Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembangkan Topik Penelitian

Sebelum memulai penelitian, anda perlu memilih topik penelitian yang memang sesuai dengan bidang Anda. Jangan sampai, untuk bidang yang dipilih belum Anda pahami sepenuhnya. Karena, hal ini akan sangat berpengaruh nantinya saat Anda mengerjakan penelitian tersebut.

Sebuah penelitian sudah pasti dilakukan harus dengan cermat. Tidak asal, dan sesuai ketentuan yang berlaku. Lalu, bagaimana jika Anda memilih penelitian yang tidak sesuai pada bidangnya? Sudah pasti, akan banyak sekali masalah yang datang.

Ketika kita memulai sebuah penelitian hal yang pertama kali diidentifikasi adalah topik. Namun sebenarnya apa itu topik? Topik adalah subjek atau pokok bahasan dari studi yang diusulkan, seperti "kondisi sosial negara," "media massa," atau "masalah psikologis." Ketika topik tersebut telah terbantuk hal yang selamjutnya dilakukan adalah menjelaskan topik tersebut kedalam beberapa kata atau dalam frasa singkat. Topik tersebut dapat menjadi ide pokok untuk dipelajari. 

Membuat Judul atau Draf

Ada beberapa cara untuk mendapatkan beberapa wawasan tentang topik untuk sebuah penelitian, salah satunya adalah dengan menyusun judul singkat untuk pembelajaran. Judul karya atau draf menjadi tanda jalan utama dalam penelitian. Karena fungsi topik itu sendiri adalah untuk menyampaikan kepada orang lain gagasan sentral dari sebuah penelitian.

Namun ada beberapa kekurangan yang seringkali dialami ketika membuat judul, yaitu judul yang dibuat menggunakan bahasa yang kompleks dan ilmiah. Pembuatan judul yang rumit ini biasanya dipengaruhi oleh jurnal atau artikel ilmiah yang digunakan sebagai referensi. Untuk memulai sebuah penelitian tentunya dibutuhkan pemikiran yang tidak rumit agar hasilnya mudah dibaca dan dipahami. Sebagai contohnya ingat kembali referensi artikel yang telah kalian baca, kalau mudah dan cepat dibaca, kemungkinan besar ditulis dalam bahasa umum yang dapat dengan mudah dipahami oleh banyak orang.

Lalu bagaimana cara membuat judul yang tepat? Tentunya dengan tidak menggunakan kata-kata yang tidak perlu, seperti “Sebuah Pendekatan untuk . . ., Sebuah Studi . . .," Dan seterusnya. Selain itu juga gunakan judul yang tidak lebih dari 12 kata, dan pastikan bahwa judul yang kalian buat itu mencakup fokus atau topik penelitian. 

Membuat Pertanyaan Singkat

Hal lain yang dapat kalian lakukan untuk mengembangkan topik adalah membuat topik dalam bentuk pertanyaan singkat. Pertanyaan apa yang perlu dijawab dalam studi yang diusulkan? Sebagai contoh, “Apakah faktor ekonomi dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang?” Saat menyusun pertanyaan seperti ini, fokuslah pada topik utama dalam pertanyaan sebagai dasar penelitian. Pertimbangkan bagaimana pertanyaan ini agar dapat diperluas lebih deskriptif dalam studi kalian.

Adapun beberapa pertimbangan mengapa anda memilih dan mengembangkan topik untuk penelitian kalian, yaitu mengapa topik kalian dapat atau harus diteliti. Apakah topik yang kalian angkat tersebut merupakan penelitian lanjutan dari literatur yang sudah ada, atau mungkin topik yang kalian angkat relevan dengan kejadian yang ada di sekitar kalian?

Selain kepentingan sebuah topik yang diangkat, anda juga dapat mengangkat topik yang menarik. Topik yang menarik tersebut dapat berupa trend atau isu yang sedang naik daun saat ini. Dengan dipilihnya topik yang menarik tersebut, anda juga dapat dimudahkan untuk mendapatkan referensi atau rujukan yang anda butuhkan untuk melengkapi data penelitian.

Pendukung Data Untuk Penelitian

Datang ke perpustakaan adalah hal yang perlu anda lakukan untuk mengembangkan topik penelitian anda. Mengapa? Karena perpustakaan memiliki banyak jurnal dan buku yang dapat menambah data-data untuk mendukung penelitian anda. Karena ketika anda sudah menemukan jurnal atau buku yang relevan dengan topik yang anda angkat maka anda dapat memiliki sudut pandang baru mengenai penelitian yang akan anda lakukan.

Setelah anda mengumpulkan data-data yang sekiranya valid atau relevan dengan penelitian anda, yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah menemui dosen pembimbing anda. Tidak ada salahnya untuk melakukan diskusi dengan dosen pembimbing mengenai topik yang kalian angkat. Justru, inilah yang harus dilakukan karena dengan adanya diskusi dengan dosen pembimbing anda akan mendapatkan insight dan rekomendasi untuk pengembangan topik yang anda angkat tersebut.

Mengembangkan topik untuk sebuah penelitian memang tidaklah mudah, namun dengan melihat kembali bagaimana topik itu disusun dengan membuat draf awal, perlu kemana untuk mencari referensi untuk pendukung data anda, dan meminta saran atau rekomendasi dari dosen pembimbing, hal-hal tersebut sangat perlu untuk dilakukan agar sebuah topik dapat dikembangkan menjadi sebuah penelitian yang dapat bermanfaat bagi pembacanya. 

Berikut beberapa hal tentang cara mengembangkan topik penelitian semoga dapat menjadi referensi tambahan bagi anda.

Oleh : Shadra Izza Azhari