berhasil lolos diterima program Magang Kampus Merdeka ini. Disebutkan dalam laman resmi Kemendikbud RI, bahwa pedaftar yang telah diterima dari masing-masing perguruan tinggi hampir mencapai 30.000 orang, serta angka akan terus bertambah seiring bertambahnya lowongan perusahaan yang ingin bermitra.


Oleh karena itu, persiapan untuk magang Kampus Merdeka ini tidak boleh sembarangan dan asal-asalan tanpa persiapan. Ada 5 tips yang dipersiapkan untuk kalian supaya lolos diterima magang Kampus Merdeka, sebagai berikut.

1. Tentukan Minat untuk Posisi dan Bidang Yang Ditempati

Program Magang Kampus Merdeka, menyediakan beragam posisi sesuai bidang dan minat mahasiswa masing-masing yang tentu dibutuhkan oleh industri kerja, terutama di sektor teknik, kesehatan, dan bisnis. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan lebih awal untuk bisa menentukan arah karirnya dari sekarang, agar proses pencarian kerja akan semakin mudah dan lebih efisien.
Selain itu, kebanyakan jabatan atau posisi yang ditempati sudah tidak memandang latar belakang jurusan atau asal universitas, selama memenuhi kualifikasi dan pengalaman. Meskipun demikian, pentingnya kita menggali apa yang menjadi bakat yang diinginkan agar bisa menjadi seseorang profesional di bidang tersebut, atau bahkan seorang multitalenta.

2. Membuat Format CV Yang Efektif

Kualitas isi dan format CV sangat berpengaruh pada langkah awal menuju Magang Merdeka, lebih tepatnya pada jalur seleksi administrasi. Kelihatan sepela, namun faktanya kebanyakan mahasiswa yang tidak diterima Magang Kampus Merdeka, disebabkan format tampilan CV-nya yang asal-asalan dan tidak memenuhi keinginan perusahaan.

Idealnya, Curriculum Vitae harus ringkas, padat, rapi, dan jelas. Semua itu telah diatur dan dipenuhi dalam penulisan format CV berbasis Applicant Tracking System (ATS). Memang terkadang, ada kalanya kita boleh menggunakan CV kreatif tetapi disarankan untuk lamaran pekerjaan yang berkaitan dengan desain grafis, komunikasi visual, dan multimedia.

Selain itu, kita juga perlu memahami informasi yang harus dimuat dalam CV, misalnya informasi data dan deskripsi pribadi, tujuan dan motivasi mengikuti magang, riwayat pendidikan, pengalaman kerja atau kegiatan, keterampilan, portofolio, hingga bukti prestasi.

3. Aktifkan Diri di Organisasi atau Kepanitiaan

Sebenarnya, bagian ini bukanlah menjadi hal yang wajib diprioritaskan. Namun realitasnya, perusahaan cenderung lebih menyukai para mahasiswa yang pernah berpengalaman mengikuti organisasi, kepanitiaan, atau kegiatan volunter.

Hal itu disebabkan karena pandangan perusahaan menganggap mereka telah memahami konsep kerja sama dalam tim, kemampuan komunikasi yang terjalin kuat, dan punya integritas. Selain itu,
 
pengalaman mengikuti kegiatan ini dianggap telah berhasil memanajemen waktu dengan baik antara kegiatan perkuliahan dengan kegiatan di luar kuliah.

4. Jangan Bergantung pada Satu Lamaran

Dalam aturan Pendaftaran Magang Kampus Merdeka, tidak membatasi seberapa banyak lowongan magang yang diajukan oleh setiap mahasiswa. Oleh karena itu, momen ini adalah kesempatan emas dan terbaik untuk kalian agar tidak menaruh harapan pada satu perusahaan, melainkan kita mempunyai cadangan perusahaan yang lain apabila tidak diterima.
Seandainya, kalian sudah melamar magang ke banyak perusahaan mitra Kampus Merdeka tetapi masih belum membuahkan hasil. Mungkin bisa mencoba peruntungan dengan melamar magang dari sumber informasi yang lain, seperti Instagram.

5. Kenali dan Ketahui Profil Perusahaan

Sebanyak apapun perusahaan yang telah dilamar bukanlah masalah selama kalian paham tentang seluk- beluk perusahaan seperti apakah itu. Pengadaan program magang kampus merdeka untuk meminimalisir terjadinya eksploitasi karyawan magang secara berlebihan dan tidak adanya jaminan upah yang setimpah, serta menghindari perusahaan nakal, bodong, atau abal-abal, sehingga sangat merugikan para pekerja itu sendiri.

Faktor citra dan kredibilitas perusahaan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan jangka panjang yang sangat penting, tentunya perusahaan yang berkualitas akan berpengaruh pada pengalaman dan kesuksesan magang seseorang ke depannya.

6. Lampirkan dan Perkaya Portofolio

Bagi kalian yang masih belum punya pengalaman kerja atau organisasi, tidak usah khawatir ! Kalian bisa melampirkan portofolio yang berisi banyak karya atau projek yang pernah kalian kerjakan selama perkuliahan. Kalian juga memperkaya isi portofolio dengan mengikuti kegiatan semacam seminar, kursus bootcamp bersertfikasi, atau bahkan dengan belajar otodidak.

Semakin sering ilmu diasah dan dipraktekan, tentu semakin banyak dan bagus juga pada hasil karya yang dibuatnya, sehingga akan mempengaruhi pada bukti value diri dan peluang untuk diterima oleh perusahaan yang dituju.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, dan dapat menambah wawasan pengetahuan yang memenuhi asupanmu.