Fase Dalam Menyusun Skripsi: Tips & Kendala Pembuatan Judul

Skripsi merupakan tugas akhir mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan. Skripsi memiliki ketentuan dan standar yang berbeda beda sesuai dengan panduan masing masing perguruan tinggi. Dalam proses nya, mahasiswa seringkali menemukan kendala ataupun hambatan. Terdapat banyak jenis  hambatan dalam penulisan penulisan skripsi. Namun yang seringkali menjadi hambatan pertama dalam penulisan skripsi ialah penyusunan judul. 

Pembuatan judul atau penyusunan judul skripsi mungkin terlihat mudah bagi mahasiswa yang belum merasakan, ataupun belum berada di tahap pembuatan judul skripsi. Padahal pada kenyataannya, banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam penyusunan judul skripsi, dan tidak sedikit dari mahasiswa tersebut yang sudah menduduki tahun terakhir perkuliahan. Hal ini tentu harus menjadi perhatian mahasiswa karena dalam menyusun judul skripsi, diperlukan persiapan yang matang dan tidak sebentar. Sehingga tidak memakan waktu lebih panjang dalam penulisan skripsi dan dapat selesai tepat waktu. 

Dalam penyusunan judul skripsi, terdapat beberapa proses yang harus lebih dahulu dilakukan. Beberapa hal ini dapat menentukan akankah penyusunan judul skripsi hingga penulisannya akan berjalan dengan baik atau tidak. 

1. Membaca jurnal dan skripsi orang lain

Dalam penyusunan judul skripsi, penting untuk kita membaca dan mempelajari hasil tulisan ataupun skripsi orang lain. Skripsi orang lain dapat ditemukan di kampus ataupun secara online. Karena engan kita banyak membaca skripsi orang lain, kita akan bisa menentukan topik apa yang akan dibahas dalam skripsi sehiangga penyusunan judul akakn lebih mudah dilakukan. 

2. Luangkan waktu untuk konsultasi.

Dalam penulisan skripsi tentu setiap mahasiswa memiliki dosen pembimbing. Dosen pembimbing memiliki peran penting dalam penyusunan skripsi sehiangga harus dapat dimanfaatkan dengan baik, yaitu dengan konsultasi mengenai apa yang akan dibicarakan dalam penelitian tersebut, termasuk penyusunan judul skripsi. Dosen pembimbing pasti sudah memiliki banyak pengalaman dalam membantu mahasiswa mengerjakan skripsi, sehingg dosen pembimbing memiliki pandangan yang cukup luas dalam membantu penyusunan judul skripsi bagi mahasiswa. Itulah mengapa konsultasi kepada dosenpembimbing sangat penting. 

3. Sesuaikan dengan minat

Selama perkuliahan pasti mahasiswa memiliki mata kuliah favorit, atau mata kuliah yang diminati. Saat menyusun judul skrpsi, penting bagi mahasiswa untuk menyesuaikan tema yang akan ditulis dengan minat mahasiswa. Dengan keselarasan minat dan keinginan, penyusunan judul hingga proses penulisannya akan selalu diiringi dengan keingintahuan sehingga penulisan skripsi akan berjalan dengan baik dan tidak ogah-ogahan. 

Selain daripada beberapa hal yang menjadi tiang penyusunan judul skripsi tersebut, terdapat beberapa kendala yang biasanya timbul dalam menyusun judul skripsi, yang tentunya harus dapat dihindari dan diatasi oleh mahasiswa. Kendala yang timbul antara lain adalah:

1. Terpaku pada teman

Dalam menyusun judul seringkali terjadi pada mahasiswa, ingin membuat judul yang tidak kalah baik dari teman. Padahal seperti yang sudah tertera diatas, menulis skripsi sebaiknya sesuai dengan minat dan keinginan kita sehingg adalam penyusunannya mahasiswa dapat enjoy dan tidak terpaku pada tema dan judul orang lain. 

2. Menginginkan kesempurnaan

Mahasiswa seringkali beranggapan bahwa judul skripsi yang sempurna adalah judul dengan kata yang banyak, rumit, dan tidak umum. Padahal semakin mudah dipahami, semakin bagus. Dan yang terpenting adalah bukan seberapa panjang dan rumit judul skripsi nya, tapi kualitas dan substansi pada isi skripsinya. Judul memang memiliki peran penting dalam skripsi. Tapi isilah yang menjadi tolak ukur utama dalam penentuan apakah mahasiswa akan lulus atau tidak.   

3. Hanya terpaku pada satu topik

Memang dalam menulis dan menyususn judul skripsi, penting bagi mahasiswa untuk menyesuaikan tema dengan minat ataupun mata kuliah favorit. Akan tetapi, alangkah lebih baik apabila mahasiswa dapat menyiapkan beberapa judul skripsi.  Nantinya mahasiswa akan melakukan bimbingan bersama dosen pembimbing dan akan dipilih judul dan topik terbaik yang akan dijadikan bahan penelitian yang akan disesuaikan dengan isu terbaru dan terhangat. Sehingga penelitian masih fresh dapat menjadi referensi baru untuk penulis lainnya.


Oleh : Muhammad Zaid Anshari