Apa itu Skripsi? Yuk, Kenalan

Apa itu Skripsi? Yuk, Kenalan — Bagi mahasiswa, kata 'skripsi' tak lagi asing terdengar. Skripsi merupakan suatu karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai prasyarat terakhir dalam menyelesaikan pendidikan Strata 1 (S-1). Skripsi juga dikenal dengan sebutan Tugas Akhir (TA).

Bagi sebagian mahasiswa, skripsi merupakan suatu hal yang menantang yang menjembatani perjuangan selama kuliah dengan pintu kesuksesan. Namun, bagi sebagian mahasiswa yang lain, skripsi menjadi momok yang menakutkan. Hal ini dikarenakan proses membuat skripsi itu sendiri terkenal sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Sebutan karya ilmiah yang terkesan sulit ini sebenarnya sudah tidak asing pula bagi kita untuk dihadapi. Misalnya, ketika masa-masa sekolah kita ditugaskan untuk membuat makalah dan ketika kuliah pun sama. Hanya saja, karangan ilmiah yang dibuat saat itu ditulis dengan seadanya tanpa melihat sumber-sumber yang bisa dipertanggungjawabkan, tujuan dan perumusan masalah yang asal. Kita terbiasa melakukan copy-paste dari blogspot yang muncul berdasarkan pencarian dan tidak melakukan pemeriksaan kebenaran teori dan sumber lebih lanjut.

Pengertian Skripsi dan Penelitian

Skripsi tak hanya sekedar karya tulis biasa. Skripsi merupakan hasil daripada penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa Strata 1 (S-1) dan dituangkan dalam bentuk karangan ilmiah sebagai bagian dari prasyarat penyelesaian pendidikan akademisnya.

Widharyanto (dalam Herlina, 2008) mengatakan bahwa skripsi merupakan karya ilmiah dalam suatu bidang studi yang dibuat oleh para mahasiswa strata satu pada masa akhir studinya sebagai persyaratan untuk menyelesaikan program studi. Studi yang dibuat harus berdasarkan pada suatu penelitian ilmiah, baik penelitian lapangan, penelitian perpustakaan, atau penelitian pengembangan.

Sedangkan menurut Hariwijaya dan Djaelani (dalam Hayati, 2008), skripsi adalah tulisan ilmiah yang dibuat sebagai syarat seorang mahasiswa menyelesaikan studi program sarjananya. Skripsi ini ditandai sebagai bukti kemampuan akademik mahasiswa dalam penelitian. Skripsi menjadi syarat kelulusan di perguruan tinggi dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengungkapkan pikirannya secara sistematik.

Skripsi merupakan suatu jenis karya ilmiah untuk memenuhi syarat kelulusan Strata 1 (S-1). Umumnya berisi penelitian lapangan ataupun penelitian berbentuk kualitatif atau kuantitatf yang sistematika penulisannya ditulis sesuai aturan. Tanpa penelitian, maka tidak akan ada karya ilmiah. Sekilas tentang penelitian, berikut beberapa definisi penelitian menurut para ahli.

Menurut Cooper & Emory (2005), Penelitian adalah proses penyelidikan secara sistematis yang ditujukan pada penyediaan informasi untuk menyelesaikan masalah-masalah.

Indriantoro & Supomo (2009) menyatakan bahwa penelitian merupakan refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam. Perhatian atau pengamatan awal terhadap fakta atau fenomena merupakan awal dari kegiatan penelitian yang menimbulkan suatu pertanyaan atau masalah. 

Sedangkan definisi penelitian menurut Sugiyono (2006) ialah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan atau kegunaan tertentu.

Jadi, penelitian adalah proses mengumpulkan, mencatat, dan menganalisis data secara sistematis dengan tujuan untuk mencari solusi atas permasalahan dan mengambil keputusan.


Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian atau skripsi adalah sebagai berikut.

  1. Untuk menyelidiki suatu masalah yang muncul dan memerlukan solusi.
  2. Untuk membuktikan atau menguji tentang kebenaran dari berbagai pengetahuan atau teori yang sudah ada.
  3. Untuk menguji suatu fenomena untuk menemukan teori yang baru.
  4. Untuk meningkatkan atau mengembangkan pengetahuan mengenai suatu bidang keilmuan yang sudah ada.
  5. Untuk investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis mengenai suatu fenomena.

Selain tujuan secara umum, para ahli memiliki pendapat berbeda mengenai tujuan penelitian. Berikut tujuan penelitian menurut para ahli.

  1. Locke, Spirduso, dan Silverman (dalam Creswell, 2016) berpendapat bahwa tujuan penelitian adalah untuk menunjukkan serangkaian pertanyaan mengenai “mengapa Anda ingin melakukan riset dan apa yang ingin Anda dapatkan?”.
  2. Menurut Beckingham (1974), tujuan suatu penelitian yaitu untuk mengidentifikasi atau menggambarkan suatu konsep atau untuk menjelaskan atau memprediksi suatu situasi atau solusi untuk suatu kondisi atau fenomena yang mengindikasikan jenis studi yang akan dilakukan.
  3. Rina Hayati (2021) mengatakan bahwa tujuan penelitian adalah bagian daripada adanya bentuk pernyataan terkait mengapa riset dijalankan. Sehingga dalam penulisan tujuan penelitian boleh jadi berisi identifikasi konsep guna menjelaskan atau memprediksi situasi atau solusi untuk situasi yang menunjukkan jenis studi yang akan dilakukan.
  4. Sugiyono mengungkapkan bahwa tujuan penelitian yaitu agar data dapat ditemukan, dikembangkan, dan dibuktikan. Sedangkan hasil atau output dari penelitian nantinya akan memperoleh pengetahuan baru sehingga dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah.

Proses Penelitian

Proses penelitian ilmiah adalah proses beberapa langkah dimana langkah-langkah tersebut saling berkaitan dengan langkah lain dalam proses.

  1. Identifikasi Masalah
  2. Meninjau Literatur
  3. Menentukan Konsep dengan Jelas
  4. Tentukan Desain Penelitian
  5. Analisis Data

Perbedaan Skripsi dan Tugas Akhir

Meski seringkali disebut sama saja, skripsi dan tugas akhir ini memiliki sedikit perbedaan. Perbedaan utamanya adalah skripsi ditulis guna prasyarat kelulusan sarjana (S-1) sedangkan tugas akhir merupakan prasyarat kelulusan diploma (D-IV). Perbedaan lainnya yaitu jika skripsi penelitiannya bersumber dari buku, jurnal penelitian, laporan penelitian, seminar atau keadaan lapangan. Sementara tugas akhir seringkali mengangkat masalah-masalah yang berkaitan dengan dunia kerja, bisa menciptakan alat atau prototipe ataupun mengangkat penelitian dari hasil praktek kerja lapangan (magang) yang dijadikan karya ilmiah.

Pada intinya, skripsi merupakan karya ilmiah yang berasal dari penelitian yang wajib dilakukan mahasiswa Strata 1 sebagai syarat kelulusan. Skripsi atau tugas akhir memiliki berbagai tujuan dan tentunya melalui beberapa proses penelitian hingga akhirnya dapat dipertanggungjawabkan melalui sidang skripsi. Demikian pembahasan singkat seputar skripsi yang perlu kita kenali, semoga bermanfaat.

Oleh : Indira Aurora Amarilis Santoso