Cara Memilih Metode Penelitian Yang Sesuai Dengan Penelitian!

Sebagian besar mahasiswa bingung akan memilih jenis metode penelitian pada penelitian yang akan mereka susun. Karena memilih metodologi penelitian yang sesuai bisa menentukan keberhasilan dan kualitas pada karya tulis ilmiah yang disusun, baik itu skripsi, tesis, artikel atau jurnal hingga karya ilmiah yang lainnya. Oleh karena itu, tahap ini adalah tahap yang sangat penting sebagai pondasi penelitian.

Sebelum kamu memilih metode penelitian untuk penelitian yang akan kamu susun. Alangkah baiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis pada metode penelitian, berikut adalah jenis-jenis metode penelitian yang harus kamu ketahui:

Jenis-jenis Metode Penelitian

Untuk mengetahui cara memilih metode penelitian yang tepat. Kamu harus memahami terlebih dahulu jenis-jenis pada metode penelitian. Terdapat ada dua pendekatan umum dalam mengumpulkan sebuah data yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Mari kita pahami terlebih dahulu secara detail apa itu penelitian kualitatif dan kuantitatif

Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif umumnya mengumpulkan data dalam bentuk angka dan grafik untuk menguji dan mengkonfirmasi suatu teori atau sebuah asumsi. Data yang dikumpulkan berupa sebuah informasi faktual tentang topik yang diteliti. Jika kamu melaksanakan penelitian dengan metode penelitian kuantitatif, maka informasi faktual dapat dapat kamu kumpulkan dengan berbagai cara diantaranya:

  1. Survei: Survei terdiri dari daftar pertanyaan dalam bentuk pilihan-pilihan jawaban atau penilaian yang ditanyakan baik secara langsung maupun secara online. Hasil penelitian tidak bisa langsung di klaim berdasarkan hasil yang di dapat. Berikan informasi-informasi detail contohnya seperti kapan dan dimana kamu melakukan survei, berapa rata-rata waktu yang dibutuhkan responden dalam menjawab pertanyaan, tingkat pemberian tanggapan, dan lain sebagainya. Selain itu juga, kamu dapat menyertakan daftar kuisioner lengkap dengan lampiran sehingga pembaca dapat melihat dengan tepat data yang dikumpulkan.
  2. Eksperimen: Dalam metode ini, pengujian dilakukan di lingkungan yang kamu kondisikan untuk pengambilan data. Jenis data yang digunakan untuk situasi di mana variabel dikendalikan dan dimanipulasi tujuannya untuk membangun hubungan sebab-akibat. Sebaiknya, sertakan informasi yang berisi lengkap dengan laporan kamu tentang bagaimana kamu merancang eksperimen, alat teknik, dan prosedur apa yang kamu gunakan dalam melakukan tes tersebut.
  3. Existing data: Bisa diartikan juga sebagai metode kajian pustaka yang di mana data dikumpulkan dari beberapa sumber yang ada seperti publikasi atau data arsip untuk dimasukan dalam analsisi.  Sertakan juga informasi secara rinci data yang kamu gunakan seperti sumber materi, metode apa yang kamu gunakan, hingga kriteria apa yang kamu gunakan untuk memilih rentang tanggal.
  4. Obervasi atau Pengamatan: Kegiatan mengamati orang-orang atau subjek penelitian di lingkungan alami yang dimana variabel tidak dapat dikendalikan.
  5. Analisis pada isi: Hal ini mengacu pada pencatatan secara sistematis kebenaran kata-kata tertentu atau serangkaian teks untuk menganalisis pola komunikasi.

Dalam penelitian kuantitatif, kamu dapat memasukan sebuah informasi tentang:

  • Bagaimana cara data diambil dan dipisahkan sebelum di olah
  • Perangkat lunak yang digunakan untuk menganalisis dana misalnya aplikasi SPSS
  • Metode statistik yang digunakan misalnya analisis regresi , PLS, SEM, dan lain sebagainya.

Contoh pendekatan penelitian kuantitatif

Kamu bisa melakukan survei terhadap 100 siswa di suatu sekolah dengan pertanyaan “Dalam skala 1-5, seberapa puas anda dengan keterampilan guru dalam mengajar”. Kamu bisa melakukan analisis statistik pada data dan menarik kesimpulan seperti “Rata-rata siswa menilai guru mereka 3,3”.


Penelitian Kualitatif

Metode penelitian ini digunakan untuk memahami pemikiran, konsep, atau pengalaman orang melalui wawancara, studi kasus, analisis wawancara, dan tinajauan pustaka. Pada dasarnya, penelitian ini merupakan survei yang digunakan untuk mengumpulkan pemikiran dan pengalaman orang. 

Seperti penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif juga mempunyai teknik-teknik yang dapat kamu terapkan, diantaranya:

  1. wawancara: metode yang dilakukan dengan mengajukan sebuah pertanyaan terbuka secara lisan kepada responden. Jelaskan kapan, di mana, dan bagaimana wawancara dilakukan. Sertakan juga informasi secara rinci tentang bagaimana kamu menemukan dan memilih peserta.
  2. Focus group: Mengumpulkan pendapat dengan meminta kepada sekelompok orang yang mendiskusikan suatu topik.
  3. Studi kasus: hal ini tujuan nya untuk mendalami suatu peristiwa, organisasi, seseorang, atau kelompok. Jelaskan juga tentang bagaimana kamu memilih bahan studi kasus kamu (seperti teks atau gambar) untuk analisis kamu. 
  4. Literatur-riview: Sebuah survei karya yang dimana diterbitkan oleh penulis lain.

Contoh pendekatan penelitian kualitatif

Penelitian tentang penerapan kurikulum baru yang akan diterapkan pada sekolah yang dilakukan dengan metode wawancara mendalam dengan sekitar 20 siswa dengan pertanyaan, contohnya “bagaimana tanggapan anda tentang kurikulum disekolah kamu?”, berdasarkan jawaban yang kamu dapatkan, kamu bisa menyalin semua wawancara menggunakan perangkat lunak transkripsi dan menemukan kesamaan dan pola dalam sebuah tanggapan.

Kesimpulan: Cara untuk memilih metode penelitian

Cara untuk memilih metode peneltian ini pada akhirnya hanyalah sebuah pengetahuan, dan juga sebagai rujukan kamu dalam menentukan metodologi penelitian yang sesuai dengan penelitian kamu. Tujuan kamu bukan hanya sekedar untuk menggambarkan motode kamu saja, akan tetapi untuk menunjukan bagaimana dan mengapa kamu menerapkannya dan menunjukan bahwa penelitian kamu dilakukan dengan benar dan valid.

Pada intinya cara untuk memilih metode penelitian yang sesuai adalah:

  1. Apa tujuan penelitian kamu?.
  2. Tentukan bagaimana cara kamu memperoleh data.
  3. Selalu rujuk penelitian-penelitian sebelumnya.

Demikian pembahasan singkat tentang cara memilih metode penelitian yang tepat pada penelitian yang akan disusun, semoga dapat menjadi referensi atau ilmu bagi anda.


Oleh: Riko Pebrian
Universitas Nusa Putra