Video Tutorial Cara Membuat Nomor Halaman (page number) Berbeda Pada Sskripsi dan Tesis di Satu File Word.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa saat membuat skripsi adalah menguasai Microsoft word. terkadang, masalah penomoran halaman dalam penulisan skripsi membuat kita susah dan memakan waktu lama karena kita diharuskan membuat penomoran halaman berbeda setiap bagian dalam satu file skripsi kita. Penomoran halaman di Microsoft Word ada beberapa jenis, seperti i, ii, iii dan 1, 2, 3.



Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara membuat penomoran halaman yang berbeda. Aplikasi pengolah dokumen yang popular adalah Microsoft Word, software ini telah dirilis sejak 1983 dan digunakan hingga sekarang.

Pada Microsoft Word beberapa orang memilih untuk membuat lembar kerja baru pada dokumen baru agar lebih mudah dalam memberi halaman. Padahal ada cara tersendiri apabila akan menomori halaman dengan format nomor yang berbeda

Cara membuat dan menambah suatu halaman yang berbeda dengan halaman lain dalam aplikasi Microsoft Word:

Buka dokumen dan pilih halaman yang akan diberi nomor, kemudian pilih opsi tata letak atau layout pada Microsoft Word 2016. Pilih opsi break lalu pilih halaman berikutnya atau next page, pada halaman setelah break, klik dua kali di bagian atas halaman atau header. Bisa juga klik dua kali di bagian bawah halaman atau footer. Terserah di mana ingin menampilkan nomor halaman.

Setelah diklik maka akan muncul tab desain. Kemudian, klik tautan sebelumnya atau link to previous untuk memutuskan sambungan header dan footer dari header atau footer di bagian sebelumnya. Di dalam pilihan header dan footer, klik nomor halaman kemudian pilih lokasi halamannya.

Untuk memilih format atau mengontrol nomor awal, dalam grup Header & Footer, pilih Nomor Halaman > Format Nomor Halaman Klik Format angka untuk memilih format penomoran, seperti a, b, c atau i, ii, iii Anda bisa menyesuaikan lebih lanjut di dalam kotak format penomoran.

Contoh halaman yang berbeda bisa dilihat pada contoh skripsi mahasiswa akhir. Di dokumen skripsi tersebut biasanya ada penomoran i, ii, iii, dan seterusnya. Hal ini biasa digunakan untuk halaman pada bagian kata pengantar, daftar isi, dan abstrak. Untuk halaman 1, 2, 3 digunakan untuk halaman isi skripsi.

Untuk tutorial lebih jelasnya silahkan tonton video tutorial berikut :