Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Wirausaha Merdeka Kampus Merdeka Untuk Melatih Jiwa Wirausahawan Mahasiswa

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Wirausaha Merdekadiinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia spesial bagi para mahasiswa yang memiliki Ketertarikan terhadap dunia Wirausaha. Program Wirausaha Merdeka ini mengajak para mahasiswa untuk berkolaborasi, beraksi, dan berbakti untuk negeri dalam perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia.


Mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan (agent of change) yang membantu meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dan menjadi agen penggerak (agent of driven) dalam memberikan solusi inovasi untuk membuka lapangan pekerjaan melalui peluang dan perkembangan bisnis mahasiswa, serta menjadi agen pelopor (agent of creator) untuk menumbuhkan potensi kewirausahaan baru di Indonesia. Dengan mengikuti kegiatan Wirausaha Merdeka, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills, dan manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS).

Perguruan tinggi pelaksana program nantinya akan membuat rencana pembelajaran yang meliputi capaian pembelajaran, bahan ajar, metode dan media, waktu, tempat, mekanisme pelaksanaan dan penilaian, serta tenaga pengajar. . Program Wirausaha Merdeka sendiri dilaksanakan atas kerja sama Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 
Tujuan Program Wirausaha Merdeka

Dilansir dari laman Kemdikbud program ini memiliki beberapa tujuan penting, yaitu :
  1. Memantik minat dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha
  2. Menanamkan mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan
  3. Mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa
  4. Meningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa
  5. Membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas lulusan Perguruan Tinggi.
Persyaratan mahasiswa untuk bisa mengikuti program Wirausaha Merdeka 
  1. Mahasiswa Aktif  : S1 / D3 / D4 : Minimal Semester 5; D2 : Minimal Semester 3; S2 / S3 : Tanpa batasan semester (tanpa konversi SKS) 
  2. Tidak sedang menyusun skripsi atau tugas akhir pada waktu mengikuti program.   
  3. Tidak mengambil mata kuliah di Perguruan Tinggi asal selama mengikuti program.   
  4. Memperoleh surat rekomendasi dari Ketua Program Studi dan pimpinan perguruan tinggi bidang Akademik.   
  5. Bersedia mengikuti program penuh waktu (satu semester) dibuktikan dengan surat pernyataan mahasiswa. 
Cara Daftar Akun Wirausaha Merdeka 2022 
  • Buka laman https://wirausahamerdeka.id/ lalu pilih menu Login di kanan atas 
  • Pilih tombol Daftar sebagai Mahasiswa 
  • Lengkapi Nama Perguruan Tinggi, Program Studi NIM, Nama Lengkap, Email, dan No. HP dengan benar 
  • Lakukan verifikasi dengan masukkan tanggal lahir sesuai database di perguruan tinggi 
  • Lakukan verifikasi email dengan buka tautan yang dikirim Tim WMK 
  • Gunakan username dan password yang dikirimkan di email untuk login ke situs Wirausaha Merdeka, selesai 
Alur Program Wirausaha Merdeka 
  1. Pemilihan PT Pelaksana: Proses seleksi dari pendaftaran hingga pemilihan Perguruan Tinggi Pelaksana program. 
  2. Pendaftaran Mahasiswa: Proses pemilihan program oleh mahasiswa dan seleksi oleh Perguruan Tinggi. Pelaksanaan Program: Proses pemilihan program oleh mahasiswa dan seleksi oleh Perguruan Tinggi.
  3. Sinkronisasi SKS : Proses pelaporan pelaksanaan program dan konversi terhadap SKS di PT asal mahasiswa. 
Manfaat Program  Wirausaha Merdeka 
  • Bagi Mahasiswa : Memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam kegiatan wirausaha dan mendapatkan kesempatan untuk dapat belajar di luar kampus untuk mengembangkan ilmu di bidang kewirausahaan.
  • Bagi Perguruan Tinggi Pelaksana : Perguruan Tinggi mampu melakukan berbagai kajian, inovasi dan kreatifitas dalam pengembangan wirausaha mahasiswa serta membantu pencapaian (IKU-1) yaitu aspek peningkatan kualitas lulusan dalam kesiapan kerja lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak/berwirausaha setelah menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi dan pencapaian (IKU-2) yaitu aspek peningkatan kualitas mahasiswa berupa dukungan dan apresiasi terhadap mahasiswa untuk bisa belajar dan berprestasi dalam kegiatan di luar kampus.
  • Bagi Perguruan Tinggi Asal Mahasiswa : Mendapatkan manfaat melalui peningkatan kompetensi dan daya kerja mahasiswa terutama dalam pengembangan wirausaha mahasiswa serta membantu pencapaian (IKU-1) yaitu aspek peningkatan kualitas lulusan dalam kesiapan kerja lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak/berwirausaha setelah menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi dan pencapaian (IKU-2) yaitu aspek peningkatan kualitas mahasiswa berupa dukungan dan apresiasi terhadap mahasiswa untuk bisa belajar dan berprestasi dalam kegiatan di luar kampus.
Source : 
Sumarto, S. (2020). Kampus Merdeka; Realitas Pembelajaran Online, Riset dan Pengembangan Wirausaha. Jurnal Literasiologi, 4(2).
https://wirausahamerdeka.id/tentang-program
https://kampus.republika.co.id/posts/168303/pendaftaran-program-wirausaha-merdeka-untuk-mahasiswa-sudah-dibuka-yuk-ikutan
https://www.unud.ac.id/in/berita4836-Universitas-Udayana-Launching-Program-Wirausaha-Merdeka-WMK-2022.html
https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2022/06/03/pembukaan-program-wirausaha-merdeka-wmk-tahun-2022/

Oleh : Bayu Andika Yudanto
Universitas Negeri Semarang