CARA MEMBUAT KUESIONER ONLINE GRATIS UNTUK MAHASISWA INDONESIA

Cara membuat kuesioner online gratis: Bagi kamu mahasiswa yang sedang melakukan penelitian tugas akhir seperti skripsi, tesis, ataupun penelitian survey lain, pastinya sudah tidak aneh dan asing lagi dengan kuesioner.  Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden secara langsung maupun tidak langsung. Kuesioner termasuk aspek penting dalam penelitian yang terdiri dari serangkaian pertanyaan untuk mengumpulkan informasi dari responden. , membuat kuesioner adalah salah satu komponen penelitian yang wajib dilakukan oleh seseorang yang sedang melakukan penelitian terutama penelitian kuantitatif. Di jaman digital yang sudah modern ini kuesioner sudah bisa dibuat secara online. Jadi kita tidak usah repot-repot untuk menyebarkan kuesioner langsung bertemu responden. Kita cukup share link kuesioner online lalu minta pada responden untuk mengisinya. Jadi kalian tidak usah repot-repot untuk print dan fotokopi kuesioner, lebih hemat dan praktis bukan.  

Bagaimana cara membuat kuesioner online?, Membuat kuesioner online dapat dilakukan dengan menggunakan flatform online. Beruntunglah kalian yang hidup pada jaman saat ini, semua serba cepat, muda dan praktis. Tinggal kitanya saja yang mau atau tidak. Oke, langsung saja, sekarang ini ada layanan yang menawarkan pembuatan kuesioner online. Salah satu diantaranya yang terbaik, paling populer dan banyak digunakan adalah kuesio.id. Simak caranya dibawah ini :


Membuat Kuesioner Online Menggunakan Kuesio.id

Kuesio adalah sebuah platform untuk membuat kuesioner online yang ditujukan untuk membantu mahasiswa Indonesia dalam mengerjakan penelitian atau skripsinya dengan lebih mudah. Beberapa kelebihan Kuesio antara lain:

  • Mudah dipahami dan digunakan, dengan tampilan desain yang menarik dan berbahasa Indonesia.
  • Dapat digunakan secara gratis tanpa batasan jumlah kuesioner, jumlah pertanyaan, atau jumlah responden
  • Ada template kuesioner penelitian untuk referensi.
  • Ada coding jawaban pada hasil jawaban responden untuk memudahkan analisa di platform lain.
  • Ada fitur perhitungan statistik langsung di platformnya

Tutorial Membuat Kuesioner Online Dengan Kuesio.id

Cara Membuat Akun Kuesio.id

Masuk ke kuesio.id klik log in



Pilih ‘DAFTAR DI SINI’ untuk membuat akun baru di Kuesio



Masukkan nama lengkap, alamat email, dan password (dua kali) kamu. Klik kotak ‘Syarat dan Ketentuan yang menandakan kamu menyetujui syarat dan ketentuan Kuesio (kamu bisa klik tulisannya untuk membacanya). Setelah itu klik tombol ‘Buat Akun’





Kuesio akan mengirimkan email aktivasi ke email kamu yang terdaftarkan tersebut. Silakan cek inbox email kamu, cari email dari Kuesio (jika tidak ada di folder inbox, coba cek ke folder Spam atau atau Junk ya), dan klik ‘Aktifkan Akun Saya’.




Selamat, akun kamu sudah teraktivasi. Kamu akan dibawa lagi ke halaman login, dan silakan masukkan email dan password kamu untuk login. Selamat menggunakan Kuesio!

Kita lanjutkan tutorialnya dalam video ya, agar lebih jelas dipahami ...

TUTORIAL VIDEO CARA MEMBUAT KUESIONER ONLINE DENGAN KUESIO

Untuk lebih jelasnya kami akan sajikan tutorial dalam bentuk video dari mulai 
  • Cara membuat kuesioner di Kuesio
  • Cara melakukan personalisasi desain kuesioner di Kuesio.
  • Cara menyebarkan kuesioner:

    • Bisa set batas aktif kuesioner dari segi waktu atau jumlah responden
    • Bisa langsung sebar di media sosial/chat
    • Terintegrasi dengan platform lain utk mencari responden (Survego dan Menyelami)
    • Keunggulan Kuesio dari sisi analisis
  • Data yg didownload dlm bentuk excel sudah ada coding pilihan jawaban jadi memudahkan utk perhitungan di SPSS/software statistika lain
  • Ada perhitungan statistika deskriptif langsung di Kuesio

Silahkan simak video tutorial membuat kuesioner berikut ini