Alasan Skripsi itu Sulit Bagi Mahasiswa

Skripsi adalah istilah yang digunakan Indonesia untuk meng ilustrasikan sutau karya tulis ilmiah berupa hasil paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Menyusun sebuah skripsi sangat berkaitan erat dengan menulis tentunya poenulisan skripsi ini harus mendapatkan hasil akhir dari masalah ataupun fenomena yang ada, penulisan skripsi juga tidak bisa serta merta hanya menulis atau menyampaikan gagasan dan ide pemikiran, penulisan juga harus di barengsi dengan referensi metode penulisan serta kajian- kajian yang telah dilakukan dalam penelitian sebelumnya.

Dalam penulisan skripsi juga da yang dinamakan pembimbing , tentunya pembimbing ini bertugas mengarahkan mahasiswa yang menulis skripsi ini supaya sesuai dan benar, karne hasil dari penulisan skripsi ini akan di presentasikan dan diuji karyanya, dengan demikian dalam penulisan pembimbing sangat penting peranya.

Yang akan kita singgung saat ini kenapa masih banyak mahasiswa yang was was akan dengan skripsi, serta banyak juga mahasiswa yang kesulitan menyelesaikan skripsi sampai sampai ada beberpa yang tidak melanjutkan studinya di karenkan tugas akhir atau skripsi mereka ini, tetapi perlu di ingat juga bahwa lebih banyak mahasiswa yang selesai dan sukses dengan skripsinya, tentunya itu harus membuat kita bisa mengambil hikmahnya , tetapi apa sih yang malatar belakangi mahasiswa sulit dengan skripsi, berikut beberpa penyebab yang telah di rangkum penulis berdasarkan pengalaman pribadi, dan beberpa teman:


Terkendala Judul

Terkendala Judul ini sering kali jadi alasan kenapa belum selesainya skripsi mulai dari dari internal maupun eksternal, missal dari mahasiswa nya sendiri yang kesulitan menentukan tema apa yang akan di ambil karena berbagai hal, ataupun karena tidak mendapatkan persetujuan dari konsultan akan judl atau tema yang diambil tersebut . Tips nya jangan biasakan perencanaan dari jauh jauh hari semisal kita sudah mempersiapkan apa yang akan kita ambil sebagai judul skripsi mencari referensi sebaiknya dari jauh-jauh ari missal dari awal kita masuk semester 7 atau bahkan semester 6 sudah mulai mempersiapkan .


Persoalan Pembimbing

Persoalan pembimbing juga tidak sedikit yang kesulitan , sebenarnya pemilihan pembimbing ini sendiri di serahkan kepada mahasiswa di beberapa perguruan tinggi yang penulis tahu, jadi pintar-pintarlah kalian dalam memilih pembimbing jangan sampai memilih pembimbing yang jarang berada di kampus , padat jadwalnya ataupun metode bimbingan agak susah , kali bisa tanyakan kepada kaka tingkat kalian


Tepaku Kepada Teman

Terpaku kepada teman ini jarang sebenenar nya hanya saja ada juga mahasiswa yang masih terpaku kepada teman mengatas namakan solidaritas, yang akhirnya membuat kesalahan dalam studi. Perlu di ingat yang menentukan masa depan kita dalah kita sendiri , apalagi bagi mahasiswa yang masihdi biayai oleh orang tua . lulus tepat waktu jadikan salah satu prioritas guys.


Memaksakan dengan Tema Yang sempurna

Bagi mahasiswa ada juga yang menginginkan judul penelitian atau skripsi mereka sangat sempurna bisa dengan mengambil tema yang berbeda ataupun yang sulit dan unik , nah itu bisa jadi penyebabnya di karenakan ketika di pertengahan jalan ada beberpa yang terkendala dengan judul tersebut dan belum menemukan solusinya . tips nya pilihlah judul sesuai dengan kemampuan anda


Merasa Sulit dan Keduluan Putus Asa

Merasa sulit ini sebenarnya berasal dari diri kita sendiri banyak yang merasa sulit tapi tidak mau mencoba kebanyakan seperti itu , sebenarnya sulit itu kita yang buat, dan tidak mau berusaha ketika waktu pengerjaan skripsi berakhir akhirnya putus asa, kalian salah harusnya kalian berjuang terlebih dahulu sebaik mungkin jangan merasa sulit di awal tp pelajari yang membuat kalian sulit itu.


Menunda Nunda Mengerjakan

Persoalan umum ini menunda-nunda banyak sekali yang telat kaena menunda nunda pekerjaan jangankan dari skripsi di masa depan juga hal ini bisa mempengaruhi performa kita, dengan mengganggap mudah kerjaan kemudian menunda nunda pekerjaan akhirnya tidak sempatnya mengerjakan. Intinya jangan malas kerjakan pekerjaan kalian jangan menunda nunda .