Akhir Semester Sudah Dekat, Persiapkan Dirimu Untuk Ujian Akhir Semester

Hampir selesai semester gasal dan kamu sebagai mahasiswa harus mempersiapkan diri untuk Ujian Akhir Semester (UAS). Masa ujian adalah salah satu waktu yang cukup menantang dan boleh jadi menegangkan bagi seorang mahasiswa. Untuk itu ada beberapa tips berguna bagi kamu untuk membantu kamu mempersiapkan diri dan mendapatkan nilai ujian yang bagus nantinya.
 

 

1. Gunakan gaya belajar kamu

Saat kamu belajar untuk mempersiapkan UAS, kamu hanya perlu menggunakan gaya belajar yang biasa kamu gunakan selama ini. Kalau kamu lebih menyukai macam-macam warna kamu bisa gunakan catatan warna-warni, kartu flash, grafik, mind map, atau bagan agar kamu dapat meningkatkan daya ingat kamu. Apakah mendengarkan musik membuat sesi belajar kamu lebih efektif? Nah, cobalah musik tanpa lirik untuk membantu kamu lebih asik ketika belajar.

Kamu juga dapat menggabungkan gaya belajar agar lebih produktif. Tentunya setiap orang memiliki preferensi masing-masing dalam menggunakan gaya belajar yang cocok, yang berarti kamu perlu menemukan dan menggunakan gaya belajar yang paling cocok untuk kamu.

2. Hafalkan materi untuk ujian

Materi selama satu semester boleh jadi cukup banyak untuk dihafalkan. Untuk itu mulailah dari awal dengan mengumpulkan materi yang relevan dari awal semester hingga akhir semester. Materi-materi tersebut tidak akan sulit untuk dicari kalau kamu rajin mencatat selama perkuliahan berlangsung. Kumpulkan catatan dan jadikan satu, cari buku penunjang lainnya apabila kamu merasa catatan yang kamu punya belum lengkap, lengkapi catatan yang kamu punya dan yang selanjutnya perlu dilakukan kamu hanya perlu untuk menghafalkan materi tersebut dari catatan yang kamu punya.

3. Cari teman belajar

Saat belajar untuk UAS, ada baiknya belajar dalam kelompok bersama teman-teman satu kelas atau jurusan untuk belajar bersama agar kamu bisa saling membantu apabila mengalami kesulitan ketika belajar. Selama sesi belajar ini, kamu mempelajari kembali materi yang sudah kamu catat dan akan lebih mudah lagi dengan menjelaskannya satu sama lain dengan teman-teman belajar kamu. Kamu sudah punya catatan dan buku yang berisi materi perkuliahan untuk membantu kamu dan teman-teman kelompokmu belajar bersama. Satu lagi alasan untuk memiliki kelompok belajar sendiri adalah kamu dan teman-teman kamu sudah akrab satu sama lain yang akan memudahkan kamu memahami materi perkuliahan ketika belajar bersama teman-teman kamu.

4.  Uji coba ujian untuk diri sendiri

Jika kamu sudah hafal materi dan merasa siap, cobalah menguji diri sendiri. Tutupi catatan dan coba jelaskan isi catatan tersebut kepada diri sendiri. Pikirkan tentang pertanyaan yang kira-kira akan muncul saat ujian nanti, sehingga kamu akan lebih terbiasa dengan topiknya. Buatlah semenarik mungkin bagaimana cara kamu untuk menjelaskan materi-materi perkuliahan yang sudah kamu hafalkan. Mungkin dengan memberikan self reward seperti makan snack atau isirahat sejenak ketika kamu bisa menjelaskan dengan lancar materi-materi tersebut.

5.  Istirahat yang cukup

Sangat penting untuk tidur (atau setidaknya mencoba untuk tidur) sebelum kamu melakukan ujian. Santai dan ingat bahwa kamu telah melakukan apa yang kamu bisa. Tubuh kamu juga perlu istirahat hindari tidur larut malam dan begadang, tidurlah dengan waktu minimal 7 jam. Yang terpenting adalah percaya diri dengan apa yang sudah kamu pelajari. Berjalan-jalan sebentar di luar rumah, mendengarkan musik atau hanya membaca buku, atau meakukan apapun untuk menenangkan pikiran kamu. Jika kamu ingin belajar ulang di menit terakhir sebeum ujian dimulai, kartu flash yang berisi materi singkat bisa sangat berguna daripada membaca ulang seluruh buku dari awal.

6. Tetap tenang ketika ujian

Ada kalanya ketika materi yang kamu pelajari untuk ujian tetapi tidak muncul saat ujian, atau mungkin kamu sudah menghafal dan mempelajari materi tersebut tetapi kamu lupa ketika ujian berlangsung. Yang pertama kamu lakukan jika mengalami lupa atau materi yang tidak muncul saat ujian adalah tetap tenang dan jangan panik. Coba ingat-ingat kembali apa yang sudah kamu pelajari pada hari-hari sebelumnya, Jika kamu masih merasa panik, cobalah teknik pernapasan santai terlebih dahulu untuk membantu agar kamu kebali fokus.

Jika kamu mengikuti 6 poin penting ini untuk kamu persiapan ujian semester, kamu akan mengikuti ujian akhir dengan perasaan siap, percaya diri, dan siap untuk setiap pertanyaan yang datang kepada kamu. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan membantu. Terima kasih.