Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terlihat Sepele, Inilah 4 Masalah Yang Dialami Mahasiswa Saat Ujian Skripsi

Terlihat Sepele, Inilah 4 Masalah Yang Dialami Mahasiswa Saat Ujian Skripsi - Menjadi mahasiswa semester akhir tentu sedang mengalami kesibukan yang tak terkira. Mulai dari praktek kerja lapangan (PKl), kuliah kerja nyata (KKN) dan praktek pengalaman lapangan (PPL). Hal itu memang tetlihat menyenangkan. Tapi tahu tidak jika dibalik keceriaan yang mereka tunjukkan, ternyata mereka juga dilanda tekanan batin. 

Bagaimana tidak, ditengah kesibukannya praktek sana sini mereka harus juga memikirkan rencana untuk skripsi mereka. Tak heran jika banyak yang jatuh sakit ketika masa-masa ini. Untuk merencanakan lulus teat waktu, tak heran mereka banyak yang mengorabnkan waktu bersama keluarga dan teman.

Namun tak banyak juga yang mengabaikan tentang keseriusan dalam penggarapan skripsi sehingga berakibat fatal ketika sedang ujian skripsi. Sehingga banyak masalah yang dialami mahasiswa saat ujian skripsi. 

Untuk penggarapan skripsi memang sangat tak mudah, apalagi banyak membutuhkan narasumber dan bimbingan dari dosen bukan? Bukan hanya itu, mahasiswa biasanya juga mengalami kesulitan ketika menghadap untuk ujian skripsi. Banyak faktor dan permasalahan yang dihadapi, salah satunya:


Grogi

Grogi adalah satu hal yang biasa terjadi pada setiap manusia. Anda pernah tampil di depan umum? Apa yang terjadi? Deg-degan, resah hingga nervous. Begitu pula saat ingin melakukan sidang skripsi. Inilah salah satu masalah yang dialami mahasiswa saat ujian skripsi. 

Saat memasuki ruang ujian, mahasiswa biasanya sudah dihantui rasa takut dan gelisah. Bahkan itu terjadi dari mulai sebelum masuk ke ruangan. Dalam menanggapi ini, Anda tidak perlu melakukan banyak hal apalagi mengeluarkan banyak uang untuk mengatasinya. Karena grogi atau nervous ini bisa dikendalikan dengan cara menenangkan diri dan yakin bahwa Anda sudah siap dengan semua materi yang akan menjadi bahan ujian.


Salah Menjawab Pertanyaan dari Dosen

Salah satu penyebab terjadinya kesalahan dalam menjawab pertanyaan dari dosen adalah grogi. Nah ketakutan yang disebabkan karena takut diberikan pertanyaan yang investigatif dari dosen sehingga terjadilah kesalahan dalam menjawab bahkan keluar dari konteks yang ditanyakan oleh dosen penguji tersebu.

Inilah masalah yang dialami mahasiswa saat ujian skripsi. Namun Anda tidak perlu khawatir, biasanya ketika Anda salah dalam menjawab maka dosen akan membantu mengembalikanmu pada konsep dan teori yang benar. Dosen biasanya memberikan pertanyaan-pertayaan hanya untuk sekedar menguji Anda, seberapa paham dan mengerti terhadap hasil skripsi yang Anda kerjakan.


Berhadapan dengan Pertanyaan yang Sulit

Masih ada hubungannya dengan point diatas, hal ini menjadi masalah yang dialami mahasiswa saat ujian skripsi yang banyak ditakuti oleh mahasiswa. Tapi, sadar tidak sih bahwa tidak ada pertanyaan yang sulit. Hanya saja Anda kurang menguasai materi skripsimu. Dan juga jangan terlalu merasa takut karena itulah yang akan menjadi boomerang buat Anda. Asal Anda sudah mempelajari semua isi skripsimu dengan baik dan benar, maka Anda juga akan mudah dalam proses ujian.

Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan, jangan pernah menganggap sepele mata kuliah yang ada, apalagi mata kuliah dasar karena itu sangat Anda butuhkan nantinya ketika sedang ujian skripsi. 


Lupa referensi

Terkadang dosen penguji mempertanyakan hal yang sangat sepele seperti meminta Anda menyebutkan referensi dari hasil riset yang Anda buat. 

Menghafal semua referensi memang tidaklah mudah. Apalagi untuk skripsi, karena banyak membutuhkan referensi sehingga mahasiswa terkadang lupa dimana letak referensi A digunakan dan sebagainya. Ini juga salah satu masalah yang dialami mahasiswa saat ujian skripsi loh.

Cara agar Anda ingat tempat referensi A digunakan yaitu dengan membacanya bersamaan dengan sesi mempelajari skripsi Anda secara utuh. Dan jangan lupa juga untuk membawa sumber referensi pada saat ujian skripsi untuk menunjukkan buktinya kepada dosen penguji.


Itulah beberapa masalah yang dialami mahasiswa saat ujian skripsi. Langkah terbaik untuk mengusir masalah-masalah itu adalah dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin mulai dari belajar hingga berdoa serta meminta restu orang tua. Dan jangan lupa untuk mengendalikan emosi agar tidak grogi. So, jadikan ujian skripsi menjadi langkah awal menuju kesuksesan.

Post a Comment for "Terlihat Sepele, Inilah 4 Masalah Yang Dialami Mahasiswa Saat Ujian Skripsi"