6 Tips untuk Kamu yang Ingin Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Sebagai seorang mahasiswa tentunya kita memiliki goals atau tujuan yang ingin dicapai, seperti menjadi lulusan terbaik atau mungkin salah satunya adalah menjadi mahasiswa berprestasi. Tentunya untuk mencapai tujuan tersebut, kita memerlukan usaha yang lebih dan rasa untuk tidak mudah menyerah. Karena selagi kita masih menjadi mahasiswa kita akan memiliki banyak waktu untuk menggapai impian, seperti yang diketahui apa yang kita tuai itulah yang kita tanam. Beranilah untuk mencoba segala hal baru saat menjadi mahasiswa meskipun kita harus menemui kegagalan, hal itu lebih baik daripada kita tidak pernah mencobanya sama sekali. Ambillah semua kesempatan yang ada di depanmu selama itu baik dan mampu menjadi salau jalan tercapainya keinginan kita.

Menjadi seorang mahasiswa berprestasi adalah impian banyak mahasiswa, hal tersebut membuat kita merasa memiliki tempat tersendiri sebagai mahasiswa dan merupakan pengalaman paling besar yang tentunya juga dapat menunjang karir kita dimasa depan. Mahasiswa berprestasi umumnya adalah mahasiswa dengan nilai akademik yang baik dan menonjol di antara mahasiswa lainnya, aktif mengikuti organisasi maupun kegiatan lainnya serta aktif berkontribusi untuk almamaternya maupun masyarakat luas. Berikut adalah hal yang dapat mendukung kamu untuk menjadi mahasiswa berprestasi:

1. Tingkatkan dan Pertahankan Nilai Akademik



Seorang mahasiswa berprestasi tentu harus memiliki nilai akademik yang bagus dan menonjol di antara mahasiswa lainnya. Untuk mendapatkan hal tersebut, cobalah memahami gaya dan cara belajar kita adalah tipe yang seperti apa, dengan begitu kita akan menjadi lebih fokus dan mudah memahami materi yang kita pelajari. Karena sejatinya kita harus memahami apa yang kita pelajari dan bukan hanya sekedar menghafalnya saja, latihlah dengan rajin mengerjakan soal-soal latihan. Selain itu kita juga harus menjadi pribadi yang aktif di dalam kelas, seperti mengajukan pertanyaan dan aktif memberikan pendapat ketika sedang berdiskusi. Hal tersebut tidak hanya akan memperluas wawasan kita, tetapi juga membuat pikiran kita lebih terbuka. Setelah itu, cobalah untuk terus meningkatkan nilai yang dimiliki dan berusaha untuk terus mempertahankannya, dan hindari mendapatkan nilai di bawah standar hingga mengakibatkan harus mengulang mata kuliah tertentu.

2. Manajemen Waktu yang Baik



Carilah kapan waktu produktif kita, gunakan waktu-waktu produktif tersebut untuk belajar dan mengerjakan tugas. Selain dari waktu-waktu produktif tersebut, dapat digunakan untuk hal lain yang bermanfaat. Pandailah dalam membagi waktu antara kegiatan akademik, keluarga, maupun organisasi yang diikuti. Manajemen waktu yang baik akan membantu untuk mencapai target-target yang sudah kita susun.

3. Membuat Rencana dan Target Harian, Mingguan bahkan Bulanan



Membuat Rencana dan Target akan sangat bermanfaat untuk mendukung kegiatan yang akan kita jalani dan membuat kita menjadi orang yang tersusun. Buatlah dari rencana dan target harian, mingguan, hingga bulanan. Isilah target yang mampu mendukung tujuan kita dan susunlah rencana-rencana untuk mencapai target yang telah dibuat, hal tersebut juga mampu mendorong kita untuk selalu berusaha lebih giat dari sebelumnya untuk memenuhi hal tersebut.

4. Aktif Berorganisasi Serta Mengikuti Berbagai Lomba atau Publikasi Ilmiah



Mahasiswa berprestasi tidak hanya dituntut untuk memiliki nilai akademik yang sempurna, tetapi juga harus aktif mengikuti berbagai kegiatan positif, seperti : (1) Mengikuti organisasi yang ada di kampus yang tentunya memberikan dampak positif terhadap diri kita. (2) Mengikuti berbagai macam lomba yang ada, tidak penting menang maupun kalah karena hal tersebut merupakan hal yang wajar dalam perlombaan. (3) Mencoba untuk mempublikasikan hasil karya ilmiah yang dibuat, dan tentunya masih banyak kegiatan-kegiatan positif lainnya yang dapat menjadi jembatan agar kita meraih tujuan kita.

5. Perluas Koneksi



Sebagai mahasiswa bangunlah relasi dengan banyak orang seperti dengan teman organisasi, dosen dan siapapun yang dapat memberikan dampak positif kepada kita. Ambillah banyak ilmu dari mereka dan amatilah bagaimana mereka belajar. Selain itu, cobalah berkomunikasi dengan mahasiswa berprestasi sebelumnya, tanyakan banyak hal kepadanya tentang sukses menjadi mahasiswa berprestasi dan carilah mentor yang dapat membantu kita mencapai tujuan kita.

6. Kembangkan Skill yang Dimiliki


Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki sebagai seorang mahasiswa berprestasi adalah public speaking, latihlah kemampuan public speaking yang kita miliki dengan banyak berbicara di depan orang seperti saat sedang berdiskusi maupun melakukan latihan secara mandiri atau dengan mengikuti kelas public speaking. Tidak hanya public speaking, komunikasi, kepemimpinan juga merupakan kemampuan yang sangat penting dan masih banyak kemampuan yang bisa dikembangkan untuk mencapai tujuan kita.

Itulah 6 tips yang dapat diterapkan untuk menjadi mahasiswa berprestasi, tidak hanya itu tips-tips tersebut dapat diterapkan untuk siapapun kamu sebagai seorang mahasiswa, karena kampus adalah tempat kita untuk meraih banyak pengalaman dan pembelajaran.

Oleh : Yuliana Puspitasari
Universitas Negeri Jakarta