Inilah Hal Yang Harus Kamu Lakukan Saat Menjadi Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, tentu kita akan bertemu dengan banyak orang dan budaya yang berbeda dengan kita. Namun, banyak hal juga yang dapat kita jadikan pembelajaran di kampus, semua bergantung pada bagaimana kita menyikapinya. Sering kali kita mengeluh terkait banyaknya tugas, mengeluh dengan permasalahan organisasi yang kita ikuti, Sampai terkadang kita menyepelekan hal-hal yang penting yang mampu menghambat proses kita lulus dari kampus. Dunia kampus berbeda dengan dunia sekolah, dari kebijakan, jam belajar, mahasiswa, dan lain-lain. Agar kita dapat efektif menjalani hidup sebagai mahasiswa, berikut tips yang dapat kamu terapkan sebagai mahasiswa untuk menunjang aktivitas kamu di dunia perkuliahan :

1. Pahami Alasan dan Tujuan Kamu Kuliah

Cobalah untuk mengingat kembali alasan dan tujuan kita memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat Universitas. Jika ditanya, setiap orang pasti memiliki alasan dan tujuannya masing-masing. Ada yang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak; mendapatkan gelar yang diinginkan; perintah orang tua; menggapai cita-cita yang diinginkan dan lain-lain. Intinya, ketika kita memiliki tujuan yang kuat, maka kita akan berusaha dengan keras untuk mencapai tujuan tersebut, dan salah satu dari tahap pencapaian tujuan tersebut adalah melanjutkan pendidikan ke tingkat Universitas. Ketika kita sudah mendapatkan apa alasan dan tujuan kita berkuliah, tanamkan dalam hati dan pikiran kita, buatlah rencana-rencana yang dapat mendukung tujuan tersebut, ingatlah dan terapkan rencana-rencana tersebut. Dengan kita mengingat hal-hal seperti itu dapat membangkitkan motivasi dan minat kita dalam menjalani dunia perkuliahan.

2. Rajin dan Aktif Selama Kuliah

Salah satu tuntutan menjadi mahasiswa sama dengan saat kita masih menjadi siswa, yaitu “rajin”. Ya, kita harus rajin dalam menjalani kuliah, seperti rajin mengerjakan tugas yang diberikan dosen, rajin bertanya saat proses perkuliahan, rajin berkonsultasi dengan dosen terkait tugas ataupun materi dan tidak boleh bermalas-malasan dalam menjalani kuliah. Jika rasa malas menghampiri, cobalah ingat lagi apa tujuan dan alasan kita berada di bangku kuliah ini. Selain rajin, tentu kita juga harus aktif untuk menikmati dunia perkuliahan ini, tidak hanya aktif di dalam kelas. Namun, kita juga harus bisa aktif di luar kelas, seperti mengikuti organisasi yang berada di lingkungan kampus, maupun komunitas-komunitas yang mendukung kita untuk terus berkembang baik secara akademik maupun non-akademik. Ambillah banyak pelajaran yang ada dalam segala aktivitas kita di kampus dan bangunlah relasi yang baik dari organisasi maupun komunitas tersebut.

3. Manajemen Waktu yang Baik

Sebagai seorang yang baru menyandang gelar mahasiswa yang mulai menjajak dunia perkuliahan yang tentunya memiliki banyak kegiatan di dalamnya. Manajemen waktu yang baik harus kita miliki agar kehidupan kuliah kita berjalan sesuai dengan rencana kita ke depannya. Penting membagi waktu antara aktivitas akademik dan non-akademik, jangan sampai kita terlena dengan aktivitas non-akademik sehingga mengesampingkan akademik kita. Persoalan utama seorang mahasiswa, adalah ketika kita terlalu cinta dan fokus pada organisasi kita, hingga akhirnya meninggalkan kelas, tidak mengerjakan tugas yang diberikan, dan hal tersebutlah yang mampu membuat aktivitas akademik kita terhambat. Mata, prioritaskan hal yang menurut kita harus diprioritaskan dan jangan sampai mengabaikan hal-hal yang dapat menghambat aktivitas kuliah kita. 

4. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif

Lingkungan belajar yang baik dan positif sangat mendukung hasil akademik kita. Lingkungan yang positif akan memberikan dampak positif terhadap diri kita. Begitu pun sebaliknya, lingkungan yang negatif tentunya akan membawa dampak negatif juga terhadap kita. Karena sejatinya waktu yang kita habiskan dalam 1 hari lebih banyak bersama dengan teman-teman kita. Oleh karena itu, carilah teman-teman yang membuat kita nyaman dan memiliki pemahaman dan tujuan yang sama dengan kita, buatlah kelompok belajar dengan mereka untuk mendukung aktivitas akademik kita.

5. Membangun Banyak Relasi

Sebagai sorang mahasiswa yang memiliki jam kuliah tidak sama dengan di sekolah, tentunya kita mungkin memiliki beberapa waktu kosong sebelum menyambung ke mata kuliah selanjutnya, isilah waktu-waktu kosong tersebut dengan hal-hal yang bermanfaat dan menyenangkan salah satunya adalah membangun relasi yang baik dengan teman-teman organisasi kita. Terutama apabila organisasi yang kita ikuti berada di tingkat Universitas, pasti kita akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai fakultas. Relasi yang kita miliki, tentu akan sangat berguna untuk kita ke depannya.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam menjalani dunia perkuliahan dan mencapai apa yang kamu tujukan dan kamu harapkan ke depannya. Carilah banyak ilmu dan pengalaman selama kita menjadi mahasiswa, karna tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk menjadi mahasiswa, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan tersebut dan bermalas-malasan dalam menjalani kuliah, sehingga tidak ada yang kamu dapatkan selain rasa lelah.


Oleh : Yuliana Puspitasrai
Universitas Negeri Jakarta