Hal yang Kamu Harus Siapkan Saat Memasuki Semester Akhir

Kalian memasuki semester akhir? fase di mana mahasiswa akhir dihadapkan pada kewajiban menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Namun dari itu kadang rasa malas,  rasa ingin menyerah dan rasa semangat memudar muncul saat memasuk semester akhir. Berikut tips dan trik uraian lengkap untuk yang bisa diterapkan menjalani semester akhir.  


1. Lebih Bisa Mengatur  Waktu Lebih Efisien 

Tidak bisanya kita mengatur waktu yang kita lakukan, membuat dampak negatif seterusnya kepada kita sendiri. Dengan kalian bisa mengatur waktu atau manage waktu memisahkan kegiatan yang tidak terlalu penting dan harus diutamakan atau prioritas 

2. Temukan target waktu lulus 

sebelum kalian mengerjakan tugas akhir kalian harus bisa menargetkan waktu lulus kalian. Dengan mempunyai taget waktu, itu membuat semnagat kalian membara kembali untuk mngerjakan tugas akhir atau skripsi tidak hannya itu juga, beri juga dari waktu ke waktu, mulai persiapan skripsi, menentukan judul dan topik, penelitian, proses pebimbingan, revisi, hingga ujian akhir. Dengan begitu kalian bisa mencapai waktu yang kalian targetkan 

3. Jangan Menunda-Nunda Pekerjaan

Untuk kalian yang sering mengerjakan tugas sistem kebut semalam sebaiknya di semester akhir ini kalian hindari kebiasaan itu, dengan kalian menunda-nunda pekerjaan adalah kebiasaan buruk yang kalian harus hindari. Dengan menunda pekerjaan akan membuat anda terhambat di semester akhir.

Kebiasaan kalian dengan menunda pekerjaan dapat mengacaukan agenda kalian sehari- hari atau  jadwal kalian di semester akhir ini, sudah seharusnya kalian tugas yang diberikan langsung dikerjakan saat itu juga untuk lebih efisien atau mempermudah kalian nantinya. 

4. Berkumpul Dengan Orang Yang Berkualitas 

Dari berbagai macam riset atau penelitian dalam berkumpul dengan orang –orang yang berkualitas dapat meningkatkan produktivitas dan juga lingkungan yang positif, justru karena itu kalian harus lebih bijak memilih teman dengan adanya lingkungan yang positif kalian lebih meningkatkan produktifitas kinerja kalian 

Adanya kalian dilingkungan yang berkualitas kalian dapat bangkit lebih semangat menjalani skripsi kalian dapatnya support dari berbagai lingkungan yang mendukung kinerja kalian.

5. Mengurangi Kegiatan-Kegiatan Yang Ekstra 

Untuk kalian yang masih aktif dan mengikuti kegiatan ekstra di kampus coba lah untuk kalian mengurangi kegiatan ekstra tersebut dan mengikuti seperlunya. Adanya kegiatan terlalu ekstra dapat menyita waktu kalian mengerjakan skripsi cobalah untuk fokus dengan tugas akhir kalian memulailah dikit demi sedikit., dengan adanya kalian mengurangi kalian akan mempermudah kalian untuk menempuh kelulusan   

6. Punnya Waktu Istirhat Yang Cukup

Memang waktu semester akhir itu tugas tugas kalian makin banyak, dengan begitu kalian banyak waktu padat sekali dengan mengejar tugas kalian, sediakan waktu kalian yang cukup untuk beristirahat jangan terlalu memaksakan diri kalian karena kalian kalau sakit, kalian akan kehabisan waktu kalian dansulit berkonsentrasi. 

7. Menentukan Topik Dan Judul 

Sebelum kalian menentukan skripsi apa  yang harus kalian buat kalian juga memikirkan topik atau  dan analisis yang kalian pahami dalam menempuh skripsian, tetapi kalian harus menyiapkan beberapa opsi judul dari skripsi, lalu susunlah  apa aja yang akan kamu kerjakan dalam skripsi. 

Dengan adanya opsi topik yang kalian buat jika topik pertama yang kalian minati ditolak pembimbing bisa kalian ganti opsi berikutnya  tanpa harus memikirkan topik lainnya dengan menarik dan sekreatif kalian sebelum topik atau judul kalian diambil olah mahasiswa lain.  

8. Mulailah Untuk Tugas Akhir

Mungkin dari kalian  di semester akhir ini kalian sudah di titik jenuh dan ingin segera lulus tetapi rasa malas dan tugas banyak kalian menund- nunda pekerjaan skripsi kalian dan belum mempunyai ide topik sama sekali. Coba lah untuk kalian memulai skripsi dikit demi sedikit dan menghilangkan rasa malas dan mencoba untuk menulisnya dan memikirkan topik dan ide saat kalian diwaktu senggang dan luang. 

9. Konsisten 

Rasa malas dapat dibasmi dengan konsistensi pada diri kita dalam melakukan aktifitas yang kita kerjakan dengan konsisten dalam waktu, tujuan, dan konsisten terhadap tugas skripsi. Jangan kalian berubah-ubah  di hari ini kalian bersemangat yang menggebu gebu dan keesokkan kalian sudah malas-malasan lagi. 

Dengan kalian berkomit dengan diri sendiri kalian akan dapat dipercaya dan berkualitas terhadap apa saja yang kalian kerjakan, hilangkan lah rasa malas kalian dengan konsisten sampai tujuan yang kalian ingin dicapai