Pengertian Data Panel

Data panel adalah gabungan antara data runtut waktu (time series) dan data silang (cross section). Misalkan anda sebagai seorang peneliti ingin meneliti bank Mandiri dalam kurun waktu 2000-2013 maka anda melakukan penelitian menggunakn data time series. Contoh lain pada tahun 2009 keuntungan industri perbankan Indonesia di atas rata-rata  negara-negara ASEAN, apabila anda ingin meneliti fenomena tersebut dengan memasukan data semua bank dalam waktu 2009 saja, penelitian anda disebut menggunakan data cross section. Sedangkan jika anda ingin meneliti banyak bank dan dengan beberapa periode waktu (misalnya 10 bank dalam kurun waktu 5 tahun) penelitian anda menggunakan data panel.


Menurut Agus Widarjono (2009) penggunaan data panel dalam sebuah observasi mempunyai beberapa keuntungan yang diperoleh. Pertama, data panel yang merupakan gabungan dua data time series dan cross section mampu menyediakan data yang lebih banyak sehingga akan lebih menghasilkan degree of freedom yang lebih besar. Kedua, menggabungkan informasi dari data time series dan cross section dapat mengatasi masalah yang timbul ketika ada masalah penghilangan variabel (omitted-variabel).

Hsiao (1986), mencatat bahwa penggunaan panel data dalam penelitian ekonomi memiliki beberapa keuntungan utama dibandingkan data jenis cross section maupun time series.

  • Pertama, dapat memberikan peneliti jumlah pengamatan yang besar, meningkatkan degree of freedom (derajat kebebasan), data memiliki variabilitas yang besar dan mengurangi kolinieritas antara variabel penjelas, di mana dapat menghasilkan estimasi ekonometri yang efisien.
  • Kedua, panel data dapat memberikan informasi lebih banyak yang tidak dapat diberikan hanya oleh data cross section atau time series saja.
  • Ketiga, panel data dapat memberikan penyelesaian yang lebih baik dalam inferensi perubahan dinamis dibandingkan data cross section.

Keunggulan Data Panel

Setelah membahas pengertian data panel selanjutnya kita akan membahas terkait keunggulannya. Setidaknya ada empat keunggulan dari data ini, diantaranya: 

  1. Dapat memodelkan perilaku umum dan individu kelompok.
  2. Berisi lebih banyak informasi, lebih banyak variabilitas, dan lebih efisien daripada data deret waktu murni atau data cross-sectional.
  3. Dapat mendeteksi dan mengukur efek statistik yang tidak dapat dilakukan oleh deret waktu murni atau data cross-sectional.
  4. Dapat meminimalkan bias estimasi yang mungkin timbul dari agregasi grup ke dalam satu deret waktu.

Bentuk data ini dapat kamu temukan di beberapa disiplin ilmu seperti ekonomi, ilmu sosial, kedokteran dan epidemiologi, keuangan, dan ilmu fisika.


Balanced Panel Data vs Unbalanced Panel Data

Apakah panel itu harus selalu balance? Ternyata tidak juga. Ada panel data yang balance dan ada juga yang tidak balance alias unbalance. Lantas apa perbedaannya?

  • Balanced Panel Data memiliki jumlah pengamatan yang sama untuk semua kelompok.
  • Unbalanced Panel Data memiliki nilai yang hilang pada beberapa pengamatan waktu untuk beberapa grup.

Model data panel tertentu hanya valid untuk set data yang seimbang alias balance. Jika kumpulan data panel yang tidak seimbang, mereka mungkin perlu diringkas untuk memasukkan hanya periode berurutan yang ada pengamatan untuk semua individu di cross section.


Contoh Data Panel


Contoh data panel A


Contoh data panel B


Bisa dilihat pada kedua gambar di atas (Contoh A dan Contoh B), baik kumpulan data panel contoh A maupun kumpulan contoh B di atas menunjukkan data yang dikumpulkan (karakteristik pendapatan, usia, dan jenis kelamin) selama beberapa tahun untuk orang yang berbeda. 

Pada set A menunjukkan data yang dikumpulkan untuk dua orang (orang 1 dan orang 2) selama tiga tahun (2013, 2014, dan 2015). Kumpulan data contoh ini akan dianggap sebagai panel yang seimbang (balanced panel) karena setiap orang diamati untuk karakteristik pendapatan, usia, dan jenis kelamin yang ditentukan setiap tahun penelitian. 

Pada Set B, di sisi lain, akan dianggap sebagai panel yang tidak seimbang (unbalanced panel) karena data tidak ada untuk setiap orang setiap tahun. 

Karakteristik orang 1 dan orang 2 dikumpulkan pada tahun 2013 dan 2014, tetapi orang 3 hanya diamati pada tahun 2014, bukan tahun 2013 dan 2014.


Tutorial Regresi Data Panel

Berikut ini merupakan tutorial regresi data panel