Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat BAB 1 Pendahuluan Skripsi

Cara Membuat BAB 1 Pendahuluan Skripsi: Sulit tidaknya membuat BAB 1 skripsi tergantung dari beberapa faktor. Antara lain topik permasalahan yang dipilih dan banyak sedikitnya teori dan referensi yang menunjang. Ada lagi faktor lain berupa teknis pengerjaan seperti lancar tidaknya proses pengerjaan dengan dosen pembimbing hingga kesiapan mental Anda untuk menyelesaikan skripsi dengan baik.

Video Cara Membuat BAB 1 Pendahuluan Skripsi Disertai Contoh


Cara membuat BAB 1 skripsi yang pertama adalah dimulai dari penulisan latar belakang. Bagian ini menjadi bagian pembuka dan pondasi skripsi. Karena, di dalam latar belakang kamu akan menjelaskan faktor-faktor yang menjadi alasan mengapa kamu memilih topik skripsi tersebut serta hal-hal yang melatarbelakangi permasalahan dalam penelitian. Meskipun dipaparkan dalam bentuk paragraf, berikut beberapa poin penting latar belakang yang harus kamu perhatikan agar bab 1 skripsi bisa segera di acc:

  • Menentukan pokok bahasan dalam latar belakang penelitian.
  • Mengurutkan pokok bahasan dari bagian umum ke paling khusus.
  • Mengembangkan tiap pokok bahasan yang sudah ditentukan menjadi sebuah paragraf, perlu kamu ketahui juga sebaiknya tiap paragraf terdiri dari minimal 3 kalimat.
  • Menggunakan referensi paling baru (3-5 tahun yang lalu).
  • Manfaatkan referensi sebagai penunjang untuk mendukung alasan kamu melakukan penelitian.
  • Melakukan parafrase dalam mengutip sebuah teori atau pemikiran yang kamu dapat dari referensi.

bagian ke dua pada BAB 1 skripsi adalah Rumusan Masalah. Dalam bagian ini akan dipaparkan permasalahan yang akan dianalisis dalam penelitian secara jelas. Biasanya rumusan masalah ditulis dalam bentuk kalimat pertanyaan yang menggambarkan secara jelas permasalahan dalam penelitian.

Selanjutnya adalah tujuan penelitian. Dalam bagian ini akan dijelaskan harapan dari penelitian yang kamu lakukan atau bisa juga dalam bentuk kalimat jawaban atas rumusan masalah yang sudah ditentukan.

Lalu dalam BAB 1 skripsi adalah Manfaat Penelitian. Dalam bagian manfaat penelitian dipaparkan kegunaan dari penelitian yang kamu lakukan. Umumnya terdapat dua jenis manfaat penelitian, yaitu:

Manfaat Teoritis 
Manfaat teoritis artinya hasil dari penelitian menjadi pembelajaran bagi orang lain secara teori. Misalnya, skripsimu menjadi referensi bagi mahasiswa lain yang akan melakukan penelitian dengan topik yang mirip. 

Manfaat Praktis 
Penelitian yang kamu lakukan bermanfaat bagi masyarakat atau pihak yang terkait dalam penelitian. Misalnya, menjadi masukan bagi guru atau universitas mengenai sebuah fenomena yang diangkat dalam topik skripsi.